Teknodaim.com

Peluncuran Chipset Huawei Kirin 5nm Ditunda, Huawei Desak TSMC

Chipset 5nm Huawei Untuk Kirin Seri 1000
Chipset 5nm Huawei Untuk Kirin Seri 1000

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 4 September, Huawei telah memutuskan untuk menunda perilisan chipset terbaru mereka, yaitu Kirin 5nm. Karena tertundanya perilisan tersebut, pihak dari Huawei memilih untuk terus mendesak Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk mengirimkan pesanan chipset 5nm secepat mungkin. Agar pasar global bisa mencicipi chipset terbaru yang berteknologi 5 nanometer.

Sebelumnya Huawei sudah mengabarkan akan merilis prosesor Kirin 5nm untuk chipset terbaru mereka, yaitu seri-1000 di konferensi IFA 2020 pada 3 September. Namun, karena pesanan chip dari TSMC belum terkirim. Huawei memutuskan untuk tidak merilis prosesor Kirin 5nm pada konferensi IFA 2020.

Peluncuran Chipset Huawei Kirin 5nm Ditunda, Huawei Desak Tsmc
Perusahaan Huawei | Financial Times

Untuk TSMC pekerjaan ini sangat berat. Mereka harus memenuhi permintaan pesanan secara maksimal. Karena pesanan tersebut, TSMC kerja lembur dan harus mengirimkan pesanan tepat pada tanggal 14 September.

Komentar CEO Huawei, Yu Chengdong Tentang Chipset Kirin 5nm

Peluncuran Chipset Huawei Kirin 5nm Ditunda, Huawei Desak Tsmc
Chipset Buatan Huawei, Kirin | HMS Arena

Yu Chengdong selaku CEO Huawei mengungkapkan bahwa chipset terbaru mereka akan memiliki fitur jaringan 5G yang lebih kuat. Pemrosesan kecerdasan buatan atau AI juga akan lebih kuat, serta CPU dan GPU yang lebih bertenaga. Yu Chengdong mengatakan chipset ini akan ada pada produk-produk flagship mereka.

JANGAN LEWATKAN •
Wadidaw, Huawei P40 Pro Tembus Skor DxOMark Tertinggi

Huawei kesulitan untuk merilis produk ke Amerika Serikat (AS). Karena AS telah meningkatkan persyaratan larangan mereka. Chipset 5G MediaTek untuk smartpohe Huawei juga sulit untuk dikirim ke AS. Huawei berencana untuk menggantinya dengan chipset Qualcomm, namun mereka tidak dapat langsung membeli chipset tersebut karena alasan tertentu.

AS Menekan Huawei dengan Cara Memberikan Persyaratan Sulit

Amerika Serikat Vs Huawei
Amerika Serikat Vs Huawei

Dengan meningkatnya tekanan dari AS. Huawei selaku pelanggan terbesar kedua TSMC, khawatir akan sulit meluncurkan chipset high-end mereka karena peraturan presiden AS, Donald Trump.

Sama seperti MediaTek dan pabrik-pabrik chip lainnya. Mereka juga khawatir akan sulit menyuplai kepada Huawei. Chipset Huawei, yaitu Kirin juga terancam tidak akan tersedia karena persyaratan tersebut,


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀

JANGAN LEWATKAN •
P30 Lite Rilis Ulang dengan Pembaruan, Huawei dan Google Damai?

 

Dunia saat ini memang sedang berselisih. Perusahaan-perusahaan besar terus berlomba untuk menjadi nomor 1. Namun sangat banyak yang menghalangi, sama halnya seperti pembahasan kali ini. AS tidak ragu-ragu untuk membuat peraturan konyol yang mengakibatkan pasar global turun.



Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.