Teknodaim.com

Besok, Amerika Serikat Akan Blokir Aplikasi TikTok dan WeChat

Besok, Amerika Serikat Akan Blokir Aplikasi Tiktok Dan Wechat
Besok, Amerika Serikat Akan Blokir Aplikasi Tiktok Dan Wechat

Akhir-akhir ini China dan Amerika Serikat memang sering melakukan kontroversi yang mengakibatkan terblokirnya aplikasi-aplikasi buatan China yang terkenal. Pada tanggal 18 September, Kementerian Perdagangan Amerika Serikat menyatakan akan membatasi akses TikTok dan WeChat. Pembatasan ini sendiri terkait dengan otoritas yang melarang mendownload aplikasi TikTok, dan memblokir penuh untuk penggunaan aplikasi WeChat.

Akibat keputusan Kementerian Perdagangan Amerika Serikat, TikTok tidak akan bisa mendapatkan pembaruan lagi, namun jika kamu sudah mendownload aplikasi tersebut, kamu masih bisa menggunakannya hingga tanggal 12 November. Sedangkan untuk aplikasi WeChat, Amerika Serikat besok akan memblokir total aplikasi tersebut.

Pemblokiran Aplikasi Tiktok Dan Wechat
Pemblokiran Aplikasi Tiktok Dan Wechat | Tech Startups

Alasan Pemerintah Terkait Pemblokiran TikTok

Alasan pemerintah Amerika Serikat memblokir aplikasi TikTok dan WeChat sendiri adalah karena terkait masalah politik dan kebocoran data pengguna Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat juga percaya pemblokiran ini akan membuat perusahaan TikTok yang ada di Amerika Serikat, ByteDance untuk lebih mengamankan data pengguna mereka.

JANGAN LEWATKAN •
TikTok Ternyata Ditanami Deepfake, Benarkah?

Selaku presiden Amerika Serikat, Donald Trump merasa penting untuk memblokir kedua aplikasi tersebut karena ia sedang dalam masa perang pasar terhadap China. Seperti yang Teknodaim lansir dari CNN Indonesia, selaku dua perusahaan raksasa Amerika Serikat, Apple sama sekali belum merespon terkait pemblokiran kedua aplikasi tersebut dari App Store. Sedangkan Google juga belum merespon apa-apa terkait hal ini.

Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Wilbur Ross mengatakan “Partai Komunis China telah mendemonstrasikan cara menganggu kita menggunakan aplikasi ini untuk mengancam keamanan nasional, kebijakan luar negeri, dan perekonomian AS”.

20 September, Warga Amerika Dilarang Mengunduh Aplikasi Tiktok Dan Wechat
20 September, Warga Amerika Dilarang Mengunduh Aplikasi Tiktok Dan Wechat | Beritabaru

Apa Itu TikTok dan WeChat?

TikTok atau Douyin adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik China yang rilis pada bulan September 2016. Sedangkan WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler yang Tencent kembangkan.

Padahal TikTok adalah aplikasi terpopuler dalam Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Namun Amerika Serikat memblokir aplikasi tersebut karena menganggapnya sebagai ancaman dari China.

JANGAN LEWATKAN •
Gimana Nantinya Nasib TikTok di Negara AS?

TikTok akan melawan mereka terkait pemblokiran aplikasi tersebut. Nantinya mereka akan melawan pihak pemerintah yang memblokir aplikasi itu dalam pengadilan.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Sumber : CNN Indonesia


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment