SoftwareAplikasi

Mengenal Software dan Sejarahnya, Dari Mana Asal Istilahnya?

Jika ditanya seseorang apa itu Software, apa jawaban yang akan kamu berikan? Mungkin salah satunya Software adalah aplikasi yang digunakan untuk banyak hal sesuai untuk apa dia dirancang. Jawabannya bisa benar, tapi kurang tepat.

Software bukan hanya tentang aplikasi saja, karena software bisa tergolong ciptaan pihak ketiga maupun bawaan dari sistem dan perangkat. Teknodaim disini akan sedikit membahas mengenai sejarah atau asal-usul istilah tersebut.

Sejarah Software

Jika kamu mengatakan Bahwa Software hanyalah aplikasi saja, maka hal tersebut belum tepat. Software adalah istilah dari perangkat lunak atau program-program yang beroperasi secara digital dan tidak berbentuk fisik, tidak bisa kita sentuh.

Software diciptakan melalui rancangan bahasa pemrograman yang dibuat dan disetel sedemikian rupa oleh seseorang yang mengerjakannya. Sistem operasi seperti Windows dan Linux sejak awal sudah dibekali oleh software-software.

Apa itu software dan software adalah by teknodaim
Gambar Ilustrasi | Robicomp.com

Program yang dimaksud bukan hanya yang tampak di daftar menu saja, tapi juga yang tak terlihat dan bekerja di belakang layar. Salah satunya seperti sistem32.


Baca Juga:


Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah Software tida memiliki wujud tapi bisa dilihat dengan mata sesuai seperti apa rancangannya dibuat. Pencipta istilah Software sendiri belum diketahui, kalau kamu punya informasinya tulis di bawah.

Software sendiri fungsinya adalah untuk memproses data atau menjalankan instruksi tertentu yang sudah tertera pada rancangan pemrogrammannya. Karena Software lah, perangkat keras alias Hardware dan sistem operasi bisa sinkron.


Jenis-Jenis Software

Sudah paham kan apa itu Software secara umum, sekarang kita beralih ke jenis-jenisnya. Karena mungkin tanpa kamu sadari, sekarang Software dibuat malah untuk menciptakan Software lainnya. Jenis-jenis Software adalah seperti berikut:

Sofware Development Tool

Jenis yang pertama merupakan program yang diciptakan untuk mengembangkan perangkat lunak lainnya yang tidak serupa. Bisa dibilang yang satu ini serba guna.

Software Sistem Operasi

OS atau Operating System bisa berjalan karena adanya kumpulan Software yang bekerja dengan tidak terlihat. Program-program itu bertugas mengontrol sistem dan mengolah data penggunanya, termasuk menyimpan dan menciptakan Error.

Software Aplikasi

Ini yang paling umum atau familiar, yaitu Software jenis Aplikasi. Jenis ini adalah cabang atau sub kelas Software komputer yang dirancang dengan perintah-perintah yang sudah disematkan sehingga bisa digunakan kembali oleh pengguna.

Contohnya sendiri adalah seperti VLC Player, HDD Sentinel dan Software Aplikasi komputer lainnya. Pada pengguna ponsel, ada WhatsApp, TikTok, Hago serta aplikasi-aplikasi lainnya yang disediakan perancang secara gratis atau berbayar.

Device Driver

Software Device Driver adalah penghubung atau jembatan bagi Hardware dan komputer, misalnya menghubungkan Hard Disk dan komputer supaya sinkron.


Sebenarnya artikel ini tidak terlalu mendalam membahas mengenai sejarah Software tapi lebih ke fungsi dan jenis-jenisnya. Kalau kamu punya tambahan atau komentar terkait topik, boleh dong bagikan di kolom bawah. Bisa kita bahas.


Referensi: Wikipedia, Mas Tekno

What's your reaction?

Related Posts