Teknodaim

    Data Pengguna ShopBack dan RedDoorz Dibobol?

    Setelah Tokopedia, kini situs online shop ShopBack dan RedDoorz juga mengalami kasus serupa. Laporan resmi mengenai data ShopBack yang bobol diumumkan kepada seluruh penggunanya melalui email. Dua pihak tersebut mengaku menemukan akses ilegal yang terjadi pada sistem pemuat data para penggunanya. Kasus tersebut terjadi beberapa hari yang lalu dan tidak ada jejak atau informasi mengenai […]

    Online Shop Shopback Bobol

    ShopBack | Recode.id

    Setelah Tokopedia, kini situs online shop ShopBack dan RedDoorz juga mengalami kasus serupa. Laporan resmi mengenai data ShopBack yang bobol diumumkan kepada seluruh penggunanya melalui email. Dua pihak tersebut mengaku menemukan akses ilegal yang terjadi pada sistem pemuat data para penggunanya.

    Kasus tersebut terjadi beberapa hari yang lalu dan tidak ada jejak atau informasi mengenai petunjuk data pribadi pelaku sedikitpun. Namun, hingga saat ini belum ada sama sekali informasi mengenai data pengguna yang pelaku salah gunakan. Apa sajakah data yang kebobolan? Simak berikut ini.

    Data Apa aja yang Bocor?

    Tentu bocoran data menjadi sesuatu yang sangat penting sekaligus merugikan karena dapat memberikan dampak dan pengaruh buruk pada pengguna maupun pihak yang menyediakan layanan. Berikut beberapa informasi mengenai data yang mengalami pembobolan.

    Data pada Situs ShopBack yang Bobol

    Pihak Shopback dapat memastikan kalau data password tetap aman dan masih dalam perlindungan enkripsi. Walaupun demikian, ShopBack tetap menyarankan pengguna aplikasinya agar mengganti password supaya lebih aman. Untuk saat ini belum ada pergerakan lebih lanjut dari pelaku yang telah berhasil bobol data ShopBack tersebut.

    Data Pengguna ShopBack dan RedDoorz Dibobol?
    Pemberitahuan resmi dari pihak ShopBack

    Operasi dari Online Shop tersebut juga tidak terlalu terpengaruh, sehingga pengguna masih bisa memakai aplikasi ini untuk berbelanja dengan akun mereka. Selain negara Indonesia ShopBack juga tersedia pada 6 negara lainnya meliputi Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Taiwan dan Australia.

    BACA JUGA:  Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop untuk Produk yang Sudah di Beli

    Kebocoran Data pada RedDoorz

    Sementara itu, platform RedDoorz juga mengirimkan pemberitahuan kepada penggunanya melalui email. RedDoorz memberitahukan bahwa ada akses ilegal yang masuk ke dalam sistem yang melibatkan data pengguna pada awal September.

    Pelaku yang memasuki sistem RedDoorz telah mengetahui data nama pelanggan, nomor ponsel, alamat dan rincian pembelian. Sedangkan untuk kartu kredit dan password tetap berada dalam kondisi yang aman. Namun tetap disarankan untuk mengganti password akun agar lebih aman.

    Pihak RedDoorz dan ShopBack yang kena bobol juga telah mengambil langkah penyelidikan terhadap pelaku yang sukses menyelinap ke dalam sistem mereka.


    Buat kamu yang menggunakan dua platform tersebut silahkan berhati-hati, mungkin pelaku sudah mencuri semua data pribadimu. Bagi kamu yang sudah pernah mengalami hal serupa demikian, mungkin bisa kamu share pengalaman pada kolom komentar.

    BACA JUGA:  Situs Untuk Cek Apakah Email Kamu Diretas atau Tidak

    Sumber: Kompas Tekno, Antar News

    RedDoorzShopbackTokopedia

    In This Article

    Related Posts