TipsAplikasiListicleMedia Sosial

15 Tips dan Trik Menarik Whatsapp Web, Cocok Buat Kepoin Doi

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang banyak sekali sudah mendapat pengguna, bahkan menjadi salah satu yang paling umum untuk orang gunakan. Selain versi Mobile, Whatsapp Web atau WA Web untuk versi Desktop juga banyak digunakan sebagai alternatif.

Versi Web memungkinkan pengguna dapat berkirim pesan dan file terhadap kontaknya yang tersimpan pada perangkat ponsel. Bedanya, pada versi Desktop tersebut kita tidak bisa video call atau bahkan sekedar telepon suara, jadi khusus berkirim pesan instan saja.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa tips dan trik menarik yang bisa kita coba menggunakan WhatsApp versi Desktop, mungkin saja bisa bermanfaat untukmu. Jadi silahkan simak terus.

15 Tips Keren WhatsApp Web

Jika kamu merupakan pengguna WhatsApp versi Mobile yang belum pernah menggunakan versi Browser yaitu WA Web, sebaiknya simak lebih dulu bagaimana cara menggunakannya berikut:

  • Buka browser dan ketik www.web.whatsapp.com atau Klik Disini.
  • Lalu buka aplikasi WhatsApp di ponsel, klik titik tiga dan pilih fitur WhatsApp Web.
  • Setelah itu akan ada pemindaian QR Code pada layar ponsel, arahkan ke layar monitor PC atau laptop yang membuka WA Web tadi.
  • Selesai, WhatsApp Web akan terbuka.

Perlu diketahui bahwa WA versi desktop ini hanya akan dapat kita gunakan pada laptop atau PC selama ponsel terhubung dengan internet. Jika putus atau ponsel mati, maka WhatsApp desktop tadi juga ikut mati atau tidak menerima koneksi. Sekarang, kita masuk ke tips-tips yang terdapat pada WA Web berikut:

1. Shortcuts Pintas WhatsApp Web

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Ilustrasi penggunaan kombinasi Tombol pada Keyboard | Teknobgt.com

Berbeda dengan ponsel, PC atau laptop tentunya menggunakan yang namanya keyboard fisik. Nah WA Web rupanya menyelipkan tombol perintah khusus atau tombol kombinasi untuk menjadi pintasan supaya lebih mudah untuk ini itu. Berikut daftar tombolnya:

  • Bila kamu ingin memulai chat baru dapat menekan Ctrl + N
  • Jika ingin melihat chat selanjutnya bisa tekan saja Ctrl + Shift + ]
  • Kalau kamu mau melihat chat sebelumnya tekan saja Ctrl + Shift + [
  • Jika ingin ke archive chat tekan Ctrl + E
  • Untuk mute chat tekan Ctrl + Shift + M
  • Kalau mau menghapus chat dengan cepat, cukup tekan Ctrl + Backspace
  • Kamu dapat menandai chat sebagai Unread dengan tombol Ctrl + Shift + U
  • Untuk membuat grup baru dengan cepat, cukup tekan Ctrl + Shift + N
  • Bila ingin melihat status profil, cukup tekan Ctrl + P

Sayangnya beberapa fungsional tombol-tombol tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Mungkin akan kembali seperti yang tertera lagi nanti.

2. Menghafal Tombol Keyboard Untuk Emoticon

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Screenshot Emoticon pada WA Web

Bila kamu sudah terbiasa dengan tombol kombinasi untuk memunculkan emoticon favorit di Facebook, pada WhatsApp versi Web hal tersebut juga ada loh. Berbeda dengan aplikasi pada ponsel, kita cenderung akan lebih mencarinya manual pada opsi Emoji.

Salah satu emoticon dasar yang bisa kamu coba adalah kombinasi tombol : dan +sm sehingga menjadi :+sm dan akan muncul emoji senyum dan yang berkaitan juga. Kamu juga tinggal geser ke kanan untuk memilih emoji lain supaya bisa mengungkapkan perasaan pada pesan.

Namun update terbaru aplikasi WhatsApp sekarang membuat emoticon sudah langsung muncul di bagian bawah, sehingga jadi lebih mudah dan efisien waktu.

