9 Skill Bidang AI yang Paling Dicari Saat Ini dan Perlu Kamu Persiapkan

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Sudah tahu belum apa-apa saja skill bidang AI yang paling dicari saat ini? Yuk simak sampai habis ulasan berikut ini.

Skill Bidang Ai Yang Paling Dicari

Skill Bidang Ai Yang Paling Dicari

Pada tahun 2023 ini, pembicaraan paling populer di dunia teknologi adalah tentang kecerdasan buatan generatif (Artificial Intelligence/AI generative). Lalu sudah tahu belum apa-apa saja skill bidang AI yang paling dicari saat ini? Yuk simak sampai habis ulasan berikut ini.

Ini juga menciptakan banyak pekerjaan baru dalam bidang kecerdasan buatan. Bahkan, laporan menunjukkan bahwa jumlah lowongan pekerjaan terkait kecerdasan buatan meningkat lebih dari 1.000 persen pada kuartal kedua tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Paling tidak itulah keadaan yang terjadi di pasar kerja global di Upwork, sebuah platform terkenal untuk pekerja lepas.

Baca Juga:

BACA JUGA:  Apple Siap Rilis AI Sendiri, Mengikuti Jejak Microsoft

Dengan adanya fenomena ledakan AI yang menghasilkan kreativitas, ini membuka peluang pekerjaan baru di pasar kerja. Contohnya, terdapat peran-peran seperti insinyur Deep learning, pengembang chatbot AI, engineer prompt, anotator data, seniman di situs AI generatif Stable Diffusion dan Dall-E, spesialis OpenAI Codex, ahli etika AI, dan masih banyak lagi.

Selain itu, situasi booming AI ini juga menyebabkan perusahaan-perusahaan merekrut banyak tenaga kerja baru untuk mengembangkan AI.

Berdasarkan penelitian dari Upwork, hampir separuh dari manajer perekrutan berencana untuk merekrut lebih banyak pekerja lepas dan karyawan penuh waktu untuk mengatasi permintaan yang semakin meningkat terhadap pekerjaan kreatif yang menggunakan kecerdasan buatan (AI).

10 Skill Bidang AI yang Paling Dicari

9 Skill Bidang AI yang Paling Dicari Saat Ini dan Perlu Kamu Persiapkan
Skill Bidang Ai Yang Dibutuhkan Saat Ini

Ilustrasi kecerdasan buatan (AI) atau kecerdasan buatan, ghost workForum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) juga telah melaporkan penelitian tentang kecerdasan buatan dan dunia kerja. Menurut laporan penelitian yang berjudul Laporan Masa Depan Pekerjaan 2023, pada tahun 2027, kehadiran AI akan menciptakan 2,6 juta pekerjaan baru.

BACA JUGA:  Gaabor Vacuum Cleaner, si Penyedot Debu yang Canggih

Dalam penelitian itu, terdapat sepuluh pekerjaan/keterampilan yang paling diminati dan diperlukan sejalan dengan popularitas teknologi AI, sebagai berikut:

  1. Spesialis AI dan machine learning
  2. Spesialis sustainability (keberlanjutan)
  3. Analis intelijen bisnis
  4. Analis keamanan informasi
  5. Engineer fintech Ilmuwan dan analis data
  6. Engineer robotika
  7. Engineer elektroteknologi
  8. Operator peralatan pertanian
  9. Spesialis transformasi digital

Berdasarkan laporan Future of Jobs Report 2023, pekerjaan yang paling menonjol di era kecerdasan buatan meliputi spesialis kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin, ilmuwan dan analis data, serta spesialis transformasi digital.

Diperkirakan bahwa jumlah orang yang memiliki skill bidang AI dan machine learning akan meningkat sebesar 40 persen pada tahun 2027. Selain itu, kebutuhan untuk peran-peran seperti analis data atau spesialis data juga akan meningkat sebesar 30-35 persen, dan permintaan akan analis keamanan informasi meningkat sebesar 31 persen.

BACA JUGA:  Google Mengembangkan Asisten AI, Konon Akurasinya Tinggi!

Tetapi, di sisi lain, ada pekerjaan yang semakin sedikit dibutuhkan, bahkan terancam punah akibat digantikan oleh AI. Beberapa di antaranya adalah pekerjaan administratif, kasir, penjaga tiket, input data, akuntansi, staf pembukuan dan penggajian, serta sekretaris.


Itulah 9 skill bidang AI yang bisa kamu pelajari untuk mengisi pekerjaan yang dibutuhkan nantinya. Ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik seputar tips dan trik lainnya.

AIRobotTeknologi

Related Posts