Berita

Ingin Pantau Luar Angkasa, Amerika Bikin Roket Tenaga Nuklir!

Baru-baru ini terdapat kabar yang mengatakan Militer Amerika Serikat (AS) akan membuat roket untuk diluncurkan dengan tenaga termal nuklir. Mereka ingin melakukan proyek tersebut karena tenaga nuklir dapat meningkatkan kemampuan roket untuk memantau kejadian di luar angkasa lebih lama dan cepat. Dengan jalannya proyek ini, AS akan memulai pekerjaan mereka untuk menguasai angkasa lebih cepat daripada negara lainnya.

Saat ini mereka telah memulai proyek yang dimana The Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) milik AS telah memberikan tugas yang bernilai USD $14 juta atau sekitar Rp 207,5 miliar kepada Gryphon Technologies. Perusahaan tersebut berbasis di Washington DC yang menyediakan berbagai solusi teknik untuk pemerintahan.

Perusahaan Teknologi Di Washington Dc, Gryphon Technologies
Perusahaan Teknologi di Washington DC, Gryphon Technologies | WDCC

Cara AS Membuat Roket Tenaga Nuklir

Untuk bisa menerbangkan roket tenaga nuklir ke angkasa, mereka menggunakan sistem yang bernama propulsi termal nuklir. Sistem tersebut menggunakan reaktor fisi agar propelan panas ke suhu ekstrem yang membuat roket terbang lebih kuat. Jadi begitulah bagaimana sistemnya berjalan yang menghasilkan tenaga gas melalui nozel.

Teknologi terbaru ini dapat menghasilkan sekitar 10.000 kali rasio dorong lebih tinggi daripada sistem roket yang menggunakan propulsi listrik dan kimia. Memang kekuatan yang diberikan nuklir jauh lebih tinggi daripada teknologi lainnya, namun bukankah biayanya akan menjadi lebih mahal?

Mungkin menurut mereka uang bukanlah masalah yang besar dibandingkan peningkatan teknologi yang lebih jauh. Karena ingin mempelajari ruang luar angkasa, oleh sebab itulah mereka membuat proyek roket bertenaga nuklir ini. Jika proyek ini berhasil, kemungkinan tinggi perjalanan eksplorasi berawak ke planet Mars dapat dilakukan.

Selaku Administrator NASA, Jim Bridenstine memuji tentang teknologi terbaru yang Militer AS coba kembangkan ini. Dia juga berkata “pasti akan sangat cepat jika kita menggunakan teknologi ini untuk menjelajahi luar angkasa, terutama Mars. Semoga proyek ini berhasil dan kita dapat mengungkap misteri dibalik seluruh planet”.

Administrator Nasa, Jim Bridenstine
Administrator NASA, Jim Bridenstine | Science Friday

Nama Proyek Pembuatan Roket Tenaga Nuklir

Proyek pembuatan roket tenaga nuklir ini mereka namai Demonstration Rocket for Agile Cislunar Operations (DRACO). Dengan jalannya proyek ini, mereka ingin mendemonstrasikan sistem propulsi termal nuklir lebih jauh lagi. Mungkin dimasa depan nanti, teknologi ini sudah berkembang pesat menggantikan bensin dan listrik.


Sumber : Media Indonesia

Related Posts