5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ini terdapat lebih dari 5 rekomendasi tools AI detector untuk mendeteksi keaslian atau kemurnian suatu konten.

5+ Rekomendasi Tools Ai Detector Terbaik (voi)

5+ Rekomendasi Tools Ai Detector Terbaik (voi)

Ada satu jenis AI yang saat ini populer adalah generator teks atau AI Content Generator yang banyak orang-orang gunakan. Seiring dengan itu, juga muncul alat AI Detector yang bertindak sebagai kebalikan dari generator teks AI.

Di era kemajuan teknologi yang pesat, hadirnya Kecerdasan Buatan (AI) menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan teknologi. Sejak kemunculan AI pertama kali sampai sekarang, perkembangannya telah sangat pesat, mulai dari AI yang sederhana dalam komputasi hingga yang lebih kompleks dalam robotik.

Mengapa AI Detector Itu Penting?

AI Text Generator tercipta karena kebutuhan akan konten khusus di bidang pemasaran digital. Bagi banyak perusahaan yang menggunakan pemasaran digital, konten menjadi bagian penting dalam kegiatan operasional mereka.

Banyak perusahaan menganggap proses pembuatan konten ini sulit karena membutuhkan banyak anggota tim dan harus memenuhi berbagai persyaratan seperti standar SEO dan SEM. Konten yang dibuat harus mampu menduduki peringkat teratas di mesin pencarian dan meningkatkan kunjungan website.

Karena beberapa alasan di atas, semakin banyak software teks generator yang digunakan oleh copywriter, content writer, dan penulis freelance sebagai alat bantu dalam proses penulisan artikel di blog perusahaan.

Tidak dapat kita sangkal bahwa penggunaan alat-alat tersebut dapat meningkatkan efisiensi para penulis konten dalam menyelesaikan artikel.

Berdasarkan survei yang Content Marketing Institute lakukan pada tahun 2022, bahwa terdapat 38% dari penulis yang tidak menggunakan kecerdasan buatan memerlukan waktu 3-4 jam untuk menulis 1 artikel.

Sementara itu, 38% penulis yang menggunakan kecerdasan buatan hanya memerlukan waktu 2-3 jam untuk tugas yang sama.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Bracket TV Terbaik dan Kuat

Dengan menggunakan AI, penulis dapat menghasilkan artikel dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat daripada penulis yang tidak menggunakan AI. Hal ini memungkinkan tim digital marketing, terutama tim konten, untuk mengalokasikan sumber daya mereka ke area lain dalam strategi atau bisnis SEO.

Namun, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan artikel dapat berdampak negatif terhadap reputasi perusahaan dan memboroskan sumber daya.

Hal ini terutama karena adanya kemungkinan artikel yang AI hasilkan tidak akurat, mengandung konten yang berulang atau mirip dengan konten lain yang sudah kita kenal, sehingga dapat dikategorikan sebagai plagiasi.

Untuk itu, perusahaan perlu memastikan bahwa konten yang mereka publikasikan adalah konten yang unik dengan keistimewaannya sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, ada sebuah alat bernama AI Detector yang mana sebagai lawan dari AI Text Generator.

Apa itu AI Detector?

AI Detector adalah alat yang menggunakan teknologi machine learning dan pemrosesan bahasa alami untuk mengidentifikasi apakah suatu konten dibuat oleh manusia atau tidak.

Sistem machine learning merupakan sistem komputer yang semakin cerdas setiap kali melakukan kueri atau pencarian. Sedangkan pemrosesan bahasa alami adalah program komputer yang memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia.

Dengan kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengevaluasi segala informasi di internet mengenai suatu topik dalam waktu singkat, AI juga dapat dengan mudah menentukan apakah konten tersebut dibuat oleh manusia atau tidak.

Rekomendasi AI Detector Terbaik

Ada banyak alat yang bisa membantu dalam proses menulis artikel. Berikut ini adalah beberapa alat pendeteksi yang bisa kamu gunakan.

Writer

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Platform Writer AI Detector (Kripesh Adwani)

Writer merupakan perangkat yang membantu penulis salinan dalam menyusun dan menyempurnakan tulisan mereka dengan memberikan saran tata bahasa, rekomendasi nada, pemeriksa plagiarisme, dan alat deteksi konten AI yang memudahkan dalam mengidentifikasi jenis konten yang mungkin terbuat dari AI.

BACA JUGA:  Begini Pengertian dan Cara Menggunakan GitHub!

Kamu dapat menambahkan atau menyalin tautan situs web dan menempelkan teks ke kotaknya. Setelah mengklik tombol “Analisis Teks”, platform akan memberikan persentase tulisan yang terbuat dari AI dalam artikel tersebut.