3. Mengirim Pesan dengan Teks Miring, Tebal atau Tercoret

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim
Screenshot Teks Bold pada WA Web

Sejak awal peresmiannya, WhatsApp sebenarnya membenamkan fitur untuk dapat mencoret teks, membuatnya tampak miring bahkan menebalkan alias membuatnya jadi Bold. Padahal caranya gampang, kita hanya cukup memberi tanda bintang (*) pada kata yang ingin jadi tebal, misalnya seperti *Minato*.

Sementara untuk membuat teks atau huruf menjadi miring, kita tulis jadi seperti ini _Minato_ maka akan jadi seperti ini Minato. Lalu untuk membuat sebuah teks jadi ada garis coretan, tulis seperti ini ~Minato~. Untuk versi Web, ini pasti akan bekerja, sementara untuk ponsel terkadang tidak semuanya bisa.

4. Membalas Pesan Walau dalam Keramaian

Fitur berikutnya adalah mengutip pesan, atau kita bisa membalas pesan seseorang walau dalam sedang berada dalam sebuah grup yang ramai dengan anggota. Ini akan sangat berguna untuk sebuah grup yang punya kecepatan obrolan seperti Flash, terus mengalir tanpa stop.

Untuk membalas pesan seseorang dengan cepat pada sebuah grup yang ramai, kita cukup geser ke kanan pada pesan yang diinginkan dan itu akan muncul di bagian atas bidang teks. Setelah itu akan muncul respons kita terhadap pesan atau gambar yang kita kutip. Dengan demikian semua orang akan mengerti siapa yang sedang kita respon dan kita kirim pesan balasan.

Sebenarnya ini sebuah fitur mainstream yang mungkin sudah banyak orang ketahui, tapi semoga bisa bermanfaat untuk yang baru mencoba WhatsApp atau belum mengetahuinya.

5. Hemat Kuota Ponsel dari WhatsApp Web

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim 3
Screenshot Grup WhatsApp Kelas

Trik berikutnya ini dapat berguna untuk kita yang menggunakan paket kuota data seluler berlangganan. Pengguna WA Web dapat menghemat kuota di WhatsApp namun tetap bisa menerima pemberitahuan dan pesan.

Kita bisa menonaktifkan kemampuan aplikasi untuk mengunduh media pada data seluler untuk menghemat pemakaian data. Caranya buka pengaturan, pergi ke penggunaan data dan pilih penyimpanan. Pada bagian ini, kita periksa atau hapus centang pengunduhan foto, audio, video dan dokumen melalui data seluler.

Dengan demikian, kita wajib mengetuk file di chat WhatsApp yang terkirim dari orang lain jika ingin benar-benar mengunduhnya. Video adalah salah satu file yang cukup deras dalam menguras kuota internet, bagian ini sangat direkomendasikan untuk menghapus centangnya.

6. Melihat Ukuran File Kiriman Kontak

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim 4
Screeshot Penggunaan Penyimpanan

Ketika kapasitas penyimpanan file internal ponsel kita sudah terkuras karena banyaknya file yang dikirimkan oleh teman melalui WhatsApp, tentu kita harus mengantisipasinya. Kita bisa melihat statistik penggunaan kapasitas akibat kirim file dari kontak kita, caranya silakan buka Pengaturan, pilih Pengguna data dan penyimpanan lalu pilih penggunaan penyimpanan.

Tap kontak yang muncul pada daftar itu, lalu akan terlihat rincian pesan, ukuran file dari foto, GIF, video dan dokumen kiriman lainnya.

7. Minta Informasi Akun

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim 5
Screeshot Minta Informasi Akun WhatsApp

Sama seperti sang induknya Facebook, WhatsApp juga memungkinkan kita untuk meminta rekaman informasi dan pengaturan akun selama bergabung ke platform. File itu akan muncul dengan format file ZIP. File ini berisi rangkaian pesan dan kumpulan foto profil.

Untuk melakukan hal tersebut, kita cukup pergi ke Pengaturan, pilih Akun, masuk Minta info akun dan tap Minta laporan. Permintaan mungkin akan membutuhkan waktu antara dua dan tiga hari untuk mendapatkan laporan.

