Teknodaim

    10 Negara Ini Sudah Menggunakan Jaringan 5G, Indonesia Termasuk?

    Perusahaan riset Jaringan Mobile Open Signal kembali merilis hasil penelitian terbaru dari daftar 10 Negara yang sudah menggunakan Jaringan 5G termasuk yang terkencang. Berdasarkan laporan itu, Melansir situs Kompas Tekno, Salah satu diantaranya yang paling kencang adalah Arab Saudi yang berhasil mencatat angka rata-rata kecepatan download hingga 400 Mbps. Dengan kecepatan Jaringan Internet 5G yang […]

    Negara Yang Sudah Menggunakan Jaringan 5g

    Ilustrasi Jaringan 5G | iStock Photo

    Perusahaan riset Jaringan Mobile Open Signal kembali merilis hasil penelitian terbaru dari daftar 10 Negara yang sudah menggunakan Jaringan 5G termasuk yang terkencang. Berdasarkan laporan itu,

    Melansir situs Kompas Tekno, Salah satu diantaranya yang paling kencang adalah Arab Saudi yang berhasil mencatat angka rata-rata kecepatan download hingga 400 Mbps. Dengan kecepatan Jaringan Internet 5G yang tercatat 14,3 kali lebih tinggi ketimbang Negara lainnya.

    10 Negara yang Sudah Menggunakan Jaringan 5G

    10 Negara Ini Sudah Menggunakan Jaringan 5G, Indonesia Termasuk?
    Negara Yang Sudah Menggunakan Jaringan 5g 1

    1. Korea Selatan

    Korea Selatan sendiri adalah Negara yang sudah menggunakan jaringan 5G pertama kali
    di dunia. Negeri yang terkenal dengan kecanggihan teknologi ini memiliki kecepatan unduh 5G yang tinggi dengan angka rata-rata 312,7 Mbps yang diklaim 5,3 kali lebih kencang ketimbang 4G.

    BACA JUGA:  YouTube Akan Hanguskan Video yang Berkaitan dengan Hoax Corona dengan 5G!

    2. Arab Saudi

    Meskipun bukan yang pertama kali mendedikasikan Jaringan 5G, tapi negara Arab Saudi mampu mencetak kecepatan unduh mencapai 414,2 Mbps. Kecepatan Unduh yang paling tinggi di seluruh dunia saat ini.

    3. Australia

    Negara yang sudah menggunakan jaringan 5G selanjutnya berasal dari benua Eropa yakni Australia yang sudah memulai komersialisasi Jaringan 5G pada tahun 2019 silam. Meski begitu, hingga tahun 2021 saat ini baru ada 10 kota saja yang dapat menikmati Jaringan 5G dengan kecepatan unduh 215,7 Mbps.

    4. Swiss

    Swiss juga merupakan salah satu negara yang ikut menerapkan komersial jaringan 5G pada tahun 2019 dengan tiga operator seluler yakni Salt, Sunrise dan Swisscom. Kecepatan unduh dari Negara Jaringan 5G satu ini adalah sebesar 150,7 Mbps yang diklaim 2,4 kali lebih kencang ketimbang 4G.

    BACA JUGA:  Paket Combo Sakti MAX Telkomsel, Produk Internetan Terbaik

    5. Kanada

    Ikut menyusul, negara Kanada kini juga sudah menerapkan Jaringan 5G di beberapa kota beberapa bulan ini. Mereka berhasil mencetak kecepatan unduh dengan angka rata-rata keseluruhan hingga 178,1 Mbps untuk Jaringan 5G.

    6. Jerman

    Negara Jaringan 5G selanjutnya adalah Jerman yang sudah menyediakan Jaringan 5G pada lebih dari 1.000 kota besar di negaranya. Seperti Berlin, Hamburg, Cologne, Frankfurt dan berbagai kota besar lainnya.

    Meski begitu, kecepatan unduh yang ada di Jerman tidak terlalu tinggi yakni hanya mencapai angka rata-rata 102,0 Mbps.

    7. Inggris

    Inggris sendiri adalah salah satu negara Jaringan 5G yang paling awal dalam memberikan invovasi Jaringan kencang 5G ini. Mereka mengawalinya dengan dua operator terkenal
    berama EE dan Vodafone. Namun kini semua operator di inggris hampir mampu memberikan layanan 5G meskipun cakupan wilayahnya belum terlalu luas.

    8. Hongkong

    Sementara itu Hongkong sebagai negara yang relatif muda dan baru saja ikut aktif dalam membangun Jaringan 5G tahun 2021 mampu mendongkrak skor yang tinggi. Dengan kecepatan unduh Jaringan 5G rata-rata mencapai 142,8 Mbps diklaim 2 kali lebih kencang ketimbang Jaringan 4G sebelumnya.

    BACA JUGA:  Lagi, Kali Ini Hacker Bocorkan Data Presiden Kita!

    9. Taiwan

    Tidak mau tertinggal, di tahun 2021 ini Taiwan juga ikut membangun Komersialisasi 5G di beberapa kota besar. Mereka menggunakan Operator seluler Far EasTone (FET) yang sudah berhasil meluncurkan layanan Jaringan 5G pada bulan Juli 2020 lalu.

    Kecepatan unduh yang dapat dihasilkan oleh Negara Jaringan 5G Taiwan saat ini cukup besar yakni 210,2 Mbps.

    10. Kuwait

    Merasa asing dengan negara Jaringan 5G satu ini? Maka kamu harus mengenal terlebih dulu Kuwait. Salah satu negara di wilayah Timur yang juga sudah mulai membangun Jaringan 5G pada tahun 2019 dan kini mampu mendapatkannya dengan kecepatan unduh yang lumayan tinggi mencapai 171,5 Mbps.


    Itulah tadi daftar 10 Negara yang sudah menggunakan jaringan 5G dari Teknodaim, sayangnya Indonesia belum termasuk salah satunya. Namun beberapa kabar mengatakan kalau Kominfo akan segera membangun Jaringan 5G di tahun 2021.

    5GIndonesiaInternetJaringan 5GJaringan InternetJaringan Telekomunikasi

    In This Article

    Related Posts