BeritaInternet

Ukraina Minta Supaya Internet Rusia Diblokir, Begini Tanggapan ICANN

Setelah invasi Rusia ke Ukraina beberapa waktu yang lalu, pemerintah Rusia meminta supaya internet Rusia diblokir dari dunia. Namun sayangnya permintaan tersebut resmi ditolak, jadi kali ini kita akan membahas soal Ukraina minta internet Rusia diblokir dan begini jawab dari ICANN.

Buat kalian yang belum tau, ICANN merupakan badan regulator internet dunia, yang salah satu tugasnya adalah mengatur Top Level Domain (TLD) atau nama domain top level dari situs internet di seluruh dunia, termasuk Rusia.

Ukraina Minta Internet Rusia Diblokir

Awalnya permintaan tersebut diajukan oleh Andrii Nabok, perwakilan Ukraina di ICANN, dan Mykhailo Fedorov, Wakil Perdana Menteri di Kementerian Transformasi Digital Ukraina kepada The Internet Corporation for Assigned Named and Numbers.

Ukraina Minta ICANN Mencabut Tiga TLD Rusia

Ukraina Minta Internet Rusia Diblokir
Ukraina Minta Icann Mencabut Tiga Tld Rusia | republika.co.id

Pada tanggal 28 Februari 2022 kemarin, Nabok dan Fedorov mengirim surat kepada ICANN yang berisi permintaan untuk mencabut tiga TLD Rusia, yaitu:

  • ru = untuk website individu dan bisnis Rusia, serta perusahaan internasional memiliki konsumen Rusia.
  • .?? = untuk website Federasi Rusia
  • .su = untuk website institusi dan perusahaan Soviet yang beroperasi di Uni Soviet (Soviet Union/SU). Meski SU sudah dibubarkan, TLD .su masih digunakan.

Nah dalam surat tersebut, pemerintah Ukraina mengatakan bahwa Rusia menggunakan situs web-nya sebagai mesin propaganda, yakni untuk menyebarkan disinformasi, ujaran kebencian, mempromosikan kekerasan, serta menyembunyikan kebenaran mengenai perang di Ukraina.

Di sisi lain, akses internet Ukraina terganggu selama invasi berlangsung. Pasalnya beberapa layanan internet Ukraina tumbang akibat serangan militer Rusia. Tidak hanya TLD saja, tapi pemerintah Ukraina meminta SSL dari tiga TLD Rusia itu untuk ikut dicabut.

Begini Tanggapan ICANN

Tanggapan Icann
Tanggapan Icann | ni.linkedin.com

Tiga hari setelah mengirim surat, tepatnya pada tanggal 3 Maret 2022. ICANN, resmi menolak permintaan dari pemerintah Ukraina. Itu artinya tiga top level domain Rusia tidak akan dicabut sehingga, tetapi bisa mengakses website seperti biasanya.

Alasan kenapa ICANN menolak permintaan Ukraina, karena mencabut TLD dari suatu negara tidak termasuk dalam lingkup misi ICANN. Selain itu, hal tersebut juga dinilai bukan langkah yang tepat untuk dilakukan.


Demikianlah berita soal Ukraina minta internet Rusia diblokir. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih bagaimana menurut kalian soal permintaan Ukraina dan tanggapan dari ICANN? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

Related Posts