Teknodaim.com

Ini yang Dilakukan Jack Ma Selama Menghilang 3 Bulan Terakhir

Ini Yang Dilakukan Selama Jack Ma Menghilang
Ini Yang Dilakukan Selama Jack Ma Menghilang

Bagi yang kenal dengan sosok pendiri Alibaba Group satu ini mungkin banyak yang bertanya-tanya kemana Jack Ma selama ini? Karena diketahui kalau Jack Ma menghilang sejak Oktober 2020 dari publik tanpa kabar. Ma menghilang dan tidak tampak lagi ke publik setelah ia mengkritik pemerintah China.

Tepatnya pada Januari 2021, Jack kembali muncul pada konferensi video yang berdurasi 50 detik. Walaupun sekarang Jack sudah kembali muncul, publik tentu masih bertanya-tanya selama ini kemana Jack Ma, lalu apa yang dilakukannya selama ini?

Jack Ma Menghilang, Banyak Warganet Bertanya-tanya

Jack Ma Menghilang Dari Publik
Jack Ma Menghilang Dari Publik

Pertanyaan tersebut dijawab oleh CEO SoftBank, Masayoshi Son. Seorang miliarder asal Jepang itu menjelaskan, kalau dirinya tetap berkomunikasi dengan Ma selama dia tidak muncul ke publik.

Son dan Jack Ma bisa dibilang adalah teman dekat baik secara bisnis atau personal. Kalau secara bisnis, perusahaan yang dimiliki oleh Son memang sudah menjadi investor Alibaba sejak 20 tahun lalu.

JANGAN LEWATKAN •
Festival Hari Jomblo di China, Alibaba Raih Ratusan Triliun Dalam Sejam!

Nah ketika Alibaba terbentuk menjadi sebagai perusahaan pada 2014 lalu, SoftBank mendapat untung besar, dimana nilai investasi bisa berlipat ganda. Dari 20 juta dollar AS menjadi 60 miliar AS saat itu.

Selain itu Son juga menceritakan, selama pandemi ia dan Ma selalu mengadakan makan malam bersama disamping membahas bisnis dan kehidupan mereka berdua. Ma dan Son sudah menjadi dewan direksi di perusahaan satu sama lain. Dari situlah bisa dinilai kalau persahabatan mereka dalam berbisnis bakal berlanjut.

Jack Ma Tidak Khawatir Soal Regulator China

Saat ditanya soal regulator China kepada Jack Ma yang sedang berbelit, Son mengatakan kalau ia tidak khawatir. Ia juga menilai kalau regulasi anti-monopoli memang sangat diperlukan dalam berbisnis.

Son mengibaratkan kalau Alibaba itu seperti ‘telur emas’yang sedang dierami oleh SoftBank sebagai ‘induknya’. Ia juga sudah memperkirakan kalau banyak orang di luar sana yang khawatir dengan Alibaba yang sedang dihadapkan regulasi China.

JANGAN LEWATKAN •
Pemerintah India Tidak Izinkan Puluhan Aplikasi China

Sebelum dilaporkan Jack Ma Menghilang, Ma sempat berkomentar kritik pedas kepada pemerintah China dalam sebuah pidato di Shanghai, 24 Oktober lalu. Ma menuding jika bank-bank di China beroperasi dengan mentalitas ‘rumah gadai’ soal jaminan atau kredit.

Ma juga tidak ketinggalan mengkritik regulasi perbankan yang berlaku di China. Ia menilai kalau regulasi yang berlaku dapat menghambat inovasi dan harus segera direformasikan untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut membuat pemerintah China kurang berkenan atasan kritikan yang dilayangkan Jack Ma.

Setelah kejadian tersebut, pemerintah China mulai memperketat regulasi fintech sehingga menjegal rencana IPO Ant Group pada November 2020. Selain itu pemerintah China juga membentuk satuan khusus untuk mengawasi Ant Group.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀

JANGAN LEWATKAN •
TikTok, WhatsApp dan Platform Raksasa Lain Angkat Kaki dari Hongkong

 

Banyak orang tentu mengkhawatirkan atas Jack Ma menghilang dari peredaran publik. Banyak yang bertanya-tanya kemana Jack Ma dan apa yang dilakukan Jack Ma selama ia menghilang. Mungkin pertanyaan dari kawan-kawan bisa menjawab atas pernyataan Son di atas.


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment