Berita

Dampak Positif dan Negatif Metaverse yang Harus Kalian Ketahui

Beberapa waktu yang lalu sang pendiri Facebook yaitu Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook akan berganti nama jadi Meta. Nama Meta sendiri tentunya berasal dari Metaverse yaitu sebuah proyek dunia digital, karena hal tersebut tentunya banyak pro dan kontra yang bermunculan. Maka dari itu kali ini Teknodaim ingin mengajak kalian untuk membahas dampak Positif dan Negatif Metaverse.

Berikut Dampak Positif dan Negatif Metaverse

Tapi sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, kami ingin mengajak kalian untuk membahas sedikit soal Metavers. Jadi menurut Wikipedia, Metaverse adalah sebuah lingkungan virtual 3D online, yang yang bisa diakses secara pribadi dengan alat khusus.

Dampak Positif Metaverse

Dampak Positif Metaverse
Dampak Positif Metaverse | inet.detik

Pertama kita akan membahas dampak positifnya lebih dulu. Nah menurut beberapa pendapat dengan adanya Metaverse, pengguna akan mendapatkan Pengalaman, Ekspresi, Teleportasi dan Tingkat Produktivitas yang tinggi.

Mungkin dari kalian masih banyak yang bingung soal poin-poin yang kami sampaikan tadi. Oleh karena itu, kalian bisa menyimak penjelasannya lebih detail di bawah yah.

  1. Pengalaman, jadi dengan adanya Metaverse pengguna bisa menjadi siapa saja dan dimana saja. Bukan hanya itu saja pengguna juga bisa mewujudkan fantasi yang ia miliki dan dengan pengalaman tersebut menjadi lompatan baru dalam perkembangan Teknologi.
  2. Ekspresi, saat ini akun sosial media cuman bisa menampilkan profil seseorang dalam bentuk tulisan, gambar atau video saja. Namun dalam dunia Metaverse, pengguna akan ditampilkan dalam bentuk avatar 3D, secara teknis pengguna bisa mendesain karakter sendiri, sampai bisa memperlihatkan ekspresi yang ia alami kepada orang-orang.
  3. Teleportasi, untuk point yang satu ini kalian pasti tau maksud dan tujuannya kan. Nah dalam beberapa demonstrasi Metaverse bisa dipakai untuk berinteraksi dengan orang lain. Tentunya si pengguna bisa mengundang orang lain dengan cepat untuk mengunjungi tempat kita.
  4. Tingkat Produktivitas, jadi dengan adanya Metaverse, pengembang berharap selain bermain dan berinteraksi pengguna juga meningkat produktivitasnya. Tentunya hal ini tidak mustahil, mengingat dunia digital ini bersetting seperti fantasi, pastinya pengguna akan merasa bersemangat.

Dampak Negatif Metaverse

Dampak Negatif Metaverse
Dampak Negatif Metaverse | uzone

Selain dampak Positif, tentunya Metaverse juga mempunyai dampak Negatif loh. Jadi kemungkinan dampak Negatif yang akan dihasilkan yaitu Menimbulkan Adiksi, Depresi, dan Keamanan Data Diri.

Mungkin dari kalian ada yang bingung dan belum tau soal poin-poin yang kami sebutkan. Oleh karena itu, kalian bisa menyimak di bawah penjelasannya yah.

  1. Menimbulkan Adiksi, sampai saat ini, banyak orang yang kecanduan dengan gadget dan sosial media. Nah untuk saat ini saja, itu merupakan hal yang berbahaya, coba kalian bayangkan kalau Metaverse sudah resmi. Pasti banyak orang yang kecanduan dan bisa memainkannya selama seharian penuh.
  2. Depresi, untuk alasan yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu dong. Sekarang saja sosial media yang masih sebatas tulisan, foto dan video bisa membuat orang Depresi dan bunuh diri. Tentunya pembullyan akan semakin banyak dan bisa menyebabkan hal berbahaya bagi si korban.
  3. Keamanan Data Diri, tentunya untuk yang satu ini sangat berbahaya. Sekarang saja banyak orang yang data dirinya di curi oleh orang lain. Terus kalau Metaverse sudah resmi, kami rasa pencurian data diri akan semakin mudah.

Demikianlah dampak positif dan negatif Metaverse yang bisa kami sampaikan. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih bagaimana menurut kalian soal dunia digital ini? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

What's your reaction?

Related Posts