2 Cara Mengantisipasi Serangan Virus Ransomware

in , ,
Cara mengatasi ransomware by teknodaim

WannaCry Ransomware Attack adalah serangan membabi buta menyebarkan Virus super berbahaya bagi pengguna gadget berbasis komputer dan laptop. Adakah cara mengatasi Ransomware yang ampuh? Silahkan simak pembahasan berikut.

Cara Mengantisipasi Ransomware

Ransomware bukanlah virus kelas medium ataupun yang diciptakan oleh orang yang baru latihan pemrograman dan Visual Basic, tapi jauh lebih dari itu. Virus tersebut akan menciptakan pengunci mengerikan yang menargetkan semua data di komputer.

Ketika sudah terlanjur kena, maka setiap orang yang mengalaminya seketika akan panik dan kebingungan. Karena semua data yang ada di perangkat dan disimpan secara online dengan akun yang masih terkait, akan disandera oleh pelaku Ransomware.

Ada dua tips cara mengantisipasi hal tersebut, silahkan simak berikut:


1. Backup Data

Cara yang efektif untuk mengantisipasi kerugian dari serangan Ransomware adalah dengan menyiapkan Backup atau mengaktifkan fitur Backup otomatis.

Sayangnya, jika data backup tersebut juga bisa dienskrip oleh ransomware sehingga hal ini harus menjadi perhatian para administrator, jangan merasa aman meskipun sistem sudah di backup otomatis tetapi datanya tetap online.

Cara mengatasi ransomware by teknodaim
Gambar: Tech Spot

Maka dari itu, lakukan pilihan kedua yaitu dengan menyimpan data backup di server terpisah yang tidak mudah diakses secara online. Atau bisa kamu bisa coba Ransom Protect yang secara teknis bisa melindungi data berharga.

Dengan metode tersebut, sekalipun sistem komputer kalian berhasil diserang ransomware dan datanya berhasil dienkripsi, data tersebut dapat dikembalikan hanya dengan beberapa kali klik. Cara mengantisipasi Ransomware yang baik.


2. Upgrade Windows ke Versi Terakhir

Antivirus memang berperan penting dalam menghalau dan melakukan deteksi sesuatu atau data-data berbahaya. Sayangnya Ransomware memiliki kekebalan yang bisa langsung menembusnya. Maka dari itu, cara paling ampuh adalah dengan Upgrade OS.

Windows 7 tidak lagi mendapat dukungan layanan dan keamanan dari Microsoft, maka akan membuatnya rentan jadi target serangan Ransomware. Untuk solusinya, pengguna Windows 7, XP dan versi lawas lainnya silahkan Upgrade ke Windows 10.

Cara mengatasi ransomware by teknodaim

Windows 10 punya layanan atau fitur bernama Windows Defender. Fitur tersebut akan memproteksi perangkat dari data-data atau sesuatu yang mencurigakan, termasuk Ransomware dengan sistemnya yang dibuat langsung oleh Microsoft.


Itulah beberapa tips atau cara mengatasi Ransomware yang bisa kita lakukan. Dari tahun ke tahun berikutnya, Ransomware sebenarnya terus mengalami perkembangan. Karena versi awal dan beberapa versi lama punya kelemahan.