Teknodaim

    Demi Keamanan Masyarakat Indonesia, Kominfo Siapkan Aplikasi Pesaing Zoom!

    Sebelum kita bahas soal Kominfo yang persiapkan pengganti Zoom, Teknodaim mau ngasih tau bahwa kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana kamu bisa menemukan konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya. Johnny G. Plate selaku Mekominfo mengungkapkan bahwa Pemerintah kini tengah mencari solusi atau pengganti alternatif untuk pengguna aplikasi Meeting Online pesaing Zoom. Maksudnya, mereka tengah […]

    Pengganti Zoom By Teknodaim

    Pengguna Zoom | Suara.com

    Sebelum kita bahas soal Kominfo yang persiapkan pengganti Zoom, Teknodaim mau ngasih tau bahwa kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana kamu bisa menemukan konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

    Johnny G. Plate selaku Mekominfo mengungkapkan bahwa Pemerintah kini tengah mencari solusi atau pengganti alternatif untuk pengguna aplikasi Meeting Online pesaing Zoom. Maksudnya, mereka tengah mengembangkan aplikasi ciptaan sendiri.

    Bekerjasama dengan Operator

    Kominfo sedang mempelajari cara membangun aplikasi yang bisa di kontrol melalui sentral mereka dan Pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembangunan sistem keamanan dan menjaga rahasia negara rapat-rapat, termasuk data pengguna.

    Di sisi lain, Telkomsel ternyata juga sedang mengembangkan aplikasi serupa yang fungsinya akan seperti milik Zoom. Mungkin ada kaitannya dengan CloudX Meeting milik Telkomsel yang dibuat untuk kebutuhan saat menerapkan kerja dari rumah.

    Demi Keamanan Masyarakat Indonesia, Kominfo Siapkan Aplikasi Pesaing Zoom!
    Video Konferensi Digital | Katadata.co.id

    CloudX Meeting yang diumumkan Telkomsel belum lama ini bahkan bisa dinikmati secara gratis untuk kapasitas mencapai 60 GB. Wajar saja bila Pemerintah khawatir akan data pengguna, mengingat Zoom beberapa waktu lalu terungkap bisa dibajak.

    BACA JUGA:  Apa Itu Kuota Multimedia Telkomsel dan Apa Fungsinya?

    Sebelumnya ada salah satu video konferensi di Zoom yang berhasil dibajak dengan sejumlah gambar porno, ujaran kebencian serta ancaman. Parahnya lagi, Zoom juga diduga telah mengirimkan data-data penggunanya ke platform lain secara diam-diam.

    Setelah tersebar luas, pihak Zoom akhirnya angkat bicara dan meminta maaf atas hal yang disebutkan tadi. 90 Hari ke depan Zoom akan fokus untuk memperbaiki masalah dan juga sudah menghentikan fungsi pengiriman data ke Facebook dan platform lain.

    Semoga Zoom tidak melakukan kesalahannya kembali dan akan lebih baik bila dari Pemerintah kita bisa menyediakan layanan yang lebih aman, bagaimana menurutmu?

    IndonesiaKominfoTelkomselZoom

    In This Article

    Related Posts