Apple dan Samsung Digugat, Loh Kenapa?

in , , ,
Apple dan samsung digugat by teknodaim

Hal tidak mengenakan terjadi pada 2 pabrik ponsel smartphone yaitu Apple dan Samsung, pasalnya produsen ponsel Android dan iOS tersebut digugat oleh salah satu penggunanya di Amerika Serikat. Kenapa Apple dan Samsung digugat?

Penggungat sendiri adalah Fima selaku kuasa hukum dari FeganScott, seorang pengguna yang berasal dari Amerika Serikat. Gugatannya dilayangkan karena kedua perusahaan itu dianggap memancarkan radiasi cahaya yang merusak mata.

Alasan Tuntutan

Samsung dan Apple dianggap memancarkan radiasi yang terlalu tinggi, sehingga dinilai membahayakan kesehatan mata. Padahal jika kita menilai secara logika, semua ponsel berpotensi memancarkan radiasi cahaya, jika kontrasnya terlalu tinggi.

FeganScott meminta pengadilan US District Court di Northern District of California, San Francisco, Amerika Serikat memerintahkan kedua tergugat untuk membayar sejumlah uang untuk melakukan pemantauan medis terhadap beberapa pengguna.

Apple dan samsung digugat by teknodaim
Foto Ponsel Samsung dan iPhone | Telset.id

Dalam gugatannya tersebut, ia juga meminta sejumlah uang ganti rugi yang tidak disebutkan berapa nominalnya. Jadi kita paham apa alasan tuntunannya ini.

Gugatannya didaftarkan setelah FeganScott menyewa sebuah laboratorium yang sudah diakreditasi oleh FCC untuk mengkonfirmasi tingkat radiasi dari radio frequency (FR) yang dipancarkan oleh sejumlah ponsel buatan Apple dan Samsung telah melewati batas legal yang sudah ditetapkan oleh FCC.


Bukti Tuntutan

Fegan mengatakan tes independen mengkonfirmasi kalau tingkat radiasi RF jauh melewati batas paparan federal, terkadang melewatinya sampai 500% lebih tinggi saat ponselnya digunakan dengan cara yang disarankan Apple dan Samsung.

Dalam keterangan pers, FeganScott mengatakan kalau pada jarak 2mm, baik iPhone 8 dan Galaxy S8 memancarkan radiasi RF yang dua kali lipat lebih besar dibanding batas legalnya. Pada jarak 0mm, radiasi yang dipancarkan iPhone 8 bahkan mencapai 5 kali lipat lebih besar dari batasan, dan Galaxy S8 3 kali lipat lebih besar.

Sebelumnya, Chicago Tribune juga mempublikasikan investigasi yang menunjukkan hasil serupa. Dalam investigasi tersebut, mereka menyebut 4 unit iPhone 7 yang diuji melewati batasan pancaran radiasi, dan iPhone bukan satu-satunya ponsel yang diuji dalam investigasi tersebut.

Hasil tes Galaxy S8 pun terbilang menakutkan. Batasan paparan radiasi yang diizinkan oleh FCC adalah 1,6 watt/kg, sementara Galaxy S9 pada jarak 2mm, memancarkan radiasi mencapai 8,22 watt/kg. Kalau seperti ini ngeri ya, ada komentar?


Sumber: Detik inet

Jangan lewatkan •
Bocoran Spesifikasi dan Harga Galaxy S10 Lite, Buat Pengguna Low Budget?