BeritaGadgetKamera

Lagi, Huawei Berbohong Soal Hasil Foto Kamera Ponselnya

Sebelum bahas Huawei yang bohong lagi soal foto dari ponselnya, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Kesalahan besar nampaknya akan memukul salah satu produsen China di persaingan pasar ponsel. Adalah Huawei yang melakukan klaim palsu karena mengatakan kalau hasil foto yang ditampilkan iklan adalah hasil kamera ponselnya, padahal itu bukan.

Klaim Foto dari Hasil Kamera Berbeda

Padahal sebelumnya mereka terungkap melakukan kebohongan dengan menyebut kalau video yang ditampilkan pada iklan adalah hasil kamera ponselnya, yang aslinya itu adalah rekaman menggunakan kamera asli bukan sensor kamera ponsel Huawei.

Berselang kurang lebih 2 tahun (2018), kini Huawei melakukan hal serupa dengan mengatakan kalau kamera ponselnya menghasilkan kualitas foto yang ditampilkan. Padahal foto yang ditampilkan adalah hasil jepretan menggunakan kamera DSLR.

Huawei Bohong Lagi Soal Foto By Teknodaim
Sumber Foto | 500px/Su Tie

Huawei yang bohong lagi foal foto kamera ponselnya ini merupakan blunder yang bisa berakibat fatal. Hasil foto yang bisa kamu lihat diatas adalah salah satu hasil foto kamera DSLR yang di klaim Huawei berasal dari jepretan kamera ponsel buatannya.

Foto-foto tersebut ditulis dengan keterangan taken with Huawei smartphones, namun sayangnya beberapa foto itu terbukti adalah foto hasil dari jepretan kamera DSLR. Ini terkuat setelah foto dikenali pengguna Weibo bernama Jamie-hua alias Huapeng Zhao.

Zhao, yang merupakan juara kedua dalam kontes 2018 iPhone Photography Award, mengenali sebuah foto di iklan Huawei. Setelah itu ia melakukan pencarian kecil, dan menemukan kalau foto itu bersumber dari platform 500px, dan hasil jepretan Su Tie.

Ternyata foto itu diambil menggunakan kamera DSLR Nikon D850. Setelah ketahuan, dari pihak Huawei telah menyampaikan permintaan maaf melalui situs Weibo. Dan menyebut itu kesalahan dari editor yang salah memberi keterangan di foto tersebut.


Statement dari Huawei

Menurut Huawei, sejatinya foto yang ditampilkan pada iklan ditujukan sebagai ajakan supaya orang-orang membagikan hasil jepretannya di galeri online Huawei. Setelah menyampaikan permintaan maaf, keterangan foto pada iklan diperbarui oleh Huawei.

Meskipun begitu, Huawei tetap menyebut kalau foto yang ditampilkan adalah diambil dari komunitas Next-Image milik Huawei, yang menurut mereka bisa dipakai untuk mempublikasikan foto hasil jepretan dari perangkat ponsel mereka yang manapun.

Masalahnya, Huawei yang bohong lagi soal foto ini bukan terjadi satu kali saja. Kira-kira gimana menurut pendapat kamu? Mungkin bisa kita bahas, tulis di bawah aja ya.


Sumber: Detik Inet

What's your reaction?

Related Posts