Mengenal NFC, Fitur Khusus yang Diburu Para Pecinta HP Flagship

in , , ,
Mengenal apa itu nfc by teknodaim

Selain tampilan, fitur-fitur yang ditanamkan oleh produsen Gadget Smartphone tentu melengkapinya agar bisa jadi paket lengkap untuk para pengguna nanti. Salah satu fitur khusus yang banyak dicari adalah NFC, apa itu NFC? Simak berikut.

NFC adalah salah satu fitur yang sering disematkan di ponsel smartphone kelas Mid-range dan Flagship. Teknologi tersebut memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pembayaran elektronik. Yuk bahas kelebihan dan cara kerjanya.

Pengertian dan Fungsi NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, fitur ini mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak atau contactless seperti Samsung Pay dan Apple Pay. NFC bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat.

Fitur itu membutuhkan 2 perangkat yang masing-masing harus kompitabel dengan si NFC sendiri, agar satu bisa jadi transmitter dan yang satunya akan menangkap sinyal. Ada 2 jenis perangkat kompitabel, yaitu perangkat pasif dan aktif.

Mengenal apa itu nfc by teknodaim
Fitur NFC di Android | Android Authority

Perangkat tersebut tidak perlu mengolah informasi yang diterima dari perangkat lain, dan bersifat dependen karena butuh perangkat aktif agar bisa terhubung.

Sedangkan perangkat NFC aktif bisa mengirim dan menerima data. Misalnya seperti pemabayaran digital yang memerlukan pembaca kartu di transportasi umum, bisa menggunakan smartphone yang punya fitur NFC. Paham apa itu NFC.


Cara Kerja NFC

Kemudian, ponsel yang sudah punya fitur NFC bisa digunakan untuk membaca saldo tersisa dan juga mengisi ulang kartu uang elektronik, hanya dengan menempelkan kartu ke punggung ponsel. Hebatnya, HP NFC bisa jadi pengganti tiket.

Untuk cara kerjanya, bisa dibilang NFC mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirim informasi.

Mengenal apa itu nfc by teknodaim
NFC | Techapeek

Hanya saja teknologi NFC menggunakan Radio-frequency identification atau RFID, jadi bisa menginduksi arus elektrik di komponen pasif pengirim data.

Namun komponen pasif NFC tidak harus memiliki daya atau arus listrik, karena hanya mengandalkan medan elektromagnetik yang diproduksi komponen aktif NFC ketika 2 komponen yang akan dihubungkan berada dalam jarak yang dekat.


Mode NFC

NFC punya standar atau 3 mode operasi yang berbeda, yang paling banyak digunakan adalah mode Peer-to-peer. Mode tersebut memungkinkan 2 perangkat untuk saling menukar beragam informasi, data, dan status antara satu sama lain.

Selanjutnya ada mode Read/Write, yaitu mode yang hanya bisa digunakan untuk mentransmisi data satu arah saja. Tentu yang ini berbeda dengan mode peer-to-peer.

Dan satu lagi ada mode Card Emulation, dimana pengguna bisa melakukan pembayaran digital dan juga menggunakannya untuk mempermudah urusan transportasi publik. Dibanding Bluetooth, teknologi NFC memakan daya lebih sedikit.

Untuk kecepatannya sendiri, Bluetooth lebih unggul karena punya kecepatan mencapai 2.1 Mbit per detik. Sedangkan NFC punya kecepatan transfer maksimal hingga 424 kilobit per detik. NFC juga butuh jarak yang sangat dekat untuk terhubung.

Untuk masalah pembayaran, impelentasi NFC membutuhkan hardware khusus atau terminal POS dan ponsel NFC, berbeda dengan metode alternatif seperti QR Code yang hanya mengandalkan kamera perangkat. Sudah paham apa fungsi NFC?


Satu hal yang disayangkan mengenai teknologi NFC, tidak semua perangkat smartphone terbaru sekalipun membawa fitur ini. Mungkin di masa yang akan datang, fitur ini akan jadi bekal utama dari produsen. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Versi Terbaru WhatsApp Bikin Boros Baterai?

Tinggalkan Balasan