XL Axiata Siapkan Jaringan 5G untuk IKN Nusantara sebagai Kota Pintar

Dan

Dan

Selain 4G, XL Axiata juga akan menyiapkan jaringan seluler 5G di IKN Nusantara. Kemungkinan besar kota ini akan dijadikan sebagai kota pintar. Lumayan menarik.

Xl Axiata Siapkan Jaringan 5g Untuk Ikn Nusantara Sebagai Kota Pintar

XL Axiata Siapkan Jaringan 5G untuk IKN Nusantara sebagai Kota Pintar | XL AXIATA

Selain menyediakan jaringan 4G, operator seluler XL Axiata juga akan menyediakan jaringan 5G di (Ibu Kota Negara) IKN Nusantara.

XL Axiata sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung untuk mengembangkan IKN Nusantara. IKN Nusantara ini akan menjadi pusat pemerintahan dan juga kota pintar.

I Gede Darmayusa, Direktur dan Chief Technology Officer dari XL Axiata, menyatakan bahwa semua perangkat yang dimiliki oleh XL Axiata saat ini sudah siap untuk 5G. Jadi, jika jaringan seluler generasi kelima diperlukan, hanya perlu melakukan perubahan.

XL Axiata Siapkan Jaringan 5G untuk IKN Nusantara sebagai Kota Pintar
XL Axiata 5G | XL

Menurut Gede, di Balikpapan, Kalimantan Timur, semua perangkat yang mereka bangun saat ini sudah siap untuk 5G, termasuk antena. Antena yang digunakan sekarang sudah sesuai dengan spektrum yang ada. Jika nanti ada spektrum baru untuk 5G, mereka hanya perlu menambahkan satu antena dan satu radio, maka perangkat tersebut sudah bisa digunakan untuk 5G. Baseband-nya sendiri juga sudah siap untuk 5G.

BACA JUGA:  Mengenal Bug, Istilah dari Komputer yang Kini Populer Juga di Game

Dalam beberapa tahun terakhir, XL Axiata telah fokus membangun jaringan inti melalui kabel serat optik di Pulau Kalimantan.

IKN Nusantara Dijadikan sebagai Kota Pintar?

Sampai sekarang, XL Axiata sudah mempunyai lebih dari 9.500 km jaringan kabel serat optik yang telah melewati beberapa provinsi di Kalimantan, yakni Barat, Selatan, Utara, dan Timur. Salah satunya, sepanjang sekitar lima kilometer jaringan kabel serat optik XL Axiata telah melintasi wilayah IKN Nusantara.

XL Axiata Siapkan Jaringan 5G untuk IKN Nusantara sebagai Kota Pintar
IKN Nusantara Dijadikan sebagai Kota Pintar? | Kompas

Perusahaan operator seluler melakukan peningkatan jaringan dengan menggunakan fiber optik di seluruh wilayah Kalimantan. Berdasarkan data terbaru, 45% dari seluruh BTS di wilayah tersebut sudah menggunakan teknologi fiber optik.

Menurut Gede, upaya modernisasi jaringan dilakukan dengan menghubungkan BTS ke jalur fiber. Proyek fiberisasi jaringan diterapkan di semua BTS XL Axiata, termasuk yang ada di Kalimantan.

Proses fiberisasi dilakukan untuk memperbarui perangkat BTS dengan mengganti perangkat microwave dengan perangkat fiber. Fiberisasi ini juga merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut jaringan 5G yang akan datang.

BACA JUGA:  Kumpulan Doodle Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Sampai yang ke-74 Oleh Google

Baca juga: Inilah Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz! 

Ini adalah langkah yang baik dari XL Axiata, mengingat sekarang orang-orang sedang gila dengan yang namanya ‘5G’. Terlebih lagi di tahun 2023 ini kebutuhan internet cepat memang sangat penting, namun kestabilan jauh lebih penting.

Jadi, mengingat 5G adalah jaringan seluler yang bisa terbilang lumayan baru di Indonesia, tidak bisa dijamin kestabilannya lebih baik dibandingkan 4G dan 4,5G.

4G5GIndonesiaXL Axiata

Related Posts