Content at Scale (CAS)

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Content at Scale (CAS) (Trending AI Tools)

Platform Content at Scale (CAS) adalah sebuah alat detektor kecerdasan buatan (AI) yang memiliki kemampuan unik dalam mendeteksi. Dalam hitungan detik setelah memasukkan konten yang akan CAS periksa, lalu CAS akan memberikan keputusan.

Keunggulannya terletak pada kemampuannya untuk menampilkan “skor konten manusia” yang terdiri dari kombinasi skor “prediktabilitas, probabilitas, dan pola”.

Penjelasan ini sedikit mengungkapkan alasan mengapa CAS menganggap konten itu dibuat oleh AI, seperti karena mudah ditebak, memiliki probabilitas tinggi, atau memiliki pola yang dapat ditiru.

Pada akhirnya, CAS memberikan wawasan lebih lanjut tentang konten mana yang sesuai, dan memberikan saran untuk menjadi peringkat teratas dalam mesin pencarian.

GPT Zero AI Detector

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Platform GPT Zero (University of Toronto Entrepreneurship)

GPT Zero merupakan sebuah alat pengenal Kecerdasan Buatan yang umumnya ada pada bidang pendidikan dan bisnis dengan lebih dari 1 juta pengguna.

Antarmuka GPT Zero hampir serupa dengan halaman depan Google, di mana kontennya tidak terlalu banyak sehingga mudah dalam penggunaannya. Namun, terdapat banyak platform lain yang memiliki fitur yang lebih maju daripada GPT Zero.

Corrector Apps

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Corrector Apps Logo (App Store – Apple)

Platform Corrector Apps adalah salah satu tools detektor AI yang kurang populer jika kita bandingkan dengan tools lainnya. Tools ini dapat kita gunakan secara gratis dengan kapasitas hingga 300 kata, dan sangat cocok untuk memeriksa konten pendek dengan cepat.

Selain tools ini juga berguna untuk memeriksa konten yang AI buat, tools ini juga berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa.

BACA JUGA:  4 Headphone Bose dengan Fitur Noise Cancelling Terbaik

BACA JUGA:

Kazan SEO

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Interface Kazan SEO (Appscribed)

Kazan SEO merupakan alat pendeteksi kecerdasan buatan (AI) yang sangat berguna bagi pemula yang ingin belajar tentang SEO. Alat ini menyediakan berbagai fitur, seperti pengelompokan kata kunci, pengoptimalan konten, ekstraksi teks, generator konten AI, dan yang terutama, deteksi konten AI.

Crossplag AI Detector

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Platform Crossplag Logo (Crossplag)

Crossplag adalah alat untuk mendeteksi konten buatan AI. Cara kerjanya mirip dengan alat lainnya, yaitu dengan menyalin beberapa teks ke kolom di layar dan mengklik kotak “Centang” berwarna biru. Kemudian, alat ini akan memberikan peringkat keseluruhan terhadap keaslian konten tersebut.

Alat ini menampilkan grafik termometer yang menunjukkan tingkat keaslian artikel. Jika termometer tetap berwarna hijau, itu berarti artikel tersebut buatan manusia. Namun, jika termometer bergerak ke arah merah, itu artinya artikel tersebut buatan AI.

Copyleaks

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Logo Copyleaks (Copyleaks)

Copyleaks adalah alat pendeteksi AI gratis yang dapat mengidentifikasi berbagai jenis konten berbasis kecerdasan buatan, termasuk konten buatan ChatGPT, GPT3, manusia, kombinasi AI dan manusia, dan lain-lain. Alat ini juga lengkap dengan Ekstensi Chrome yang dapat mendeteksi konten AI di halaman web yang kamu kunjungi.

Originality.AI

5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten
Platform Originality.AI Interface (Wisdom Depot)

Originality.AI merupakan sebuah perangkat AI Detector yang berbentuk ekstensi untuk Google Chrome. Alat ini memudahkan dan mempercepat proses peninjauan karena tidak memerlukan proses copy paste. Meskipun terdapat versi gratisnya, alat ini juga memiliki versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Penutup

Itu dia penjelasan tentang Tools AI Content Detector dan beberapa contoh alatnya. Alat di atas tercipta kemungkinannya karena banyaknya penggunaan AI Text Generator oleh para copywriter, content writer, dan sebagainya untuk membuat konten.

Menggunakan generator teks AI dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat artikel. Namun, artikel yang dihasilkan oleh AI rentan terhadap plagiasi. Oleh karena itu, penting untuk mengutamakan keaslian dan kesesuaian dengan standar SEO dalam pembuatan artikel.

AI DetectionAI DetectorPlatformrekomendasiTools

Related Posts