3 Aplikasi Ini Berpotensi Retas WhatsApp Kamu, Waspada!

in , , , ,
Retas whatsapp by teknodaim

Serangan yang dilakukan pelaku Cybercrime di jejaring sosial Facebook CS memang bukan sekali terjadi. Baru-baru ini muncul isu mengenai beberapa aplikasi yang dianggap berbahaya dan berpotensi retas WhatsApp pengguna. Apa yang terjadi?

Isu ini mencuat ketika kasus perceraian Uztaz Abdul Somad atau yang biasa disapa UAS dan Mellyya Juniarti beberapa waktu lalu mulai terbuka. Bahkan sejumlah aplikasi ponsel ada yang sengaja dirancang untuk mengkloning WhatsApp.

3 Aplikasi Berbahaya

Ada beberapa aplikasi yang dianggap melakukan kloning untuk memata-matai pesan dari chattingan orang lain. Namun sebenarnya aplikasi yang semacam itu tadi dibuat untuk memudahkan pengguna yang punya 2 akun, sayangnya lebih disalahgunakan.

Modus penyalahgunaan tersebut harus diwaspadai khususnya terhadap orang-orang yang tiba-tiba meminjam ponsel kamu sebentar padahal tidak kamu kenal. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud antara lain adalah:

WhatsApp Web

Retas whatsapp by teknodaim

Seperti yang kita ketahui, platform yang satu ini sebenarnya adalah layanan resmi dari WhatsApp. Layanan versi ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna yang lebih aktif di PC dekstop agar tetap bisa berkomunikasi di WA.

Sayangnya, layanan ini ada yang memodifikasi sehingga salah satu developer membuat aplikasi bernama sama untuk ponsel. Dan aplikasi itu kemudian dimanfaatkan sejumlah pengguna untuk menyadap pengguna yang lainnya demi keuntungan.

Jadi jika tiba-tiba ada orang tidak dikenal meminjam ponsel kamu, bisa saja dia sedang menggunakannya untuk memasukan kode scanbar dan memasuki akunmu lewat WA Web.


Mobile Client for WhatsApp

Retas whatsapp by teknodaim
Mobile Client for WhatsApp Web | Popmama.com

Serupa tapi tak sama, Mobile Client for WhatsApp punya kinerja atau cara kerja yang sama dengan WA Web. Seorang pengguna cukup memasukan nomor target, lalu tinggal scan kode bar dari ponsel target tersebut. Dan retas WhatsApp berhasil.


Clone App

Retas whatsapp by teknodaim

Berbeda dengan kedua layanan tadi, Clone App bukan merupakan bagian dari program milik WhatsApp sendiri. Aplikasi ini memang merupakan bagian dari metode peretas untuk memuluskan aksi mereka. Cara loginnya tetap sama dengan 2 diatas.

Yang bisa disimpulkan disini adalah, penyalahgunaan ketiga aplikasi tadi bisa terjadi ketika ada kontak fisik pelaku dengan perangkat yang kamu miliki sebagai target. Jangan biarkan ponsel milikmu digenggam or ang lain sembarangan.

Jadi berhati-hatilah kepada pengguna tidak dikenal, apalagi jika ada SMS atau telpon dari orang yang mengatakan ada hadiah gratis dan semacamnya. Sebagai pengguna WhatsApp, ada yang mau kamu tanggapi? Tulis di kolom komentar ya.


Sumber: Detik Inet

What do you think?