Teknodaim

    Kenalan dengan ZeroCleare, Malware Gila yang Bisa Kuras Data Perusahaan

    Setelah Rasomware, IBM yang merupakan peneliti keamanan menemukan malware baru yang dirancang khusus untuk melumpuhkan perusahaan. Dalam hal ini bahkan menghapus data vital yang ada di perusahaan, namanya ZeroCleare. Malware tersebut merupakan virus berbahaya yang dinamai demikian oleh tim X-Force milik IBM sendiri. Virus itu dibuat dan dikembangkan oleh hacker binaan pemerintah Iran dan dioperasikan […]

    Zerocleare by teknodaim

    Zerocleare by teknodaim BACA JUGA:  Data Akun Pengguna Spotify dibobol Hacker, Begini Kronologinya!

    Setelah Rasomware, IBM yang merupakan peneliti keamanan menemukan malware baru yang dirancang khusus untuk melumpuhkan perusahaan. Dalam hal ini bahkan menghapus data vital yang ada di perusahaan, namanya ZeroCleare.

    Malware tersebut merupakan virus berbahaya yang dinamai demikian oleh tim X-Force milik IBM sendiri. Virus itu dibuat dan dikembangkan oleh hacker binaan pemerintah Iran dan dioperasikan untuk menyerang perusahaan migas di Timur Tengah.

    Malware yang Bisa Kuras Data Perusahaan

    Meskipun nama dan tujuan malware tersebut diungkap, sayangnya IBM tidak menyebutkan virus super berbahaya itu sudah menyerang perusahaan mana saja. Mereka lebih berfokus untuk menganalisa ZeroCleare si ganas pemangsa data.

    IBM menuangkan data-data hasil penelitian dalam laporan berbentuk PDF sebanyak 28 halaman. Mereka Menyebut si malware punya banyak kemiripan dengan Shamoon, malware lain yang pernah menghapus isi hardisk ribuan komputer perusahaan minyak Saudi Aramco.

    Kenalan dengan ZeroCleare, Malware Gila yang Bisa Kuras Data Perusahaan
    Foto Ilustrasi | The Hacker News

    Tim IBM juga menduga kalau pihak terkait dengan pemerintahan Iran yang terlibat dalam pembuatan malware baru ini juga merupakan bagian dari Shamoon. Serangan malware ini pun menurut IBM berbeda dengan serangan pada umumnya.

    BACA JUGA:  Duh, Ada Celah di Bluetooth yang Bisa Disusupi Hacker?

    Dimana biasanya serangan hanya dilakukan oleh satu grup, namun serangan siber tersebut adalah hasil kolaborasi dari dua grup hacker utama binaan pemerintah Iran. ZeroCleare dikatakan IBM dibuat oleh grup xHunt (Hive0081) dan APT34.


    Tujuan Pengoperasian

    ZeroCleare sendiri termasuk ke dalam malware yang didesain untuk menghapus data sebanyak mungkin dari korbannya. Kemungkinan malware ini digunakan untuk menyamarkan pembobolan jaringan tertentu dengan menghapus bukti-bukti forensik.

    Atau, digunakan untuk mengganggu, atau bahkan mematikan, operasi sebuah perusahaan dengan menghapus data-data penting mereka. Malware terbaru ini juga ditemukan punya 2 versi khusus, 1 untuk sistem 32 bit dan juga buat sistem 64 bit.

    Jangankan komputer yang tidak menggunakan keamanan dan antivirus, komputer atau perangkat yang sudah dilengkapi keamanan tingkat tinggi saja bisa diretas. Jadi sebagai pengguna yang bijak, berhati-hatilah dalam menggunakan aplikasi tak dikenal atau mengakses sesuatu yang tidak dikenal.

    BACA JUGA:  Perang Cyber Terjadi, Hacker Iran Lakukan Ini ke Situs Pemerintah AS

    Sumber: Detik Inet

    HackerMalwareZeroCleare

    In This Article

    Related Posts