InternetBerita

27 Tahun Lamanya, Microsoft Resmi Menutup Browser Internet Explorer

Seperti yang sudah diumumkan oleh Microsoft sebelumnya, browser internet Explorer tutup pada 15 Juni 2022. Dengan demikian Microsoft akan menghentikan segala dukungan untuk Internet Explorer termasuk tidak akan ada lagi fitur baru atau update, setelah 27 tahun beroperasi.

Sebenarnya kabar soal pemberhentian Internet Explorer ini sudah diumumkan oleh Microsoft beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat Microsoft Edge di Windows 10 pada 2015.

BACA JUGA:

Browser Internet Explorer Resmi Tutup

Buat kalian yang belum tau, Internet Explorer atau Microsoft Internet Explorer pertama kali diperkenalkan pada 17 Agustus 1995. Browser ini dibuat dari source code browser Mosaic buatan Spyglass Inc. Soalnya pada saat itu Microsoft membeli lisensi dari Spyglass Mosaic.

Internet Explorer Resmi Tutup
Internet Explorer Resmi Tutup | parboaboa.com

Menurut informasi yang kami dapatkan, kini Microsoft sedang mengembangkan browser baru yang bernama Microsoft Edge. Microsoft mengklaim bahwa Edge memiliki fungsi yang ada di Internet Explorer dan bisa mengatasi sejumlah masalah di Internet Explorer.

Selain itu Sean Lyndersay mengklaim bahwa Microsoft Edge lebih aman jika dipakai untuk keperluan bisnis daripada Google Chrome. Bahkan Edge juga mampu mendukung berbagai situs yang lebih modern.

Alasan Internet Explorer Tutup

Alasan Internet Explorer Tutup
Alasan Internet Explorer Tutup | exame.com

Setahun setelah Microsoft Edge meluncur, Microsoft pun menghentikan pengembangan fitur dan update untuk Internet Explorer. Meskipun banyak orang yang menganggap kalau Internet Explorer ini merupakan browser lawas.

Namun browser ini sempat pernah berada di puncak kejayaannya pada tahun 2003. Pada saat itu ada sekitar 95% pengguna internet di dunia memilih Internet Explorer sebagai browser mereka.

Tapi karena tidak bersaing dengan kompetitor lainnya, terutama pada bagian fitur dan tampilan. Jumlah pengguna Internet Explorer semakin menurut. Ditambah dengan munculnya Google Chrome, Firefox, Opera, Safari dan sebagainya. Banyak pengguna yang meninggalkan Internet Explorer dan memilih untuk pindah.

Melihat penjelasan tersebut, kita bisa tau alasan utama kenapa Internet Explorer tutup karena tidak ada pembaruan pada tampilan, tidak ada pembaruan fitur, sehingga banyak pengguna yang lebih memilih untuk pindah dan kalah saing dengan browser lain.


Demikianlah berita soal Internet Explorer tutup. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih bagaimana menurut kalian soal tutupnya browser tersebut? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts