10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Salah satu inovasi terbesar yang memengaruhi dunia pendidikan adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI). Berikut ini 10 aplikasi AI viral dan terbaik untuk membuat media pembelajaran secara gratis.

10 aplikasi kecerdasan buatan (AI) yang viral dan terbaik untuk membantu mempermudah pembuatan media pembelajaran secara gratis.

Kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi yang sangat maju dan memiliki banyak kegunaan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dari membantu individu yang mengalami gangguan perkembangan saraf hingga meningkatkan efisiensi di lingkungan kerja, kecerdasan buatan (AI) telah terbukti memberikan manfaat dalam berbagai aplikasi yang dapat terunduh di ponsel Android.

Di era teknologi informasi yang terus berkembang itu, bidang pendidikan telah menjadi salah satu sektor yang paling terpengaruh.

Salah satu inovasi terbesar yang memengaruhi dunia pendidikan adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Baca Juga: Character AI, Platform Chatbot yang Bisa Diajak Ngobrol!

Daftar Aplikasi AI Viral untuk Membuat Media Pembelajaran, Gratis!

Berikut ini adalah 10 aplikasi kecerdasan buatan (AI) gratis yang dapat membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas:

BACA JUGA:  Remini Web, Mengedit Foto Tanpa Watermark dengan Mudah

1. Google Classroom

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Google Classroom adalah sebuah sistem pembelajaran online yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur tugas dan interaksi antara siswa.

Dengan adanya platform ini, guru dapat dengan mudah memberikan tugas, menilai pekerjaan siswa, dan berkomunikasi secara efektif.

2. Canva

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Canva merupakan salah satu perangkat desain grafis yang banyak orang gunakan dan juga mengaplikasikan kecerdasan buatan. Dalam Canva, terdapat ribuan templat yang dapat guru manfaatkan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik secara visual.

Selain itu, Canva juga menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan saran desain yang membantu meningkatkan keprofesionalan konten yang dibuat.

3. MindMeister

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Selanjutnya, MindMeister merupakan sebuah aplikasi untuk membuat peta pikiran secara kolaboratif oleh guru dan siswa.

Dengan adanya kecerdasan buatan dalam MindMeister, ide-ide dapat diorganisir dan dihubungkan dengan baik, sehingga menjadikannya alat yang efektif dalam merencanakan pembelajaran.

4. Edpuzzle

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Edpuzzle adalah sebuah alat yang memungkinkan para guru untuk mengubah video pembelajaran menjadi interaktif.

BACA JUGA:  Entrupy, AI untuk Mengetahui Keaslian Barang Branded

Dengan menggunakan Edpuzzle, guru dapat menambahkan pertanyaan, komentar, dan penjelasan secara langsung ke dalam video agar siswa dapat lebih memahami materi pembelajaran.

5. Lumen5

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Lumen5 merupakan sebuah perangkat yang sangat berguna bagi guru dalam mengubah teks menjadi video secara cepat.

Dengan adanya kecerdasan buatan (AI) di dalam Lumen5, hasil animasi bisa berdasarkan teks yang dimasukkan, menjadikannya alat yang ideal untuk menciptakan video pembelajaran yang interaktif.

6. Sway

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Sway adalah sebuah aplikasi presentasi milik Microsoft yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengubah presentasi menjadi pengalaman yang lebih interaktif.

Dengan menggunakan Sway, guru dapat dengan mudah membuat presentasi multimedia yang menarik dan membagikannya kepada siswa.

7. Crello

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Crello merupakan sebuah perangkat desain grafis yang berguna bagi para guru dalam pembuatan materi pembelajaran yang menarik.

Dengan adanya berbagai elemen animasi dan templat, Crello memungkinkan para guru untuk menciptakan konten yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa.

8. Powtoon

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Powtoon merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan para pendidik untuk membuat animasi menarik sebagai presentasi dan materi pembelajaran.

BACA JUGA:  Microsoft Rilis Aplikasi Copilot untuk iPhone dan iPad, Penasaran?

Dengan beragam karakter dan elemen animasi yang dapat digunakan, Powtoon dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

9. ScribeSense

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

ScribeSense merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk secara otomatis menilai tulisan siswa.

Dengan adanya aplikasi ini, guru dapat memberikan umpan balik dengan lebih cepat dan efisien dalam hal kemampuan menulis siswa.

10. Quizlet

10 Aplikasi AI Viral untuk Kebutuhan Media Pembelajaran

Quizlet adalah sebuah alat yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu para guru dalam membuat kartu flash digital dan kuis online.

Dengan menggunakan Quizlet, para guru dapat membuat sumber daya pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dengan lebih baik.

Baca Juga: 7 Aplikasi Super Produktif yang Harus Kamu Punya!

Penggunaan aplikasi kecerdasan buatan ini tidak hanya membantu guru dalam membuat materi pembelajaran, tetapi juga meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran.

Melalui berbagai perangkat ini, para guru dapat menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Inovasi yang terus berkembang dalam pemanfaatan kecerdasan buatan di bidang pendidikan akan terus memajukan cara kita belajar dan mengajar di masa yang akan datang.

Baca Juga: 5+ Cara Download Scribd Gratis Tanpa Login atau Install Aplikasi

aplikasi aiaplikasi belajarAplikasi Gratisartificial intelligence

Related Posts