Jadi Sasaran Aksi Brutal Hacker, WhatsApp Rilis Fitur Ini!

in , ,
Whatsapp rilis fitur sidik jari by teknodaim.

Beberapa waktu lalu, hal tidak mengenakan harus dialami oleh para pengguna Whatsapp. Pasalnya jejaring sosial tersebut sempat diserang secara brutal oleh para pelaku Cybercrime. Sebagai solusinya, kini WhatsApp rilis fitur Sidik Jari.

Salah satu korban dari tindak kejahatan tersebut adalah Faustin Rukundo, yang mengalami pencurian berkas dan data dari ponselnya. Bahkan ternyata ponselnya berhasil disusupi alat yang sudah memata-matainya untuk waktu yang cukup lama.

WhatsApp di Hack?

Bahkan peretasan tersebut juga dialami oleh berbagai pejabat dari 20 negara. Berdasarkan lansiran dari Detik Inet, sejak 29 April hingga 10 Mei 2019, serangan itu menyasar sedikitnya 1.400 User WhatsApp. Total korban bisa jadi lebih tinggi.

WhatsApp rilis fitur Sidik Jari secara resmi untuk mengamankan chat-chat para pengguna dari tangan para pelaku tindak kriminal. Fitur tersebut diberi nama Fingerprint Lock, dimana fungsinya sama seperti fitur sidik jari di HP Android.

Whatsapp rilis fitur sidik jari by teknodaim.
Fitur Sidik Jari | Detik Inet

Selain itu, tersedia juga fitur keamanan yang bernama Touch ID dan Face ID untuk perangkat berbasis iOS. Untuk dapat dan bisa mencoba fitur sidik jari di Android yang dimaksud tadi, pengguna wajib terlebih dahulu melakukan Update aplikasi WA.

Untuk mengaktifkan fitur Sidik Jari di Whatsapp, berikut langkahnya:

  • Pilih Setelan (Settings), pilih menu Akun (Accounts)
  • Kemudian pilih Privasi (Privacy)
  • Aktifkan Kunci Sidik Jari (Fingerprint Lock). Namun fitur ini hanya Support untuk ponsel yang sudah kompitabel akan fitur Sidik Jari.

Meskipun pengguna sudah mengaktifkan fitur ini dan ponsel dalam keadaan terkunci, pengguna tetap bisa menerima panggilan video atau telepon di Whatsapp.


Apakah kamu termasuk salah satu korban yang mengalami peretasan atau aksi Cybercrime seperti yang sedang marak sekarang? Kasih tau kita di kolom komentar.

What do you think?