Permintaan itu akan terbatalkan jika kita memilih untuk menghapus atau mendaftarkan kembali akun, apalagi ketika mengubah nomor dan perangkat. File ZIP hasil dari data-data itu akan lebih mudah kita buka melalui PC atau laptop, walau pada ponsel juga bisa sebenarnya.

8. Keamanan Ekstra (Tidak Untuk Whatsapp Web)

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim 6
Screehsot V2L WhatsApp

Untuk yang satu ini akan lebih ke tips atau saran keras, hal ini akan sangat berguna bila kita memiliki data penting pada WhatsApp namun tergolong menjadi target banyak pelaku kejahatan digital. Secara default, WhatsApp meminta nomor dan pin kita satu kali saat mengganti perangkat.

Namun jika orang tersebut memiliki kartu SIM kita, maka akan lebih mudah untuk masuk dan melihat setiap isi pesan serta data pada akun WhatsApp kita. Maka dari itu, mengaktifkan verifikasi dua langkah menjadi solusinya.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan ekstra itu, silahkan buka Pengaturan, masuk ke Akun, dan pilih Verifikasi dua langkah. Setelahnya, kita akan diminta untuk membuat pin enam digit, yang mana ini akan kita butuhkan setiap kali menambahkan WhatsApp ke ponsel baru.

Dengan demikian maka akun kita akan lebih aman. Bila perlu tambahkan alamat email jika tidak sengaja melupakan PIN. Namun cukup sayang, kita tidak perlu memasukkan PIN ini saat mencoba menonaktifkan verifikasi dua langkah dari perangkat asli.

9. Membuat Kontak Pilihan Muncul di Homescreen

Tips Whatsapp Web Web Whatsapp dan WA Web by Teknodaim 7
Screenshot Pintasan Kontak WhatsApp

Seperti layaknya fungsi UI pada Android yang dapat membuat aplikasi muncul di halaman depan, WhatsApp juga mempunyai fitur serupa. Pengguna dapat membuat kontak yang dipilih untuk tampil di beranda layar, ideal untuk menempatkan kontak yang paling sering dihubungi seperti Doi atau keluarga.

Caranya mudah saja untuk melakukannya, yaitu dengan membuka kontak, pilih titik tiga pada bagian kanan atas, pilih lainnya, klik pintasan dan klik saja tombol Tambah. Dengan demikian maka otomatis kontak tadi akan muncul ke beranda layar dan bisa kita atur penempatannya.

Selain kontak, kita sebagai penggunanya juga bisa menambahkan grup favorit untuk tampil menjadi pintasan cepat pada halaman depan ponsel. Hal ini tentu sangat mempermudah kita untuk menghemat waktu tanpa harus ribet-ribet pergi ke aplikasi WhatsApp.

10. Menyembunyikan Last Seen

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Menyembunyikan Status Last Seen WhatsApp | Selular ID

Fitur satu ini rasanya akan sangat cocok untuk meminimalisir gangguan penguntit, yang mana pengguna WhatsApp dapat menyembunyikan informasi mengenai kapan mereka terakhir kali membuka atau online. Informasi itu ditandai sebagai Last Seen.

Last Seen dapat kita sembunyikan dengan membuka Pengaturan, pilih opsi Akun dan buka pilihan Privasi. Setelah itu kita pilih Last Seen dan sesuaikan siapa saja yang dapat melihatnya, ada pilihan semua orang, kontak saya dan tidak ada. Kita juga dapat mengatur foto profil dan keterangan akun kita supaya tampil atau tidak untuk orang lain di luar yang sudah terdaftar pada kontak.

11. Unblock Seseorang

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Screeshot Daftar Blokir Kontak WhatsApp | Selular ID

Ketika kamu sudah memblokir seseorang karena telah melakukan panggilan atau mengirim pesan yang mengganggu, kamu bisa membuka kembali blokirnya. Caranya pergi ke bagian Pengaturan, buka Akun dan pilih Privasi, setelah itu scrool ke bawah dan pilih Kontak yang diblokir.

Kamu bisa membuka blokirnya jika kamu rasa sudah tidak mengganggu lagi atau malah mau menambahkan orang lain dalam kontak untuk masuk daftar blokir.

