Tips

Begini Cara Cetak Kartu Keluarga Online Dengan Mudah Tanpa ke Dukcapil

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kementerian Dalam Negeri, saat ini memberikan layanan cetak Kartu Keluarga yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Nah buat kalian yang penasaran bagaimana caranya, kalian bisa mengecek pembahasan cara cetak KK online di bawah ini.

Tentunya layanan ini akan memudahkan masyarakat yang ingin membuat Kartu Keluarga sehingga tidak perlu datang ke kantor Dukcapil. Nah untuk mencetak KK sendiri, masyarakat bisa memakai kartas putih polos jenis HVS A4 80 gram.

Cara Cetak KK Online Tanpa ke Dukcapil

Meskipun cetak KK online menggunakan kertas HVS dan tidak memakai kertas security printing. Namun Kartu Keluarga yang dicetak mandiri memiliki QR Kode, yang dimana sebagai tanda tangan elektronik pengganti tanda tangan basah, sehingga masih sah dan memiliki kekuatan hukum.

Cara Cetak KK Online

Cara Cetak Kk Online
Cara Cetak Kk Online | ussfeed.com

Lantas bagaimana cara cetak KK online? Nah buat kalian yang penasaran bagaimana caranya, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya terlebih dulu di bawah ini.

  • Sebelum mencetak Kartu Keluarga sendiri, masyarakat harus mengajukan permohonan dan membuat akun di situs Dukcapil.
  • Nah untuk mengajukan pembuatan akun, masyarakat bisa menggunakan aplikasi daerah masing-masing lalu klik menu mendaftar.
  • Setelah kalian membuat akun, kalian bisa login ke situs Layanan Online Dukcapil dengan mengklik link tautan yang kami sediakan lalu masukan NIK dan Password yang telah dibuat di aplikasi daerah tadi.
BACA JUGA:  Negara dengan Pengguna Ponsel Paling Boros Paket Internet, Apakah Indonesia Juga Ikut?

Cara Mengajukan Permohonan Pencetakan Dokumen Kependudukan

Cara Mengajukan Permohonan Pencetakan Dokumen Kependudukan
Cara Mengajukan Permohonan Pencetakan Dokumen Kependudukan | liputan6.com

Nah sekarang kita akan membahas cara mengajukan permohonan pencetakan dokumen kependudukan. Terus bagaimana caranya? Kalau begitu kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya yah.

  • Mendatangi kantor dinas Dukcapil setempat, atau lewat aplikasi layanan kependudukan kantor Dukcapil masing-masing daerah, yang bisa kalian cari di situs resmi pemerintah daerah.
  • Masukan nomor telepon dan email yang bisa dihubungi untuk menerima soft file Kartu Keluarga kalian.
  • Setelah permohonan diterima, Dukcapil akan memproses permintaan layanan cetak KK mandiri.
  • Setelah itu apliaksi Sistem Informasi Kependudukan atau SIAK akan mengirim SMS dan email berisi informasi link situs Dukcapil dan file PDF.
  • Dinas Dukcapil setempat juga akan mengirim PIN yang digunakan untuk membuka layanan cetak dokumen.
  • Login ke situs ini untuk melanjutkan proses mengunduh dokumen dan dokumen akan dikirim ke email yang didaftarkan.
  • Jika seluruh data sudah benar, kalian bisa langsung mencetak Kartu Keluarga online secara mandiri.

Terus jangan lupa untuk menyimpan soft file PDF Kartu Keluarga agar bisa dicetak kembali ketika dibutuhkan.


Demikianlah informasi soal cara cetak KK online tanpa ke Dukcapil. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih informasi yang kami sampaikan sangat bermanfaat? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

Related Posts