Mantan Senior Google Ini Buat Mesin Pencarinya Sendiri

in , ,
Tentang Mantan Senior Google By Teknodaim
Gambar Ilustrasi | Medium.com

Sebelum ngebahas mantan senior Google yang buat mesin pencari, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Sridhar Ramaswamy dan Vivek Raghunathan adalah dua sosok senior yang tadinya menjabat sebagai bos untuk divisi ataupun bidang iklan di Google. Sekarang mereka tak lagi bekerja di Google dan menciptakan platform bahkan perusahaan sendiri.

Mesin Pencari Tanpa Iklan

Sridhar Ramaswamy bersama Vivek Raghunathan mengembangkan usaha baru mereka sendiri dan berhasil mendirikan perusahaan bernama Neeva. Nama itu juga jadi nama yang digunakan untuk mesin pencari ciptaan mereka, seperti apakah itu?

Jadi fungsinya sebagai mesin pencari, maka hasil atau algoritmanya bisa dibilang serupa dengan milik Google. Hanya saja Neeva tidak ditanamkan iklan sama sekali, mirip seperti yang diterapkan WhatsApp oleh kedua Founder aslinya terdahulu.

Tentang Mantan Senior Google By Teknodaim
Foto Pendiri Neeva | Nytimes.com

Result atau hasil pencarian yang muncul di mesin pencari Neeva sendiri berasal dari Bing. Sementara data peta berasal dari Apple Maps, data cuaca dari Weather.com, lalu untuk data saham bersumber dari Intrinio. Kini mereka akan merintisnya bersama.

Ramaswamy merupakan mantan senior Google yang sejak tahun 2013 beroperasi di divisi advertising dan commerce. Sosok ini dulunya bahkan memimpin divisi bernilai 115 Miliar USD yang bertanggung jawab terhadap semua jenis iklan yang muncul di layanan Search, YouTube, dan semua situs yang terhubung dengan layanan AdSense.

Posisi tersebut dijabatnya selama lima tahun, sampai akhirnya ia mengundurkan diri karena menganggap pekerjaannya itu ada yang bertentangan dengan hati nuraninya.

Monetasi untuk Neeva yang mempunyai 25 karyawan ini sendiri akan dilakukan dari pengguna yang membayar biaya berlangganan untuk menggunakan layanan tersebut. Namun belum ada biaya ataupun tarif yang ditetapkan untuk berlangganan Neeva.

Namun Neeva besutannya dan sahabat sudah mendapat investasi alias pendanaan sebesar 37.5 Juta USD dari Greylock, Sequoia Capital yang merupakan salah satu investor awal Google. Ini adalah salah satu hal yang positif, bagaimana menurutmu?


Sumber: Detik Inet

What do you think?