Hardware

Chipset Exynos 7904 vs Snapdragon 660, Menang Siapa?

Seperti yang kalian ketahui, walaupun sekarang sudah mau masuk tahun 2021, masih saja banyak vendor smartphone yang menggunakan chipset lama pada smartphone terbaru mereka bukan? Kalau kita bandingkan Samsung Exynos 7904 vs Snapdragon 660, siapa jagoannya?

Melalui artikel ini, Teknodaim ingin membandingkan kedua chipset tersebut, mengapa mereka selalu saja dimasukkan pada smartphone terbaru, padahal kedua chipset itu sudah tergolong lama.

Chipset Exynos 7904 vs Snapdragon 660

Memang sih, salah satu alasan vendor smartphone menggunakan chipset Exynos 7904 dan Snapdragon 660 ke smartphone terbaru mereka karena masih memiliki performa yang bagus, namun, apa benar itu saja? Daripada penasaran terus, yuk kita cari tau apa penyebabnya di perbandingan Exynos 7904 vs Snapdragon 660 sekaligus Exynos 7904 setara dengan Snapdragon 660 apa tidak, dibawah ini!

Perbandingan Exynos 7904 Setara dengan Snapdragon 660
Perbandingan Exynos 7904 Setara dengan Snapdragon 660 | Tech Tools

CPU Exynos 7904

Exynos 7904 adalah chipset 64-bit yang dibangun pada FinFET 14 nanometer (nm) dan memiliki inti octa-core dengan build arsitektur Cortex standar. Dalam octa-core atau delapan core tersebut, chipset ini memiliki dua core Cortex-A73 dengan clock 1,8GHz yang berguna untuk pekerjaan berat, seperti bermain game.

Sedangkan untuk enam core yang tersisa adalah Cortex-A53 yang memiliki clock 1,6GHz yang biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti menelusuri internet, menelpon ataupun kegiatan yang berkaitan lainnya.

CPU Snapdragon 660

Snapdragon 660 adalah chipset 64-bit yang dibangun pada FinFET 14 nm dan memiliki inti octa-core atau delapan core. Dalam octa-core Kryo 260 tersebut, terdapat dua pekerja yang masing-masing ditenagai empat core dengan clock 2,2GHz. yaitu Cortex A-73 dan Cortex A-53.

Berbeda dengan Exynos 7904, Snapdragon 660 ini memiliki delapan core yang sama-sama bekerja untuk setiap kegiatan, seperti bermain game, render video, menelusuri internet dan kegiatan lainnya. Oleh karena itulah chipset ini sangat cocok untuk segala penggunaan.

GPU Exynos 7904

Exynos 7904 adalah chipset yang menggunakan GPU Mali0G71 MP2 dengan clock 770MHz dan mendukung berbagai teknologi, seperti OpenGL, Vulkan 1.0 API dan LS. Berkat spesifikasi tersebut, GPU ini masih sanggup dipakai untuk bermain game berat masa kini, seperti League of Legends dan sejenisnya.

GPU Snapdragon 660

Snapdragon 660 adalah chipset yang menggunakan GPU Adreno 512 GP dengan clock 850 MHz dan mendukung berbagai teknologi, seperti OpenGL, Vulkan 1.0 API dan LS. Dengan spesifikasi yang hampir sama, GPU ini dapat menyalip Mali0G71 MP2 dengan tipis berkat tambahan kecepatan sekitar 80MHz.

Kualitas Kamera Exynos 7904 vs Snapdragon 660

Ilustrasi Modul Kamera
Ilustrasi Modul Kamera | Grid.ID

Exynos 7904 bisa menggunakan satu modul kamera beresolusi 32MP, dua modul kamera beresolusi 16MP dan 3 modul kamera yang tidak diketahui resolusinya. Sebenarnya chipset ini lebih bagus menggunakan satu modul kamera saja, karena dia memiliki berbagai macam fitur kamera yang bagus daripada harus menggunakan dua atau tiga kamera yang hanya mengurangi performanya saja.

Selain fitur diatas, terdapat juga fitur yang bernama Pengola Sinyal Gambar (ISP) yang dapat membuat kita untuk menangkap beberapa gambar dengan sangat jelas dan tajam. Tidak hanya itu saja, chipset ini juga memiliki modul yang akan otomatis menyesuaikan tampilan kamera ketika terlalu gelap maupun terang.

Chipset ini juga sudah memiliki fitur ultra-wide yang membuat kita dapat menangkap beberapa foto dengan kualitas panorama yang memanjakan mata.

Snapdragon 660 tidak bisa menggunakan tiga modul kamera sekaligus, tapi bisa menggunakan dua kamera sekaligus dengan resolusi di bawah 25MP tanpa mengurangi performa dari satu-pun kameranya. Terlebih lagi, chipset ini juga sudah mempunyai teknologi Spectra 160 Camera ISP, namun hanya dapat digunakan dalam smartphone yang menggunakan dua kamera.

Selain fitur di atas, Snapdragon 660 ini juga memiliki berbagai macam fitur pada kamera utamanya, seperti zoom optik, slow-motion, no-stutter dan fokus otomatis. Karena spesifikasi kamera yang kurang memuaskan ini, kualitas kamera dari chipset Qualcomm ini kalah dengan Exynos 7904.

Kesimpulan Exynos 7904 vs Snapdragon 660

Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan, pemenang dari perbandingan Exynos 7904 setara dengan Snapdragon 660 ini adalah Snapdragon 660. Mengapa? Soalnya chipset besutan dari Qualcomm ini memiliki performa yang bagus dalam hal apa-pun, seperti kekuatan CPU, GPU dan sektor yang masih erat dengan hardware lainnya.

Namun sayangnya, memang kamera dari chipset ini kalah dengan Exynos 7904, namun kalahnya tidak terlalu jauh kok, hanya sekitar 3-5 persen saja. Oleh karena ini dan hal tadilah Snapdragon 660 ini menang.

Sebelum mengambil keputusan untuk membeli apa, ada baiknya kita bertanya-tanya soal Exynos 7904 setara dengan Snapdragon 660 apa tidak ini, maupun itu dari segi harga atau hal penting lainnya oke!

Snapdragon WIN by Qualcomm
Snapdragon WIN by Qualcomm | Teknodaim

Jika ada yang ingin kalian tanyakan terkait pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk mengatakannya lewat kolom komentar ya!. Oh iya, bagi kalian yang ingin melihat perbandingan Exynos 7904 vs Snapdragon 660 yang sangat spesifik, kalian bisa melihatnya melalui link ini.

Related Posts