Telah Ditemukan Asteroid yang Mengandung Emas Lebih Banyak dari Bumi, Apakah Bisa Diambil?

in ,
Asteroid mengandung emas 750x375

Sebuah asteroid yang berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter kini tengah menjadi perhatian banyak orang karena mengandung emas dengan jumlah yang banyak. Nama asteroid tersebut adalah Psyche 16, namun untuk menambang emas di asteroid ini bukanlah perkara mudah untuk ditempuh sembarangan orang.

Badan penerbangan antariksa milik Amerika Serikat yaitu NASA saat ini tengah mengamati Psyche 16 tersebut. Bahkan mereka ada rencana untuk meluncurkan misi Discovery Mission untuk di terbangkan ke sana dan akan diorbitkan di tahun 2026.

Seperti yang diperkirakan logam mulia yang ada di Psyche 16 memiliki harga hingga USD 10 quadriliun. Dalam jumlah besar itu bisa membuat setiap warga Bumi menjadi seorang miliader.

Namun sayangnya untuk menambang emas di Psyche 16 dan membawa pulang ke Bumi memiliki usaha yang tidak ringan. Bayangkan saja jika diameter Psyche 16 mencapai 200 kilometer.

Jika perkiraan Presiden Royal Astronomical Society, John Zarnecki mengatakan butuh 25 tahun untuk bisa membuktikan konsep dari penambangan ini, dan 50 tahun lagi soal komersialisasi, seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Big Think.

Menurutnya menambang di asteroid tersebut adalah di mana momen jika sumber daya atau sejenisnya di Bumi sudah mulai langka dan harganya sangat tinggi. Namun di sisi lain ada juga pihak yang skeptis mengenai anggapan jika Psyche 16 ini membawa banyak emas.

Jika betul Psyche 16 mengandung banyak emas dan berhasil di bawa ke Bumi, tentu harga emas di Bumi akan mengalami crash. Apalagi jika nantinya menambang emas di asteroid menjadi suatu hal yang umum dilakukan.

Kata CEO Eurosun Mining dan Scott More, sebagai penambang senior jika empat hingga lima juta ons emas yang selama ini dijual setiap tahun di pasar, maka akan tidak artinya dibandingkan dengan yang tersedia di antariksa sana.

Namun bagaimanapun juga, jika menambang emas di asteroid bisa dicapai maka tidak ada yang bisa dicegah ke depan. Perusahaan penambangan asteroid saat ini sudah ada. Salah satunya adalah The Asteroid Mining Corporation berbasis di Inggris yang dipimpin oleh CEO Mitch Hunter-Scullion. Dan kabarnya saat ini para pegawainya sedang bersiap untuk meluncurkan satelit untuk mengamati lebih dekat asteroid yang bisa ditambang.

Saat ini bumi adalah tempat sumber daya yang bisa dibilang sangat besar. Namun tentu akhirnya juga terbatas dikarenakan beberapa faktor diantaranya meningkatnya angka populasi. Dan jika penambangan dilakukan mencapai puncaknya, tentu akan berdampak pada harga yang lebih mahal, bahkan bisa merusak lingkungan sekitarnya.

Mungkin menambang mineral di asteroid adalah solusi untuk masa yang akan datang.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *