Teknodaim

    Mau Bikin Studio Rekaman Buat Cover Lagu? Lengkapi 5 Equip Berikut

    Buat kamu yang suka berkarya di bidang musik, apalagi kalau mau jadi konten kreator di YouTube, harus punya perangkat pendukung yang cocok dengan kebutuhan. Dalam hal ini tentunya adalah peralatan Studio Rekaman. Sebelum tarik nafas mengeluarkan karakter vokal kamu dan merekamnya menggunakan kamera, tentu hasilnya akan memuaskan ketika kualitas audio yang didapat bagus. Setidaknya kamu […]

    Peralatan studio rekaman by teknodaim

    Sumber Foto | Eleconomista

    Buat kamu yang suka berkarya di bidang musik, apalagi kalau mau jadi konten kreator di YouTube, harus punya perangkat pendukung yang cocok dengan kebutuhan. Dalam hal ini tentunya adalah peralatan Studio Rekaman.

    Sebelum tarik nafas mengeluarkan karakter vokal kamu dan merekamnya menggunakan kamera, tentu hasilnya akan memuaskan ketika kualitas audio yang didapat bagus. Setidaknya kamu bisa lengkapi 3 atau 4 dari 5 hal berikut.

    5 Rekomendasi Peralatan Studio Buat Dipake Rekaman

    Untuk mendapatkan hasil atau kualitas perekaman yang baik dari segi audio dan video, pilihlah ruangan khusus yang bersih atau setidaknya ruangan kosong buat jadi dapur rekaman kamu. Oke, kita masuk ke daftar-daftar perangkatnya:

    BACA JUGA:  13 Microphone Terbaik yang Asique Buat Dipake Ngegame atau Cover Lagu di Youtube!

    1. Mikrofon

    Mau Bikin Studio Rekaman Buat Cover Lagu? Lengkapi 5 Equip Berikut
    Foto | Youtuber JFla

    Kalau kamu seorang penyanyi atau masih calon penyanyi, alat utama yang wajib kamu miliki adalah Mikrofon. Bukan untuk merekam instrumen atau musik, tapi alat ini digunakan untuk merekam kualitas suara yang dihasilkan oleh mulutmu.

    Baca Juga: 13 Rekomendasi Microphone yang Asique Cover Lagu di Youtube!


    2. Sound Card

    Kalau kamu menggunakan laptop, PC atau komputer sebagai media penyimpanan hasil rekaman audio, maka ada alat pendukung yang kamu perlukan yaitu Sound Card. Atau kamu beli saja Mikrofon yang sudah satu paket dengan alat ini.

    Atau kamu bisa menggunakan jenis Audio Interface yang lainnya seperti Amplifier, atau Kabel Konektor. Atau kalau record di ponsel, harus punya Splitter.

    Tonton: Review Sound Card Taffware V8


    3. Kabel XLR

    Mau Bikin Studio Rekaman Buat Cover Lagu? Lengkapi 5 Equip Berikut

    Kabel XLR adalah kabel yang berfungsi sebagai penghubung antara mikrofon dengan Audio Interface tadi. Kabel XLR juga menghubungkannya ke studio monitor, kabel ini biasanya sudah satu paket dengan mikrofon. Kalau tidak, ya beli terpisah.

    BACA JUGA:  Berikut Daftar Gaming Gear yang Gamers Sejati Wajib Punya!

    4. Stand Mic

    Mau Bikin Studio Rekaman Buat Cover Lagu? Lengkapi 5 Equip Berikut

    Peralatan Studio Rekaman yang dibutuhkan berikutnya adalah alat penahan mikrofon agar bisa diletakan di tempat-tempat yang tepat untuk mendekatkannya dengan mulut. Jadi penggunanya bisa bernyanyi dengan santai pada posisi itu.


    5. Hardware dan Software (Rekomendasi Peralatan Studio Opsional)

    Mau Bikin Studio Rekaman Buat Cover Lagu? Lengkapi 5 Equip Berikut

    Kemudian yang terakhir, adalah mengenai alat utama yang digunakan. Dalam pembahasan ini yang dimaksud adalah wajib mempunyai perangkat laptop, komputer atau bisa juga menggunakan ponsel saja. Ini tentunya sangat diperlukan.

    Tanpa adanya komputer atau ponsel, dan hanya punya Equip pendukung saja, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Setidaknya kamu sudah punya PC atau ponsel, meskipun spesifikasinya tergolong minim, tidak jadi masalah.

    Dan yang paling penting pula, kamu harus punya software atau program untuk mengedit hasil rekaman. Carilah software edit audio yang punya fitur untuk menipiskan Noise dan Mixing Vokal. Sekian dan semoga pembahasan ini bermanfaat.

    BACA JUGA:  Berikut Daftar Gaming Gear yang Gamers Sejati Wajib Punya!

    Unduh Audacity (Software Edit Audio Berkualitas)

    Related Posts