TipsMedia Sosial

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data

Untuk menghindari gangguan notifikasi di WA, ada satu solusi dengan cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data

Pemberitahuan pesan yang masuk dari aplikasi WhatsApp (WA) kadang-kadang bisa mengganggu dalam situasi tertentu, terutama saat kita ingin istirahat sejenak. Untuk menghindari gangguan tersebut, ada solusi yaitu dengan cara menonaktifkan WhatsApp sementara.

Dengan mematikan sementara WhatsApp, kamu tidak akan menerima pemberitahuan pesan dari aplikasi itu, yang bisa mengganggu ketika kamu ingin beristirahat sejenak seperti saat liburan atau cuti kerja.

Agar WhatsApp tidak aktif sementara, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan mematikan seluruh data internet di ponselmu. Jika data internet di ponsel dimatikan sepenuhnya atau dijadikan offline, maka WhatsApp akan menjadi nonaktif.

Namun, menghentikan penggunaan WhatsApp dengan mematikan seluruh data memiliki kekurangan, yaitu pengguna akan kehilangan akses ke aplikasi lain yang memerlukan koneksi internet.

Baca Juga:

Selain dengan cara itu, kita juga bisa menggunakan cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa harus mematikan data. Dengan cara tersebut, kita bisa menonaktifkan WhatsApp namun masih bisa menggunakan aplikasi lain di ponsel yang membutuhkan koneksi internet.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara
Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Nah, jadi gimana sih cara menonaktifkan WhatsApp sementara tapi data tetap aktif? Ada cara yang gampang kok buat matiin WhatsApp tanpa harus matiin data juga. Tapi ya, nggak semua orang mungkin udah tahu langkah-langkahnya.

BACA JUGA:  Begini Cara untuk Cek Keaslian Foto dengan Benar

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan menjelaskan dengan lengkap bagaimana cara mematikan WhatsApp tanpa harus mematikan data. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan WhatsApp tanpa harus mematikan data yang sedang kamu gunakan.

Kamu bisa mematikan WhatsApp tanpa harus mematikan data dengan cara mematikan notifikasi aplikasinya, menghapus data aplikasinya, dan mematikan data hanya untuk aplikasi WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa harus mematikan data.

1. Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data dengan Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi Whatsapp
Uninstall Aplikasi Whatsapp

Salah satu cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data adalah dengan menghapus aplikasinya. Saat aplikasi diuninstall, akun WhatsApp akan secara otomatis dinonaktifkan, sehingga pengguna tidak akan menerima pesan lagi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan lama logo aplikasi WhatsApp di layar “Home” HP.
  • Pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus App“.
  • Setelah dihapus, akun WhatsApp akan dinonaktifkan sementara dan tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Jika kamu ingin menggunakan WhatsApp lagi setelah menghapusnya, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp kembali di ponselmu. Namun, perlu diingat bahwa ada risiko kehilangan riwayat chat ketika kamu menginstal ulang aplikasi WhatsApp tersebut.

Agar percakapan chat tetap ada setelah aplikasi dihapus, kamu bisa mencadangkan chat terlebih dahulu menggunakan layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

Untuk mencadangkan percakapan dan data lainnya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Setelah itu, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Terakhir, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

2. Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Menghapus Data WA

Hapus Data Whatsapp
Hapus Data Whatsapp

Salah satu cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data kedua adalah dengan menghapus data aplikasinya. Metode ini mirip dengan cara pertama, tetapi tidak akan membuat aplikasi WhatsApp hilang dari ponsel.

BACA JUGA:  Apa Itu FLKS TikTok ? Ini Artinya yang Selama Ini Belum Diketahui!

Menghapus data aplikasi hanya akan menghapus semua data di dalam aplikasi WhatsApp, tetapi aplikasi itu sendiri masih ada di ponsel. Dengan cara ini, WhatsApp akan terlihat seperti aplikasi yang baru diinstal.

Dampak dari menghapus data aplikasi WhatsApp serupa dengan menguninstall WhatsApp, di mana akun pengguna akan dinonaktifkan sementara. Selama dinonaktifkan sementara, pengguna juga tidak akan menerima pemberitahuan dari WhatsApp.

Agar WA tidak aktif tanpa mematikan data internet dengan menghapus data aplikasi, langkah-langkah yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Cari dan buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih opsi “Hapus Data” (cara ini bisa berbeda-beda tergantung tipe HP).
  • Setelah menghapus data, aplikasi WhatsApp akan direset dan akun pengguna akan dikeluarkan.
  • Akibatnya, pengguna tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp.

Jika ingin mengakses kembali akun WhatsApp, kamu hanya perlu masuk kembali ke dalam aplikasi menggunakan nomor telepon yang sama. Namun, perlu diingat bahwa cara ini juga memiliki risiko yaitu riwayat obrolan yang terdapat di akun WhatsAppmu akan tetap ada ketika kamu masuk kembali.

Maka dari itu, agar catatan percakapan tetap ada sebelum aplikasi dihapus, kamu juga bisa mencadangkan percakapan melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk pengguna iPhone) atau Google Drive (untuk pengguna HP Android).

3. Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data dengan Mematikan Notifikasi

Mematikan Notifikasi Whatsapp
Mematikan Notifikasi Whatsapp

Kamu dapat menggunakan cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi aplikasinya di ponsel. Cara untuk mematikan WhatsApp tanpa mematikan data melalui notifikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP
  • Matikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp
  • Cara mematikan notifikasi bisa berbeda di setiap HP
  • Di iPhone, buka menu pengaturan “Pemberitahuan
  • Pilih aplikasi WhatsApp dan nonaktifkan opsi “Izinkan Pemberitahuan

Ketika kamu mematikan notifikasi, kamu tidak akan menerima pemberitahuan adanya pesan baru di layar ponselmu. Dengan begitu, kamu bisa istirahat sejenak dengan lebih tenang.

BACA JUGA:  Begini Alasan Elon Musk Batal Untuk Mengakuisisi Twitter

Selain cara-cara sebelumnya, kita juga bisa mematikan WhatsApp tanpa mematikan data dengan memblokir akses internet hanya untuk aplikasi WhatsApp.

Pada sebagian besar ponsel saat ini, terdapat opsi yang memungkinkan pengguna untuk menghentikan akses internet hanya pada beberapa aplikasi tertentu. Dengan opsi tersebut, pengguna tidak perlu mematikan seluruh koneksi internet pada ponsel.

Kamu dapat memilih beberapa aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan akses internetnya, termasuk WhatsApp. Cara menonaktifkan WhatsApp sementara dengan menghentikan data berbeda antara iPhone dan ponsel Android. Berikut ini penjelasannya.

4. Menonaktifkan data WhatsApp di iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Pilih menu “Seluler” dan cari daftar aplikasi yang menggunakan data internet dari jaringan seluler.
  • Cari aplikasi WhatsApp dan matikan akses data internet dari jaringan seluler.
  • Akses data internet pada WhatsApp dari jaringan seluler berhasil dimatikan di iPhone.

Harap dicatat, dalam iPhone, pembatasan akses data internet pada aplikasi tertentu hanya bisa dilakukan untuk jaringan seluler. Namun, untuk jaringan WiFi, kamu tidak bisa membatasi akses data internet pada aplikasi tertentu.

Jadi, jika kamu telah mematikan penggunaan data WhatsApp di iPhone, namun masih terhubung ke jaringan WiFi, maka WhatsApp masih dapat mengirimkan pemberitahuan. Hal ini karena yang dimatikan hanya akses data untuk jaringan seluler.

Cara mengatur batasan akses data internet pada aplikasi tertentu di iPhone berbeda dengan di ponsel Android. Pada ponsel Android, pengguna dapat mematikan penggunaan data pada aplikasi WhatsApp baik untuk jaringan seluler maupun WiFi. Untuk melakukannya, berikut adalah langkah-langkahnya:

5. Menonaktifkan data WhatsApp di Android

  • Cara mematikan data WhatsApp di Android bisa berbeda-beda di tiap model ponsel.
  • Di ponsel Android Xiaomi, langkah-langkahnya adalah:
  • Akses aplikasi bawaan Keamanan.
  • Pilih opsi “penggunaan data”.
  • Pilih opsi “batasi penggunaan data”.
  • Pilih aplikasi WhatsApp dan matikan akses data internetnya.

Itulah beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data, yang dapat dilakukan dengan menghapus aplikasinya, mematikan notifikasinya, dan membatasi akses internet hanya untuk WhatsApp.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related Posts

Leave Comment