Mengenal 3 Jenis Infrared dan Fungsinya, Bukan Cuman yang Ada di HP!

in , , ,
Mengenal apa itu infrared, jenis jenis infrared dan fungsi infrared by teknodaim

Di era sekarang ini, transfer data sudah dapat dilakukan dengan metode yang sangat mudah serta lebih cepat ketimbang dulu. Mungkin jika ditanya apa itu Infrared, banyak yang lupa atau tidak tahu. Apalagi jika ditanya fungsi Infrared serta jenis-jenis Infrared.

Bagi yang belum tahu atau malah belum pernah mendengarnya sama sekali, dulu Infrared digunakan sebagai alat yang ditanam dalam sebuah perangkat untuk dapat melakukan transfer data dari satu perangkat elektronik ke yang lainnya.

Jenis-Jenis Infrared yang Umum

Sebelum adanya Bluetooth dan SHAREit, ponsel-ponsel terdahulu masih menggunakan teknologi Infrared agar suatu perangkat dapat mengirim dan menerima data. Namun bukan berarti teknologi ini punah dan sekarang sudah tidak digunakan lagi.

Secara umum, Infrared di bagi dalam 3 jenis yang digunakan untuk kepentingan yang berbeda-beda. Diantaranya untuk keperluan medis, alias dimanfaatkan pada bidang kesehatan, bidang industri, dan untuk memancarkan sinyal dari suatu tempat.


1. Infrared Jarak Jauh

Mengenal apa itu infrared jenis jenis infrared dan fungsi infrared by teknodaim 1

Fungsi Infrared jarak jauh adalah dapat digunakan untuk beberapa alat kesehatan. Dengan Infrared jenis ini, maka sensor inframerah dapat di interfensi oleh cahaya matahari. Cahaya Infrared ini juga tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Karakteristik khusus dari Infrared jarak jauh adalah sumber cahayanya bisa diperoleh dari panas dan memiliki gelombang panjang yang terbalik dengan suhu. Ketika suhu turun, maka panjang gelombangnya akan naik dan begitupun sebaliknya.


2. Infrared Jarak Menengah

Mengenal apa itu infrared jenis jenis infrared dan fungsi infrared by teknodaim 2

Sesuai dengan namanya, jenis ini adalah Infrared yang memiliki jarak tempuh terbatas. Jarak yang dapat ditempuh biasanya hanya sekitar 1,5 µm hingga 10 µm saja. Berbeda dengan jenis jarak jauh yang bisa menembus jarak hingga mencapai 10 µm.


3. Infrared Jarak Dekat

Mengenal apa itu infrared jenis jenis infrared dan fungsi infrared by teknodaim 3

Jenis terakhir adalah Infrared yang banyak dimanfaatkan pada perangkat elektronik seperti ponsel. Jika kamu adalah pengguna ponsel lawas, pasti pernah merasakan transfer data menggunakan Infrared yang hanya bisa dalam jarak dekat saja.

Jarak yang dapat ditembus oleh Infrared jarak dekat sangat minim, pemancaran dan penangkapan gelombang hanya bisa dalam area berjarak 0.75 µm hingga 1,5 µm saja. Alat lainnya yang menggunakan Infrared jenis ini adalah Nightscoop.

Teknologi Infrared juga dimanfaatkan pada kamera, seperti kamera yang dapat menangkap gambar atau objek walau dalam keadaan gelap. Mungkin kamu pernah melihatnya di acara televisi atau sebuah acara uji nyali bertajuk Horror.

Itulah tadi pembahasan mengenai jenis-jenis Infrared yang juga membahas mengenai apa itu Infrared sendiri. Menurut kalian, apakah teknologi ini masih akan digunakan di smartphone? Tulis di kolom komentar, dan semoga bermanfaat.


Referensi: Carisinyal

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *