Teknodaim

    Format Video Baru, Codec H.266! Tetap Hemat RAM Walau Nonton Video 8K

    Sebelum ngebahas soal Codec H.266 yang baru saja diresmikan, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya. Setelah riset dilakukan cukup lama, Fraunhofer Heinrich Hertz Institute kini akhirnya meresmikan format ataupun codec terbaru untuk file video yaitu H.266 alias Versatile Video Coding […]

    Codec H.266 By Teknodaim

    Gambar Ilustrasi Codec H.266 | Queenslandonlinenews.com

    Sebelum ngebahas soal Codec H.266 yang baru saja diresmikan, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

    Setelah riset dilakukan cukup lama, Fraunhofer Heinrich Hertz Institute kini akhirnya meresmikan format ataupun codec terbaru untuk file video yaitu H.266 alias Versatile Video Coding (VVC). Apa saja kelebihannya dan beda dengan yang ada saat ini? Simak.

    Keunggulan H.266

    H.266/Versatile Video Coding (VVC) merupakan penerus dari generasi sebelumnya yakni codec H.265 HEVC. Untuk sekarang, codec video versi terbaru yang dimaksud belum support untuk perangkat-perangkat Apple. Jadi masih harus pakai H.265 dulu.

    H.265 HEVC sendiri sudah sangat kompatibel terhadap perangkat-perangkat gadget di produk iOS, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Codec tersebut sampai-sampai jadi codec default pada aplikasi kamera bawaan iOS buat perekaman dan putar videonya.

    BACA JUGA:  50+ Negara Kena Ancaman Spyware Bayaran Pengguna iPhone
    View post on X

    Berkaca dari H.265, seperti H.266 tak memerlukan waktu lama untuk terintegrasi dengan iOS. Dari informasi yang disampaikan Fraunhofer HHI, H.265 bisa mereka 90 menit video 4K UHD dengan ukuran 10 GB. Sementara H.266 VVC bisa merekam video serupa hanya dengan total ukuran output akhir 5 GB saja. Jelas ini jauh lebih efisien.

    H.266/Versatile Video Coding (VVC) sendiri memang dirancang untuk bisa menyimpan dan menayangkan beresolusi 4K hingga maksimal di 8K tapi tetap menjaga kapasitas. Dalam hal ini efisiensi penyimpanan ROM dan juga RAM. Gimana, apa tanggapanmu?

    BACA JUGA:  Harga iPhone 12 Series Terungkap, Berapa Tuh?

    Sumber: MacPoin

    AppleResolusi Video

    In This Article

    Related Posts