Remaja Amerika Serikat Menilai HP Android Itu Untuk Orang Tua

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Sebagian besar remaja di Amerika Serikat (AS) menganggap HP Android untuk orang tua hingga mengatakan Android perangkat yang

Hp Android Untuk Orang Tua Lebih Cocok

Hp Android Untuk Orang Tua Lebih Cocok

Sebagian besar remaja di Amerika Serikat (AS) menganggap HP Android untuk orang tua hingga mengatakan Android perangkat yang ketinggalan zaman atau “jadul”. Ini adalah kesimpulan dari laporan yang dikumpulkan Wall Street Journal.

Seorang remaja yang menjadi kreator konten bernama Abdoul Chamberlain mengungkapkan dalam salah satu kontennya bahwa orang yang menggunakan Android kemungkinan besar sudah cukup tua, minimal berusia 50 tahun.

“Kamu bicara kepadaku pada tahun 2023 dan masih punya ‘Droid? Kamu mungkin udah berumur sekitar 50 tahun,” kata Chamberlain.

Untuk diketahui, merek ‘Droid digunakan oleh Motorola untuk ponsel Android pertama mereka yang diluncurkan pada tahun 2009. Pada saat itu, ponsel ini dianggap sebagai pesaing pertama iPhone di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga:

Remaja AS Mengatakan HP Android Untuk Orang Tua

Remaja Amerika Serikat Menilai HP Android Itu Untuk Orang Tua
Hp Android Untuk Orang Tua

Kembali pada video Chamberlain, remaja berusia 20 tahun tersebut juga mengungkapkan pendapat bahwa HP Android untuk orang tua. Meskipun smartphone Android memiliki kamera yang lebih baik dan tahan lama dibandingkan iPhone, Chamberlain dengan sombong menyatakan bahwa ia tidak akan beralih ke Android.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Aplikasi Cheat Mobile Legends 2022

Pada sekolah menengah di Amerika Serikat, juga terjadi stereotip mengenai pengguna Android. Di sana, siswa lain suka melecehkan dan menyebut mereka yang menggunakan Android sebagai orang yang tidak punya uang atau ketinggalan zaman.

Menurut perusahaan analisis lalu lintas web StatCounter, penggunaan sistem operasi iOS di Amerika Serikat lebih tinggi daripada Android dengan perbedaan 57 persen-42 persen.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 7.100 remaja di Amerika Serikat tahun lalu juga mengungkapkan bahwa 87 persen dari mereka memiliki iPhone. Selain itu, 87 persen remaja juga menyatakan niat untuk membeli iPhone baru ketika mereka harus mengganti ponsel.

Para Anak Muda Lebih Suka iPhone

Pilihan para remaja di Amerika Serikat mengenai iPhone daripada Android sebenarnya bukan hal yang baru. Laporan dari FInancialTimes yang diterbitkan bulan Februari yang lalu menunjukkan bahwa 34 persen dari pengguna iPhone di AS adalah generasi Z atau mereka yang lahir pada tahun 1996 atau setelahnya.

BACA JUGA:  5 Jenis Chipset yang Biasa Digunakan Pada Smartphone

Sebagai perbandingan, hanya sekitar 10 persen Gen Z yang menggunakan ponsel Samsung di Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh FinancialTimes, yang dikutip oleh KompasTekno pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023, diketahui bahwa banyak pengguna Generasi Z di Amerika Serikat yang menggunakan iPhone karena adanya faktor sosial. Di sana, anak-anak muda dianggap sebagai orang yang ketinggalan jaman jika mereka tidak memiliki iPhone.

Sebenarnya, bagi pengguna ponsel Android dalam suatu grup percakapan iMessage, akan terlihat bahwa mereka menggunakan ponsel Android ketika mengirim pesan dalam grup tersebut.

Karena itu, pesan yang dikirim dengan latar belakang warna akan berwarna hijau (gelembung hijau). Namun, pesan dari pengguna iPhone dalam grup iMessage akan berwarna biru (gelembung biru).

Aplikasi iMessage hanya bisa digunakan di perangkat Apple. Aplikasi ini menggunakan internet saat pengguna iMessage saling berkomunikasi, seperti WhatsApp.

Tetapi, jika pengguna iMessage mengirim pesan kepada pengguna Android atau sebaliknya, pesan tersebut akan diubah menjadi SMS.

Yah, yang bisa menunjukkan bahwa pesan di iMessage adalah SMS adalah warna latar belakangnya. Jadi, orang-orang Gen Z mungkin akan tergoda untuk membeli iPhone hanya untuk terlihat keren dan menghindari tekanan sosial di dalam grup mereka.

BACA JUGA:  6 Cara Mengaktifkan Layanan Google Play Store Yang Nonaktif

Banyak Pengguna HP Android Hijrah ke iPhone

Ternyata bukan alasan HP Android untuk orang tua saja, tetapi orang yang senang menggunakan iPhone, orang yang menggunakan Android justru beralih ke ponsel Apple.

Dalam laporan keuangan Apple pada kuartal II-2023, penjualan iPhone berhasil menyumbangkan sejumlah 51,3 miliar dolar AS (sekitar 766,2 triliun rupiah) untuk total pendapatan perusahaan.

Pendapatan Apple mencapai angka tertinggi yang pernah ada, menunjukkan peningkatan kinerja iPhone di pasar smartphone. Kesuksesan ini sebagian besar karena banyak pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Hasil penelitian yang dilakukan Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna Android yang beralih ke iPhone dalam lima tahun terakhir.

Menurut CRIP, sekitar 15 persen orang yang membeli iPhone dalam setahun terakhir sebelumnya menggunakan Android. Jika dibandingkan dengan periode lima tahun sebelumnya, persentase orang yang beralih dari Android ke iPhone belum pernah mencapai 15 persen sejak tahun 2018.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang anggapan remaja AS HP iPhone untuk orang tua dirasa lebih cocok. Ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik seputar gadget lainnya.

AndroidAppleSmartphone

Related Posts