Mengenal Cashback, Serta Apa Kekurangan dan Kelebihannya

in , , ,
Apa itu cashback, fungsi cashback dan perbedaan cashback dan diskon by teknodaim

Dalam transaksi, selain Invoice ada juga yang namanya Diskon dan Cashback. Beberapa orang menganggap kalau cashback sama dengan diskon, padahal tidak sama sekali. Apa itu cashback dan apa fungsi cashback tersebut? Simak berikut.

Mengenal Cashback dan Perbedaannya dengan Diskon

Cashback adalah bentuk salah satu bentuk penawaran yang diberikan kepada pembeli, dimana ketika konsumen atau pembeli tersebut membeli produk yang menyertakan cashback, maka ia akan mendapat persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual jika berbelanca secara Online. Apa guna cashback lainnya?

Apa itu cashback fungsi cashback dan perbedaan cashback dan diskon by teknodaim 1
Gambar: Salah Satu Cashback dari KoinWorks

Selain diberikan uang kembalian, kita sebagai konsumen juga bisa mendapatkan produk tambahan ketika membeli sesuatu yang memang menyertakan cashback.

Tapi mendapatkan cashback bukan selalu ada dan dapat dilakukan dengan instan. Biasanya distributor atau produsen barang memberitahukan kita syarat yang telah ditentukan oleh penyelanggara cashback. Seperti syarat minimal pembelian.


Perbedaan Cashback dan Diskon

Jika diskon adalah potongan harga untuk setiap satuan barang, yang tentunya sudah kita sadari dan dapat diperhitungkan sejak awal. Maka cashback kebanyakan adalah pengembalian uang tunai dalam bentuk deposit ke akun kita.

Dalam hal ini adalah akun dari platform toko online seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak. Hal tersebut merupakan cara mereka agar konsumen kembali melakukan transaksi pembeli untuk menggunakan deposit yang didapat tadi.

Saat ini, banyak juga perusahaan atau lapak yang memberikan cashback dalam bentuk barang. Cashback juga banyak diperoleh dari transaksi menggunakan kartu kredit, dari transaksi di toko online dan juga cashback dari jenis Property.

Kesimpulannya perbedaan cashback dan diskon adalah, cashback memberikan keuntungan melalui kredit yang dapat dipakai untuk melakukan pembayaran berikutnya.

Sedangkan diskon memberikan keuntungan dalam bentuk potongan pembayaran langsung, dan konsumen dapat melakukan pembayaran dengan harga yang sudah dipotong. Namun keduanya sama-sama sering diberikan dalam periode tertentu.

Kekurangan dan Kelebihan Cashback

Cashback adalah salah satu hal yang bisa jadi sangat menguntungkan konsumen, terutama bagi yang sangat sering berbelanja di toko online ataupun store kredit lainnya. Tapi tetap saja, ada kekurangan dan kelebihan dari tawaran yang satu ini.


Kekurangan

Apa itu cashback fungsi cashback dan perbedaan cashback dan diskon by teknodaim

Fungsi cashback dalam transaksi dampaknya memang cukup baik bagi konsumen. Sayangnya untuk mendapatkan cashback, kita sebagai pembeli atau kosumen tadi, wajib mengikuti syarat pembelian agar bisa mendapatkan cashbach. Contohnya:

Sebuah toko menawarkan cashback sebesar 10% dengan syarat wajib melakukan pembelian barang minimal sejumlah Rp 250.000, maka ia berhak untuk mendapatkan cashback yang sudah ditentukan tersebut. Berlaku juga kebalikannya.

Waktu pengadaan cashback juga tidak menentu, karena hanya ada pada periode-periode tertentu saja. Kemudian penawaran cashback juga terbatas, memiliki akhir seperti sebuah acara. Cashback tersebut juga memiliki Masa Kadaluarsa.


Kelebihan

Apa itu cashback fungsi cashback dan perbedaan cashback dan diskon by teknodaim 3

Setelah memahami apa itu cashback dan kekurangannya sekarang masuk ke poin kelebihan. Sederhana saja, cashback memiliki kelebihan menguntungkan konsumen dengan uang kembali. Atau keuntungan berupa bonus barang lainnya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba cashback, siapa tahu kamu bisa memberikan bonus kado atau oleh-oleh lebih untuk orang tersayang. Semoga paham sampai sini.


Gimana menurut kamu, lebih mending dapat cashback atau diskon? Kasih tau Teknodaim di kolom komentar ya. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.


Referensi: Cashbac.com

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *