Mengenal SSHD, Inovasi Baru Gabungan dari SSD dan HDD

in , ,
Mengenal apa itu sshd, kelebihan sshd dan apakah lebih bagus sshd atau ssd by teknodaim

Selain Hard Disk dan Solid-state Drive, ada perangkat penyimpanan yang bernama SSHD atau Solid State Hybrid Drives. Apa itu SSHD, kelebihan SSHD dan apakah lebih bagus SSHD atau SSD? Silahkan simak pembahasan berikut dengan seksama.

SSHD Adalah Terobosan Baru

SSHD adalah singkatan dari Solid State Hybrid Drives, yaitu teknologi perangkat penyimpanan jenis baru yang diciptakan dari gabungan HDD dan SSD menjadi satu perangkat yang mengusung kedua unsur perangkat tersebut masing-masing.

Jadi apa yang didapat dan apa yang baru? Yap, tentu saja keduanya. Transfer rate atau kecepatan mengolah data jadi sekelas SSD, dan harga per kapasitasnya jadi hampir setara dengan harga HDD. Yang didapat adalah Efisiensi dan Worth It tentunya.

Untuk kalian penggiat perangkat murah meriah, coba SSHD saja. Dengan Hardware yang satu ini, pengalaman menggunakan komputer akan hampir setara dengan SSD. Proses Booting dan pembacaan data yang didapat tentunya juga nyaris setara.


Baca Juga:


Lebih Bagus SSHD atau SSD?

Hingga saat ini, komponen atau perangkat penyimpanan SSHD sudah menyediakan untuk versi berkapasitas 4 TB. Untuk varian terendah, ada SSHD berkapasitas 1 TB yang di bandrol dengan harga sekitar 700.000 hingga 1 Juta Rupiah keatas.

Mengenal apa itu sshd kelebihan sshd dan apakah lebih bagus sshd atau ssd by teknodaim 2
Gambar: SSHD Adalah Kombinasi Teknologi SSD dan HDD

Meskipun SSHD adalah inovasi atau kombinasi dari HDD plus SSD, bukan berarti performanya secara keseluruhan sama dengan SSD. Bisa dibilang, keduanya terpaut beda satu kelas. Tapi yang terpenting adalah harganya yang bersahabat.

SSHD dengan kapasitas 1 TB seharga Sejuta, hingga bisa dijumpai pada kisaran harga 800.000-an tentu menjadi kelebihan SSHD tersendiri yang membuatnya patut dipertimbangkan. SSHD adalah salah satu jenis penyimpanan terbaik saat ini.


Itulah tadi pembahasan singkat namun jelas mengenai apa itu SSHD, fungsi dan apa bedanya dengan dua perangkat penyimpanan generasi sebelumnya. Jika ada tanggapan yang ingin kamu sampaikan, tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Pengertian CMD, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Windows

Tinggalkan Balasan