12. Lacak dan Kirim Lokasi

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Screenshot Lacak Lokasi WhatsApp

Untuk yang ingin COD setelah berkomunikasi melalui WhatsApp, kamu bisa saling berkirim lokasi tempat pertemuan dengan seseorang tanpa harus menggunakan aplikasi di luar WhatsApp. Dalam pesan, klik saja fitur dengan ikon penjepit kertas lalu pilih Lokasi dan Bagikan Lokasi Langsung.

Setelah itu silakan pilih periode waktu yang akan terlacak, mulai dari 15 menit hingga 8 jam. Dengan demikian kamu bisa berbagi titik lokasi secara real-time dengan seseorang, dan pelacakan lokasi dapat kamu hentikan manual kapan saja. Ini tentunya juga bermanfaat untuk kita yang ingin melihat keberadaan kita sekarang ketika sedang tersesat.

13. Memindahkan File ke Whatsapp Web Tanpa Kabel USB

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Screenshot Berkirim File WhatsApp Web

Terkadang ada halangan yang membuat kita tidak bisa menggunakan kabel USB untuk menghubungkan PC atau laptop dengan ponsel, dan saat inilah kita bisa melakukan sesuatu yang Tricky. Cukup dengan mengunggah file dari galeri ponsel ke kontak atau grup kosong yang hanya ada kamu sebagai anggotanya, kamu bisa mengunduhnya melalui WA Web PC.

Sehingga kamu dapat memindahkan file-file ringan tanpa harus ribet menggunakan kabel USB. Namun untuk foto dan video, kualitasnya akan menjadi lebih kecil ketimbang file asli, kita juga hanya dapat mengirim file ke pesan dengan ukuran maksimal 25 MB saja.

Namun untuk keadaan darurat misalnya port konektivitas pada ponsel rusak, trik satu ini tentu dapat menjadi alternatifnya. Kamu tentu juga bisa melakukan kebalikannya, yaitu mengirim file dari PC untuk bisa tersimpan pada perangkat ponsel.

14. Bisukan Selamanya

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Fitur Bisukan Notifikasi Selamanya | Indian Lekhak

Belum lama ini, WhatsApp membawa fitur untuk membuat pengguna bisa membisukan atau menghilangkan notifikasi dari grup yang sangat ramai untuk waktu tanpa batas alias selamanya. Cara simpel saja, ketuk dan tahan di menu Obrolan kemudian akan tampil ikon di sudut kanan atas dan pilih ikon speaker dengan garis.

Kemudian tentukan periode bisu untuk berapa lama, bisa delapan jam, seminggu, setahun, dan satu lagi yaitu mute selamanya. Jika sudah, tap saja box bertuliskan OK. Pastikan kamu sudah melakukan update untuk versi terbaru aplikasi WhatsApp.

15. Notifikasi Khusus Untuk DOI

Tips Whatsapp Web, Web Whatsapp Dan Wa Web By Teknodaim
Ilustrasi Notifikasi WhatsApp dari Orang Spesial | FORecovery

Berbeda dengan sebelumnya, fitur satu ini dapat membuat kamu bisa ceria setiap waktu. Karena ketika menggunakan fitur ini, maka kamu dapat mengenali ketika orang spesial menghubungimu dengan menggunakan fitur sortir pesan dalam bentuk notifikasi khusus.

Ketika mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membedakan notifikasi ketika orang yang kamu tandai spesial dengan kontak lain. Untuk menandakan notif khusus, masuk ke halaman chat dengan kontak, ketuk namanya pada bagian atas chat dan pilih Pemberitahuan khusus.

Selanjutnya silahkan centang kotak berlabel Gunakan notifikasi khusus dan gulir ke bawah ke bidang berikutnya untuk menyesuaikan notif. Terdapat opsi untuk menyesuaikan nada pesan, dan mengubah warna notifikasi LED untuk membedakan satu kontak dengan kontak lainnya.


Itulah tadi beberapa tips WhatsApp yang dapat kamu coba dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing. Perlu diketahui bahwa tips-tips tadi bukan hanya untuk WhatsApp versi PC atau laptop saja, namun juga sebagian berlaku untuk perangkat mobile alias ponsel, semoga bermanfaat.


Referensi: Selular ID, Telset ID

What's your reaction?

Related Posts