Banyak yang Belum Tahu, Apa sih Perbedaan RAM dan ROM?

in , , , , ,
Perbedaan ram dan rom, apa itu rom by teknodaim

Smartphone dan gadget serupa punya banyak fungsi di kehidupan, misalnya digunakan untuk belajar atau bermain game dan mencari hiburan. Maka dari itu wajib untuk paham perbedaan RAM dan ROM, apa itu RAM serta apa itu ROM.

Mengapa harus paham tentang apa beda RAM dan ROM? Karena mengerti spesifikasi adalah dasar utama yang perlu dimiliki jika ingin melakukan Upgrade atau adalah pencari gadget baru-baru dengan kualitas tinggi dan fitur yang baik.

Mengenal RAM dan Fungsinya

Random Access Memory atau RAM adalah perangkat keras atau Hardware yang digunakan smartphone tatau komputer untuk dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. RAM sangat berdampak terhadap kecepatan kinerjanya.

Pada perangkat seperti PC atau komputer, RAM punya kemampuan khusus untuk mengakses data secara acak, karena itulah data dapat ditampilkan lebih cepat. RAM menyimpan data sementara saat belum disimpan ke HDD ataupun SSD.

Sayangnya, tidak seperti Hard Disk atau Solid State Drive, RAM hanya menyimpan sebuah data sementara dan akan hilang secara otomatis saat perangkat dimatikan. RAM sendiri biasanya berwujud IC atau Integrated Circuit pada perangkat saat ini.

Penjelasannya adalah, ketika pengguna membuka sebuah program atau data maka akan terjadi pemindahan data dari Hard Disk menuju RAM.


Penjelasan lengkap dan detail mengenai RAM: Baca Disini.


Mengapa demikian? Karena data yang diambil RAM akan dapat diakses lebih mudah dibandingkan pada memori lain.

Mengakses data dari RAM tak akan memerlukan waktu lama atau Lag Time. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula data atau memori sebuah program dapat diakses.


  • Kesimpulannya: RAM adalah memori yang menyimpan data serta perintah dari program yang sifatnya sementara atau tidak tetap.

RAM adalah memori yang menyimpan data-data program yang dibutuhkan saat sebuah aplikasi berjalan atau sedang bekerja. Data yang dibutuhkan aplikasi akan dipanggil dari RAM. Sistem dan aplikasi akan merespon lancar oleh bantuan RAM.


Mengenal ROM dan Fungsinya

Poin utama pembahasan kita adalah apa perbedaan RAM dan ROM. Read-only Memory atau ROM adalah komponen memori yang bertugas untuk menyimpan berbagai program pada perangkat gadget seperti smartphone atau komputer.

  • Misalnya seperti file berupa musik, gambar dan video.

Perbedaan ROM dari RAM adalah jika perangkat dimatikan, maka data-data yang tersimpan tetap ada atau tidak akan hilang. Bahkan jika tak dialiri listrik sekalipun.

Ada baiknya untuk mendukung ROM dengan menggunakan memori eksternal seperti Memori Card pada smartphone untuk mendampingi kinerja ROM.

Maupun RAM ataupun ROM, peran keduanya sangatlah penting dan harus ada dan terus dalam keadaan baik untuk bisa terus bekerja.


Baca Juga:


Perbedaan RAM dan ROM Secara Keseluruhan

Setelah memahami masing-masing tentang apa itu RAM dan apa itu ROM, sekarang coba pahami lebih jelas dari poin utama yang sedang kita bahas:

Perbedaan Kapasitas

RAM, memiliki kapasitas mulai dari Mega Byte hingga mencapai Giga Byte dan punya kecepatan lebih tinggi dibandingkan ROM. Selain itu kapasitas pada RAM pun bisa di Upgrade, apalagi bagi pengguna PC yang butuh performa gaming baik.

Sedangkan ROM, memiliki sifat tak boleh diganti-ganti karena sudah dirancang khusus oleh dari pabrik asalnya masing-masing.

ROM juga memiliki kapasitas mencapai Giga Byte bahkan menyediakan kapasitas besar mencapai 512 GB hingga 1 TB atau Tera Byte.

Perbedaan Keamanan

Tentu kedua hardware inti antara RAM dan ROM punya perbedaan di segi keamanan. Jika data pada RAM akan langsung hilang saat sistem atau proses perangkat dimatikan, maka data pada ROM bersifat permanen dan hanya akan hilang jika pengguna sendiri yang melakukan Deleting atau menghapusnya.

Perbedaan Read dan Write

Poin berikutnya adalah perbedaan penulisan dan pengisian data. Jika RAM akan menulis dan membaca data saat perangkat sedang digunakan, maka tidak dengan ROM.

Misalnya kamu membeli smartphone dengan ROM 10 GB, yang hanya digunakan mungkin hanya sekitar 8 GB saja. Ini terjadi karena sisanya dipakai atau sudah terisi sistem data pabrikan pembuat ROM. Paham apa beda RAM dan ROM?

Perbedaan Daya yang Digunakan

Ketahuilah, penyimpanan data atau file pada ROM sifatnya tak memerlukan daya listrik seperti RAM. Data pada ROM tak akan pernah hilang meskipun tak ada daya listrik yang masuk mengaliri. Sayang, data ROM bisa rusak oleh berbagai faktor.

Perbedaan Berdasarkan Jenis

Kemudian perbedaan RAM dan ROM dari segi jenis produk. ROM memiliki jenis PROM atau Programmable Read Only Memory yang diproduksi sebagai memori kosong seperti CD-ROM. Sedangkan RAM punya berbagai jenis merk dan produk.

RAM juga dibagi menjadi dua jenis, yang umum adalah DRAM dan SPRAM. DRAM biasanya sudah tersedia satu paket dalam sistem hardware standar yang sedikit lebih lamban dibanding SRAM. Itu karena DRAM butuh refresh hingga ribuan kali.

DRAM pada dasarnya punya kecepatan 60 nanodetik, sedangkan SRAM punya kecepatan tinggi mencapai 10 nanodetik. Sudah paham kan sampai sini?


Itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan RAM dan ROM serta masing-masing pengertiannya. Hal ini dibutuhkan agar kita bisa mengenali kualitas dan spesifikasi sebuah perangkat saat memerlukan dan ingin membelinya.

Perhatikan kapasitas keduanya, jika ada keanehan yang tertera pada informasi perangkat atau detail dari produsen, maka berhati-hatilah. Semoga bermanfaat.


Referensi: Situs HP Sultan

Jangan lewatkan •
Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Kerja USB