Tips

Tutorial Cara Menghapus Cache di Ponsel Android

Pernah tidak kamu merasa jika ponsel Android yang digunakan sekarang sudah mulai lelet? Sebenarnya banyak penyebab dari leletnya ponsel Android dalam bekerja. Salah satunya adalah karena kapasitas memori sistem penuh.

Semakin lama ponsel digunakan, tentu bakal banyak file dan aplikasi yang tersimpan. Namun untuk menghapus file atau aplikasi supaya ruang memori bisa lega itu membutuhkan waktu yang banyak. Belum lagi dalam memilih mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus.

Namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menghapus cache di ponsel Android. Lalu apa itu Cache?

Cache adalah data sementara dari aplikasi yang sudah terpasang dan tersimpan di memori. Setiap aplikasi memiliki cache berukuran masing-masing, dan membutuhkan ruang penyimpanan di dalam memori ponsel.

Cara Menghapus Cache di Ponsel Android

cara menghapus cache di android 2
Cara Menghapus Cache di Android | pulse.ng

Semakin sering digunakan, maka data cache bakal menumpuk. Seperti saat membuka peramban atau browser, sistem tentu bakal menyimpan gambar yang dilihat dan disimpan di file cache.

Dengan proses penyimpanan cache tersebut, nantinya sistem tidak perlu harus mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Sehingga proses membuka gambar yang tersebut bakal lebih cepat dan tidak memakan kuota data lagi.

Mungkin sebagian orang belum tahu cara menghapus cache di Ponsel Android. Dari pada penasaran bagaimana caranya, yuk langsung saja simak berikut langkah-langkahnya.

Total Time: 3 menit

Buka menu Pengaturan

Seperti biasanya kamu mengatur setelan di smartphone. langkah pertama buka Menu Pengaturan di ponsel Android kamu. Lalu pilih Device Care.
cara menghapus cache di ponsel android (1)

Menu Device

Pada menu Device Care, pilih menu Storage
cara menghapus cache di ponsel android 4

Menu Storage

Lalu pada menu Storage, dan pilih Advance – Other apps
cara menghapus cache di ponsel android 3

Hapus chache di Ponsel Android

Selanjutnya pilih aplikasi yang sering digunakan satu per satu. Setelah terbuka, pilih opsi ‘clear cache’ yang ada di sebelah kanan bawah.
cara menghapus cache di ponsel android 2

Perlu kamu catat, kalau antarmuka untuk setiap merk smartphone Android itu berbeda-beda. Jadi kemungkinan langkah dari cara menghapus cache di ponsel Android di atas sedikit berbeda. Namun untuk langkah dasarnya itu sama.

Pada tutorial di atas, Teknodaim menerapkan cara ini di Galaxy Note 9 (sistem operasi Android 10, One UI 2.1).

Sedangkan model lain, pengguna juga bisa menggunakan opsi ‘storage’ setelah membuka menu pengaturan. Setelah itu kamu bisa melanjutkan ke langkah -4 sampai selesai.

Itulah cara menghapus cache di ponsel Android. Cara ini sangat berguna bagi ponsel Androidnya sudah mulai lelet saat digunakan.

What's your reaction?

Related Posts