menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comTutorial3 Cara Mengatur Konten di Youtube Agar Relate Untuk Anak-Anak di Bawah Umur

3 Cara Mengatur Konten di Youtube Agar Relate Untuk Anak-Anak di Bawah Umur

Cara memfilter konten by teknodaim

Semakin hari, semakin banyak konten kreator yang hadir dan menjadikan YouTube sebagai platform tempat kerja mereka. Hal tersebut juga didorong oleh naiknya keinginan orang untuk menonton, tapi tahukah kamu cara memfilter konten?

Meskipun YouTube punya peraturan mengenai konten seperti apa yang layak ada di platform mereka, tidak jarang konten-konten hiburan, musik atau apapun itu tidak cocok dengan anak-anak. Maka dari itu pentingnya melakukan filter.

3 Cara Membatasi Konten di Youtube Supaya Relate dengan Anak-Anak

Siapa yang harus mengatur konten-konten yang tampil di Gadget? Jawabannya adalah para orangtua, karena anak-anak yang masih dibawah umur tidak akan mengaturnya sendiri. Kalau sudah remaja dan dewasa, bisa melakukannya sendiri.

Sebagai orangtua yang baik, jangan cuman mengawasi sesekali tapi juga harus menerapkan kebijakan khusus sebagai bentuk tanggung jawab. Maka dari itu silahkan gunakan fitur berikut yang disediakan oleh YouTube sendiri. Sistem filter:

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Apa itu MCN, Kekurangan dan Keuntungannya

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Cara Menggunakan Sistem Filter Supaya Konten Relate dengan Anak-anak:

  1. Mengaktifkan Mode Terbatas di Ponsel

    Klik ikon atau gambar profil akun, cari Mode Terbatas atau Restricted Mode, klik sekali untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

  2. Mengatur Usia Akun

    YouTube saat ini sudah menerapkan yang namanya COPPA atau undang-undang untuk melindungi anak dari konten yang tidak layak ditonton. Pergi ke Pengaturan akun Google, Klik Disini.

    Setelah itu ubah tanggal lahir, bulan dan tahun sesuai dengan anakmu supaya konten yang muncul di beranda sesuai dengan usianya.

  3. Menggunakan YouTube Kids

    Cara memfilter konten supaya relate dengan anak-anak yang terakhir adalah menggunakan YouTube versi Kids atau layanan yang memang dirancang khusus untuk penonton anak-anak, daftarkan terlebih dahulu.

    Jika sudah, silahkan Klik Disini dan pilih I’AM KIDS. Dan di platform versi ini, konten-konten yang tampil benar-benar adalah konten yang relate dengan anak-anak dan juga dibuat oleh kreator yang tergolong anak-anak.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Aplikasi Download Video YouTube di Android Terbaik!

Baca Juga:


Itu saja tips yang bisa Teknodaim bagikan kali ini. Dengan mengikuti metode diatas maka penyaringan atau konten video yang tampil bakal jadi lebih ketat sehingga menghindarkan anak dari pengaruh negatif. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Kalian para Daimers, Subscribe Channel Teknodaim di Youtube ya. Karena disana kamu bisa menemukan konten-konten Tutorial, Tips, Review, konten menarik dan informatif lainnya. Disana juga bisa jadi tempat kita berdiskusi bareng.

Tambah Komentar