Mengenal Teknologi 5G, Generasi Baru yang Lebih Wuush dari 4G LTE

in , ,
Mengenal apa itu 5g by teknodaim

Setelah kita dihadiri oleh teknologi 4G LTE yang sukses menggusur penggunaan teknologi 3G, kini giliran 5G yang akan hadir dalam waktu dekat. Namun tidak sedap rasanya bila kita tidak mengenal apa itu 5G sendiri. Serta apa sih yang beda.

Mungkin pertanyaan tadi ada di benak kalian, karena sejumlah negara sudah mulai menyicip teknologi yang satu ini. Berbagai isu dan spekulasi mengatakan kalau 5G akan ditanam pada perangkat-perangkat canggih seperti mobil otonim dan drone.

Mengenal 5G yang Sebenarnya

Karena belum ada klaim resmi, jadi Teknodaim membagikan pembahasan atau berbagai hal yang masih bersifat mitos karena belum bisa dibuktikan benar tidaknya. Dikatakan, kalau teknologi 5G punya radiasi yang sangat tinggi.

Bahkan radiasinya disebut dapat berdampak buruk ketika terpancar dari sinyal radio, kemungkinan dapat menyebabkan kanker. Sekali lagi! Ini masih bersifat mitos, karena belum dikbuktikan. Hal tersebut didapat dari lansiran situs Detik.

Mengenal apa itu 5g by teknodaim
Gambar: Upi.com

Sedangkan berdasarkan laporan dari World Health Organization pada 2011 lalu, disebut kalau seharusnya radiasi sebuah ponsel hanya didaftarkan sebagai salah satu sumber karsinogen ke manusia. Bisa kita simpulkan sedikit apa itu 5G sekarang.


5G Saat Pengembangan?

Di tahun 2016, sebuah penelitian yang didanai pemerintah Amerika Serikat menyebut adanya hubungan antara radiasi dari frekuensi radio terhadap kanker di tikus.

Di saat itu juga ditemukan sejumlah ponsel populer seperti iPhone dan Samsung Galaxy yang diduga melewati batas radiasi yang ditetapkan oleh FCC. Apakah ini adalah pengembangan dari teknologi 5G? Waktu itu kejelasannya masih samar-samar.

Mengenal apa itu 5g by teknodaim

Hingga tiba pada 8 Agustus lalu, Chairman FCC Ajit Pai mengatakan kalau ternyata teknologi 5G aman untuk digunakan. Tentunya akses 5G dapat dilakukan oleh ponsel-ponsel atau smartphone yang memang sudah mendukung penggunaannya.

Disebut pula kalau ponsel yang hanya bisa mengakses 4G akan bisa saja mendapat tambahan kecepatan saat jaringan 5G digulirkan. Hal itu bisa terjadi karena adanya Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan juga Carrier Aggregation.


Kira-kira akan seperti apa? Mari kita nantikan demonstrasi dan kehadiran teknologi tersebut. Jika punya pendapat yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar. Bahas ini bareng Teknodaim, sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
5G Juga Belum Banyak Yang Coba, China Sudah Mau Punya 6G