2 Cara Cek Ping Google di PC, Laptop dan Android

in , , , , , , , , ,
Begini cara cek ping google by teknodaim

Ketika jaringan internet atau koneksi pada perangkat kita tidak stabil, pasti ada yang salah dengan ping atau jaringan itu sendiri. Untuk mengetahui apakah jaringan yang bermasalah, perlunya cara cek Ping Google atau melakukan tes Ping.

Ping atau Packet Interent Gopher inilah yang mengirim data ke alamat tujuan, sehingga alamat tersebut kemudian akan mengirim respon. Dengan demikian, kita bisa tau apakah yang bermasalah adalah jaringan atau sesuatu selain itu.

2 Metode Cek Ping PC dan Android

Ping sendiri adalah program utilitas yang memang dirancang untuk memeriksa teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan utilitas ini kita bisa tau apakah komputer terhubung dengan komputer lain atau tidak.

Jika angka ping yang ditunjukan semakin besar dan bahkan melonjak jauh dari angka normal biasanya, maka bisa dipastikan kalau yang bermasalah adalah jaringan atau koneksi internet kamu. Dan berikut adalah metode atau cara mengeceknya:

1. Menggunakan Command Prompt

Mungkin bisa dibilang cara cek Ping Google yang pertama ini adalah yang paling umum dan super mudah. Asal tidak salah dalam memberikan perintah, Copas saja perintah berikut. Tapi ingat, metode ini adalah untuk para pengguna laptop atau PC.

  • Buka Start Menu, kemudian ketik dan pilih CMD.
  • Sekarang tulis atau Salin perintah ini > ping google.com -t
  • Tekan Enter, dan tunggu sebentar.
Begini cara cek ping google by teknodaim
  • Jika koneksimu sedang dalam keadaan baik, maka akan muncul tulisan Replay From ….
  • Angka yang muncul menjadi tanda apakah koneksi sedang lancar atau tidak.
  • Semakin kecil angka yang muncul, akan semakin baik juga respon koneksi internet.
Begini cara cek ping google by teknodaim
  • Selesai.

Google yang kita digunakan disini hanya sebagai sampel, kalian juga bisa megukurnya dengan menggunakan situs atau alamat lain seperti Facebook dan Bing. Namun saat ini yang paling stabil dan cocok untuk pengujian adalah Google.

Ada metode lain yang bisa dilakukan hanya menggunakan Shorcut. Caranya, klik kanan pada Dekstop Windows, pilih New dan pilih Shortcut. Setelah itu isi perintah > cmd /k ping google.com -t -l 1 pada kotak yang muncul.

Sekarang tinggal klik Next, ubah nama menjadi Ping Google atau sesuai keinginan kalian. Klik Finish dan sekarang bukalah Shortcut itu tadi, informasi Ping akan muncul.

Atau yang lebih simpel lagi, buatlah Notepad dengan isi > ping google.com -t -l 1 dan simpan dengan nama batDescription. Simpan file tersebut di Dekstop, sekarang kamu tutup dan buka kembali Notepad tadi. Dan informasi Ping bakal terlihat.


Baca Juga:


2. Menggunakan Aplikasi Khusus di Android

Begini cara cek ping google by teknodaim
Ping di Android | Utekno.com

Sedangkan untuk pengguna ponsel atau smartphone, bisa melakukan pengetesan Ping menggunakan aplikasi-aplikasi yang memang dirancang demikian. Aplikasi-aplikasi seperti itu banyak tersedia di Play Store, antara lain ada:

Terminal Emulator for Android (300 KB), Ping, dan juga Ping IP – Network Utility. Untuk aplikasi yang pertama, kalian cukup mengetik perintah Ping google.com dan responnya akan muncul. Sedangkan dua lainnya akan lebih mudah.


Itulah tadi dua metode untuk mengetahui apakah jaringan sedang dalam keadaan baik atau tidak dengan menggunakan fitur cek Ping PC dan Android. Mungkin ada metode lain yang seharusnya ada disini? Boleh dong kasih tau Teknodaim di bawah.

Jangan lewatkan •
Begini Cara Membedakan Windows 10 Original dan Bajakan dengan Mudah