Apple Beri Izin Aplikasi Emulator Game Retro di App Store untuk Pertama Kalinya

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Apple kini memperbolehkan aplikasi emulator game lawas untuk diunduh melalui App Store. Ini adalah kali pertama Apple mengizinkan jenis aplikasi ini

Apple telah melonggarkan peraturan di App Store dan memperbolehkan aplikasi yang dapat menjalankan berbagai game konsol atau kita kenal sebagai emulator, untuk dapat didistribusikan dan tersedia di App Store untuk pertama kalinya.

Emulator adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat lain untuk menjalankan game yang seharusnya hanya dapat dijalankan di konsol tertentu.

Sebelumnya, Apple melarang aplikasi emulator di App Store. Bahkan, pengguna iPhone harus melakukan jailbreak pada perangkat mereka jika ingin menginstal aplikasi emulator di HP mereka.

Baca Juga:

Aturan Baru App Store untuk Aplikasi Emulator Game

Apple Beri Izin Aplikasi Emulator Game Retro di App Store untuk Pertama Kalinya

Apple telah mengeluarkan aturan baru untuk App Store. Menurut aturan tersebut, Apple hanya mengizinkan aplikasi emulator game untuk game-game retro atau lawas.

BACA JUGA:  Daftar Fitur Tersembunyi di iPhone yang Wajib Diketahui dan Dicoba

Game retro yang Apple izinkan tidak mereka jelaskan secara rinci. Kemungkinan besar, beberapa emulator retro yang populer di ponsel Android, seperti GBA Emulator, PPSSSPP, Dolphin, DraStic, dan sejenisnya akan bisa pengguna mainkan secara resmi di iPhone di masa depan.

Walaupun mendapatkan izin, Apple menyatakan bahwa pengembang emulator game retro harus bertanggung jawab atas semua isi yang aplikasi yang mereka buat.

Baca Juga: Rekomendasi Game PPSSPP Ukuran Kecil dan Pastinya Ringan

Menurut Apple, para pengembang emulator game retro harus bertanggung jawab penuh atas semua konten yang mereka tawarkan. Mereka juga harus memastikan bahwa konten-konten tersebut sesuai dengan hukum dan tidak melanggar aturan yang berlaku. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, game retro tersebut dapat dihapus dari App Store.

Apple sekarang meminta bahwa semua aplikasi serba ada, yang juga termasuk aplikasi emulator, harus menggunakan kode HTML5 jika ingin menyertakan game di dalamnya.

BACA JUGA:  Xiaomi Ikut Jual Charger Untuk iPhone 12

Tujuan dari ini adalah untuk menegaskan bahwa aplikasi super apps tidak menyertakan game “besar” di dalamnya. Menurut Apple, game yang dianggap besar harus berdiri sebagai aplikasi sendiri.

Apple tidak menjelaskan mengapa mereka mengubah kebijakan App Store terkait dengan emulator game retro dan game berkode HTML5 di super aplikasi mereka.

Namun, kabarnya ini disebabkan oleh tekanan dari regulator-regulator, terutama di Uni Eropa, kepada Apple untuk membuat App Store lebih terbuka dan transparan. Ini seperti kutipan dari TheVerge.

Baca Juga:

App StoreAppleGame Emulator

Related Posts