Teknodaim

    Berikut 10 Tanda HP Disadap, Kamu Harus Waspada!

    Berikut ini 10 tanda HP disadap. Yuk, simak informasi lengkapnya!

    10 Tanda Hp Disadap, Kamu Harus Waspada (postingnews.id)

    10 Tanda Hp Disadap, Kamu Harus Waspada (postingnews.id)

    Apakah kamu yakin bahwa ponselmu tidak sedang kena sadap, kena pantau, atau kena hack oleh orang lain? Kamu dapat mengidentifikasi tanda HP disadap melalui 10 indikasi di bawah ini.

    Dalam artikel ini penulis akan menjelaskan 10 tanda HP disadap. Informasi ini penulis ambil dari situs-situs Norton dan AVG.

    Suhu HP Jadi Lebih Sering Panas

    Salah satu indikasi pertama yang perlu kamu perhatikan adalah masalah dengan baterai. Kamu mungkin akan merasakan suhu panas pada baterai HP, meskipun tidak sedang kamu gunakan. Hal ini kemungkinan karena adanya pengiriman data yang hacker lakukan secara diam-diam.

    Baterai HP Jadi Lebih Cepat Berkurang

    Selain itu, daya tahan baterai HP juga akan berkurang dengan cepat, meskipun tidak kamu gunakan untuk aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya. Kamu bisa memeriksa penggunaan baterai dan aplikasi yang paling banyak menguras baterai.

    BACA JUGA:  Bocoran Tentang Spesifikasi dan Fitur Samsung S25 Ultra
    Berikut 10 Tanda HP Disadap, Kamu Harus Waspada!
    10 Tanda HP Disadap, Kamu Harus Waspada (idntimes.com)

    Terdengar Suara Aneh

    Tanda HP disadap yang ketiga yaitu jika kamu sedang menggunakan telepon atau menerima panggilan, perhatikan dengan seksama. Jika HP kamu sedang kena sadap, kamu mungkin akan mendengar suara-suara aneh seperti klik, distorsi, suara yang terpotong-potong, atau bahkan suara yang terdengar jauh.

    Jika ponselmu menunjukkan tanda-tanda aktivitas yang mencurigakan saat tidak kamu gunakan, hal itu bisa jadi pertanda bahwa ponselmu telah kena sadap atau di-hack. Contohnya, ponselmu mengeluarkan suara atau layar menyala dengan sendirinya ketika tidak sedang kamu gunakan.

    Nonaktifkan HP Butuh Waktu Lama

    Mematikan HP membutuhkan waktu yang cukup lama. Ketika HP kamu matikan, semua aplikasi dan tugas yang masih berjalan akan di-close. Semakin banyak aplikasi yang aktif, semakin lama pula proses mematikan HP akan berlangsung.

    Jadi, saat HP di-hack, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mematikannya. Ini karena kemungkinan besar ponsel sedang mengirim informasi ke pihak lain, terutama setelah melakukan panggilan, mengirim pesan teks, email, atau menjelajah web.

    BACA JUGA:  Sudah Rilis! HP Nothing Phone 2a Punya Desain yang Unik

    Terdapat Pesan Aneh

    Tanda lainnya adalah ketika kamu menerima pesan teks yang aneh, seperti angka-angka, simbol, atau karakter acak. Selain itu, kamu juga mungkin mendapatkan link yang tidak dapat kamu percaya.

    Hacker dapat memanfaatkan fitur remote control dengan mengirim pesan teks yang mengandung kode rahasia.

    Kemunculan Iklan Abnormal

    Ketika HP kamu kena sadap, iklan yang muncul juga dapat tidak wajar. Sebagai contoh, iklan pop-up muncul secara tiba-tiba meskipun Anda tidak sedang membuka aplikasi. Hal ini karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan secara otomatis menampilkan iklan.

    BACA JUGA:

    Ada Kejanggalan Pada Kamera dan Mikrofon

    Saat kamera atau mikrofon kamu aktifkan, umumnya akan terlihat indikator berwarna hijau atau oranye.

    Nah, jika indikator tersebut aktif tanpa adanya konfirmasi dari kamu, ada kemungkinan bahwa seseorang yang tidak bertanggung jawab sedang menggunakan kamera dan mikrofon pada ponselmu tanpa sepengetahuanmu sehingga keduanya akan menyala secara otomatis.

    BACA JUGA:  Samsung Galaxy F62 Siap Meluncur, Bawa Baterai Jumbo 7.000 mAh

    Penggunaan Data Meningkat

    Penggunaan data meningkat ketika HP yang telah kena sadap mengirimkan informasi kepada pembobol. Biasanya, proses pengiriman ini memerlukan penggunaan data internet.

    Jika kamu melihat adanya peningkatan yang tiba-tiba dalam penggunaan data atau kuota yang lebih cepat habis, maka kamu harus berhati-hati karena ada kemungkinan bahwa ponsel kamu sedang kena sadap.

    Terdapat Indikasi Malware

    Perangkat lunak berbahaya dapat mengubah cara ponsel beroperasi, termasuk tampilan situs web yang ditampilkan. Salah satu indikasi adanya malware adalah perubahan tampilan situs web yang tidak biasa.

    BACA JUGA:

    mail Tidak Dapat Dikirim atau Diterima

    Apabila HP kita mengalami peretasan atau penyadapan, ada kemungkinan email kita akan terblokir. Email yang kita kirim tidak akan sampai ke penerima yang dituju, begitu pula sebaliknya, email dari orang lain tidak akan pernah masuk ke kotak masuk kita.

    Nah, seperti itulah 10 tanda HP disadap. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam mengenali tanda-tanda HP kena sadap. Penulis sarankan, tetap selalu waspada, ya.

    HackHPSmartphoneTandaTips

    Related Posts