Ini Dia Pengertian, Sejarah, dan Peran World Wide Web

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian World Wide Web (WWW), sejarah, cara kerja, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi World Wide Web (hmhfyi.com)

Ilustrasi World Wide Web (hmhfyi.com)

Apakah Anda pernah mendengar tentang WWW? Dengan semakin banyaknya pengguna Internet, semakin banyak juga orang yang mengenal istilah world wide web ini. Jadi, apa sebenarnya WWW itu?

WWW adalah singkatan dari World Wide Web. Dalam artikel ini, kita akan membicarakan tentang apa itu World Wide Web (WWW), bagaimana sejarah perkembangannya, bagaimana cara kerjanya, dan manfaat penggunaannya. Tanpa basa-basi, mari kita mulai dengan pembahasan pertama!

Pengertian World Wide Web (WWW)

Banyak orang masih berpikir bahwa world wide web (WWW) dan internet itu sama. Namun, sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda. Internet adalah jaringan komputer global yang saling terhubung melalui telekomunikasi dan jaringan optik.

World Wide Web (WWW) adalah sekelompok situs web atau halaman web yang disimpan di server web dan dapat diakses melalui internet oleh komputer lokal. Secara sederhana, WWW merupakan sistem informasi yang memungkinkan akses ke dokumen dan sumber daya web lainnya melalui jaringan internet.

Ini Dia Pengertian, Sejarah, dan Peran World Wide Web
Ilustrasi World Wide Web (gmnnews.com)

Situs-situs web ini memuat berbagai halaman berisi teks, gambar digital, audio, video, dan sebagainya. Dengan adanya internet, pengguna dapat mengakses konten situs-situs ini dari berbagai belahan dunia melalui perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan ini, dapat kita lihat bahwa meskipun WWW dan internet berbeda, tetapi keduanya saling terkait dan tidak dapat kita pisahkan. Ketika terhubung dengan internet, perangkat kamu memiliki kemampuan untuk mengakses dan menampilkan teks, gambar, video, dan berbagai jenis media lainnya.

BACA JUGA:  3 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah Lewat HP dan PC

Secara teknis, World Wide Web (WWW) adalah sekumpulan situs web yang menyediakan berbagai sumber daya internet seperti FTP, tautan, berkas dalam berbagai format, dan situs web lainnya yang dapat kita akses melalui protokol HTTP dan TCP/IP.

Histori Perkembangan World Wide Web (WWW)

Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer asal Inggris, menemukan WWW ketika dia bekerja di CERN (European Organization for Nuclear Research). Pada awalnya, Lee memiliki ide untuk menciptakan sebuah sistem manajemen informasi yang menggunakan beberapa konsep dan teknologi.

Ide Lee tersebut berdasarkan konsep koneksi yang dapat menghubungkan dan mengelola informasi.

Dimulai dari situasi tersebut, gagasan pertama yang dicetuskan oleh Lee dituangkan dalam sebuah proposal pada tahun 1989.

Kemudian, pada akhir tahun 1990, WWW dan server HTTP diterapkan dalam sistem kerja CERN sebelum akhirnya dirilis di luar CERN kepada lembaga penelitian lain pada bulan Januari 1991 dan kepada masyarakat umum pada tanggal 23 Agustus 1991. Dalam dua tahun berikutnya, tercatat terdapat 50 world wide web yang berhasil dibuat.

Pada tahun 1993, CERN membebaskan protokol dan kode WWW untuk digunakan secara gratis oleh semua orang. Hal ini membuat WWW semakin populer, terutama setelah NCSA merilis web Mosaic pada tahun yang sama. Dalam waktu kurang dari satu tahun, ribuan situs web mulai bermunculan dengan cepat.

Pada tahun 1994, Netscape, yang Marc Andreessen dan Jim Clark dirikan, meluncurkan browser Navigator. Selain itu, mereka juga memperkenalkan Java dan JavaScript ke Web.

Browser ini dengan cepat menjadi yang paling populer dan pada tahun 1995, perusahaan ini menjadi perusahaan publik. Kesuksesan ini semakin meningkatkan popularitas World Wide Web, terutama dengan penambahan embel-embel .com di akhir alamat situs web.

BACA JUGA:  100 Kali Lebih Cepat, Ini Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Pada tahun 2009, Tim Berners Lee mendirikan Yayasan World Wide Web (WWW) dengan tujuan berbagi internet terbuka dengan semua orang.

Cara Kerja

Dalam jaringan, pengguna Internet dapat melihat dokumen dan media yang ada melalui server web. Akses ke konten tersebut dapat kita lakukan melalui program seperti browser Chrome, Mozilla, Opera, dan lain sebagainya.

WWW bekerja dengan menggunakan sistem klien-server yang terhubung melalui internet. Dalam sistem ini, terdapat server yang bertugas menyimpan dan mengirimkan halaman web atau informasi kepada komputer pengguna yang meminta, yang dalam hal ini dapat kita sebut dengan istilah klien.

WWW adalah sebagai server web yang berfungsi sebagai program perangkat lunak yang menampilkan halaman web sesuai permintaan pengguna web melalui perantara browser.

Dengan memanfaatkan browser yang terpasang di komputer pengguna, berbagai jenis dan format file yang tersedia dapat pengguna akses melalui perangkat apa pun selama terhubung ke internet.

Dari penjelasan di atas, terdapat tiga komponen utama dalam World Wide Web (WWW), yaitu HTML, HTTP, dan browser web. HTML merupakan bahasa markup untuk membuat halaman web.

HTTP merupakan dasar dari WWW dan berguna untuk memuat halaman web melalui tautan hypertext. Sedangkan browser merupakan media atau platform yang pengguna gunakan untuk mengakses informasi di WWW.

Dalam rangka yang lebih sederhana, server WWW mengelola informasi yang telah diminta dalam format hypertext yang berisi teks dan gambar melalui Hypertext Markup Language (HTML) dan menggunakan tautan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

BACA JUGA:  Buruan Coba, Fitur Baru WhatsApp Bisa Check Berita Hoax?

Proses kerja dari WWW dimulai ketika pengguna memasukkan URL halaman ke dalam peramban web atau mengikuti tautan ke halaman tersebut (input). Kemudian peramban web akan memulai serangkaian pesan komunikasi untuk mengambil dan menampilkan halaman yang diminta (output).

Peran WWW

Pada umumnya, WWW berperan sebagai sarana untuk menemukan data dan informasi secara lebih efisien dan sederhana. Namun, terdapat juga manfaat lain dari WWW, yakni:

1. Web Hosting

Untuk mengirimkan situs web ke internet, pengguna memerlukan koneksi domain website dengan web hosting yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan database. Salah satu contohnya adalah Cloud Hosting IDCoudHost.

2. Portal

World Wide Web (WWW) bisa pengguna gunakan untuk mengakses berbagai halaman web dan informasi yang sudah ada di dalamnya. Beberapa contohnya adalah platform seperti Facebook, Twitter, dan Gmail.

3. Search Engine

Internet dapat berguna untuk mencari informasi dengan menggunakan kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti Google dan Bing.

4. Web Mail

World Wide Web (WWW) untuk memberikan akses dan menyimpan pesan email bagi pengguna yang terhubung ke internet dari tempat yang tidak biasa. Beberapa contohnya adalah Gmail, Yahoo!, Hotmail, AOL Mail, dan sebagainya.

Penutup

Itulah penjelasan tentang World Wide Web. WWW biasa orang-orang sebut dengan istilah web, dan merupakan himpunan situs web yang disimpan di server dan terhubung melalui internet ke komputer di seluruh dunia.

BACA JUGA:

InternetWebWebsiteWolrd Wide WebWWW

Related Posts