5 Sumber Pendapatan Utama Google yang Mencetak Nominal Hingga Triliuan

in , , ,
Sumber pendapatan google by teknodaim

Saat ini, platform konten seperti Youtube dan situs berdomain yang dikelola dengan serius tentu tercipta karena tujuan ingin memperoleh pendapatan, selain sebagai fungsi dan visi-nya masing-masing. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan terlibat dalam Advertising. Lalu bagaimana dengan sumber pendapatan Google?

5 Sumber Pendapatan Utama Google

Bagi kamu yang sudah paham mekanisme dunia Youtube, pasti tahu bahwa Google Adsense adalah salah satu sumber pendapatan utama kreator di platform tersebut. Dan benar saja, Google Adsense juga merupakan sumber pendapatan utama Google.

Penghasilan yang diperoleh oleh pihak terkait juga bukan nominal yang kecil, bahkan bisa mencapai Triliunan. Selain Google Adsense, ada 4 sumber pendapatan utama Google lainnya. Untuk itu, silahkan simak daftar-daftarnya berikut ini:

1. Google Adsense

Sumber pendapatan google by teknodaim 1

Sebagai salah satu layanan penyedia iklan yang juga merupakan program resmi Google, Adsense biasanya melibatkan publisher atau kreator. Dengan program yang satu ini, maka kreator atau publisher Ads Space akan mendapat sejumlah keuntungan

Keuntungan yang dimaksud akan didapatkan berdasarkan besar atau banyaknya traffic yang diperoleh oleh si konten kreator. Salah satu konten kreator dengan penghasilan Adsense di Indonesia terbesar misalnya Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Untuk Google sendiri, Adsense telah menyumbang pendapatan melebihi 15 Miliar Dolar AS atau setara dengan 200 Triliun Rupiah Lebih.


Baca Juga:


2. AdMob

Sumber pendapatan google by teknodaim 1

AdMob bisa dibilang memiliki fungsi atau cara kerja yang sama dengan Adsense, yaitu sebagai layanan yang menyediakan iklan dengan memberikan keuntungan komersil bagi penayangnya. Namun iklan dari program ini khusus untuk Mobile.

Google AdMob diperuntungkan untuk aplikasi builder atau para pembuat aplikasi-aplikasi untuk perangkat berbasis Android. Salah satu contoh penampakan AdMob adalah ketika kita menemukan iklan di salah satu sisi saat main game Mobile.


3. AdWords

Jika Adsense atau AdMob adalah program Advertising yang menawarkan kreator sebagai penayang, maka AdWords adalah layanan Google tempat para konten kreator atau pedagang dapat membuat, merancang konsep iklan promosi mereka.

Jika Adsense dan AdMob membayar para penayangnya, maka AdWords adalah tempat para pengiklan membayar iklan untuk kebutuhkan promosi mereka.

Terhitung berdasarkan data tahun 2015 saja, Google memiliki pendapatan sekitar 689 Triliun Rupiah diperoleh dari layanan AdWords. Jika kamu bingung seperti apa penampakannya, maka kamu bisa lihat contohnya seperti di gambar berikut ini:

Gambar diatas adalah salah satu contoh sumber uang Google atau contoh penampakan Google AdWords.


4. FreeMium

Freemium bisa dibilang sebagai layanan yang menghasilkan pemasukan-pemasukan receh. FreeMium adalah model bisnis di mana penggunanya diberikan fitur dengan batas tertentu dan harus membayar untuk bisa memaksimalkannya.

FreeMium Google paling populer seperti Drive dan Analytics. Drive adalah layanan penyimpanan file yang disimpan secara digital, seperti dokumen email, foto, video, dan sebagainya. Batas umum Drive Google yang diberikan adalah 15 GB.

Untuk menambah kapasitas, disediakan paket-paket tertentu, misalnya ada paket Upgrade ke kapasitas penyimpanan sebesar 30 TB dengan biaya yang sudah ditetapkan oleh FreeMium Google. Biasanya yang pakai ini adalah situs Download.


5. Perangkat Elektronik

Urutan terakhir dalam daftar ini adalah pendapatan Google yang juga diperoleh dari kerjasama dengan berbagai vendor produk elektronik seperti Nexus, HTC dan lain sebagainya. Kerjasama mereka meliputi hal-hal seperti layanan dan aplikasi.


Itulah tadi pembahasan mengenai sumber-sumber uang Google atau pendapatan mereka. Kalau kamu ingin memperoleh pendapatan dengan layanan mereka, jadilah konten kreator dan bergabung ke Mitra Youtube. Sekian dan Semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno

Jangan lewatkan •
Kumpulan Doodle Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Sampai yang ke-74 Oleh Google

Tinggalkan Balasan