Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 888, Raja Baru di Smartphone?

Dan

Dan

Baru-baru ini, terdapat kabar yang mengatakan bahwa salah satu perusahaan pembuat chipset terbesar di dunia, yaitu Qualcomm telah resmi mengumumkan chipset terbaru mereka, yaitu chipset Snapdragon 888 pada acara yang bertajuk “Tech Summit” dan diadakan pada tanggal 1 Desember lalu. Pasti kalian bertanya-tanya bukan, mengapa Qualcomm membuat chipset terbaru mereka ini dengan nama chipset Snapdragon […]

Qualcomm Snapdragon 888

Qualcomm Snapdragon 888 | 9to5Google

Baru-baru ini, terdapat kabar yang mengatakan bahwa salah satu perusahaan pembuat chipset terbesar di dunia, yaitu Qualcomm telah resmi mengumumkan chipset terbaru mereka, yaitu chipset Snapdragon 888 pada acara yang bertajuk “Tech Summit” dan diadakan pada tanggal 1 Desember lalu.

Pasti kalian bertanya-tanya bukan, mengapa Qualcomm membuat chipset terbaru mereka ini dengan nama chipset Snapdragon 888 dan bukannya Snapdragon 875 yang telah dirumorkan selama ini.

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 888, Raja Baru di Smartphone?
Snapdragon 875 Ternyata Adalah Snapdragon 888 | Medcom.id

Apalagi dengan munculnya chipset Snapdragon 888 ini, Qualcomm telah melewati tradisi mereka, yang dimana biasanya Qualcomm akan menggunakan akhiran angka lima untuk setiap chipset mereka, seperti Snapdragon 865.

Qualcomm mengatakan chipset ini nantinya akan menjadi alat tempur bagi jajaran smartphone flagship yang akan datang pada tahun 2021 nanti.

Qualcomm sendiri menjanjikan chipset Snapdragon 888 ini memiliki fitur andalan lainnya selain 5G, yaitu telah menggunakan modem X60 5nm yang sudah menyatu sepenuhnya dengan system on chip (SoC).

BACA JUGA:  Samsung Pertaruhkan 1.619 Triliun Rupiah Untuk Bisnis Ini

Fitur Tambahan Chipset Snapdragon 888

Dengan tertanamnya modem tersebut pada chipset terbaru mereka ini, Qualcomm juga mengatakan modem ini juga memiliki andalan lainnya selain 5G dan 5nm, yaitu telah mendukung kompatibilitas mmWave, sub-6 5G, multi-SIM, 5G standalone, 5G non-standalone, FDD, TDD dan Dynamic Spectrum Sharing.

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 888, Raja Baru di Smartphone?
Ilustrasi Penampakan Snapdragon 888 5G | Android Authority

Tidak hanya itu saja, chipset ini juga sudah menggunakan dukungan Artificial Intelligence (AI) generasi keenam. AI terbaru ini menjanjikan performa dan penghematan daya yang jauh lebih besar daripada versi sebelumnya.

Bukan cuma CPU-nya saja yang diperkuat, Qualcomm juga berkata mereka membuat kinerja GPU ini, yaitu Adreno jauh lebih kencang daripada sebelumnya berkat dukungan Elite Gaming generasi ketiga.

Hebatnya, tidak hanya CPU dan GPU, Qualcomm juga memberikan peningkatan terhadap dukungan kamera chipset ini loh. Mulai dari dapat mengambil 120 foto per detik pada resolusi 12MP berkat pembaruan yang lebih baik dari ISP dan Spectra (prosesor untuk mengambil foto).

BACA JUGA:  Exynos 2100 Vs Snapdragon 888, Mana yang Terbaik?

Untuk vendor smartphone yang nantinya akan menggunakan chipset Snapdragon 888 ini pada tahun 2021 mendatang sendiri lumayan banyak loh. Mulai dari Xiaomi, realme, ASUS dan masih banyak lagi dan bisa kalian lihat melalui tautan ini.


Sumber : Kompas Tekno

Chipset SmartphoneQualcommSnapdragon 875Snapdragon 888Snapdragon Series

Related Posts