BeritaGadgetSmartphone

Samsung Exynos Bakal Digunakan Oleh Oppo dan Xiaomi?

Selama ini, Chipset dengan merk Exynos milik Samsung ini hanya terdapat pada produknya saja. Namun untuk kedepannya nanti, Chipset Samsung Exynos ini juga akan hadir ke produk smartphone dari brand Oppo, Vivo hingga Xiaomi. Mungkin nantinya ini akan menjadi Chipset andalan mereka untuk produk smarthpone kelas entry-level sampai menengah.

Divisi Samsung yang berperan penting dalam pembuatan Chipset Exynos tersebut pun juga berharap bisa memasok lebih banyak untuk brand Oppo dan Xiaomi mulai tahun 2021 mendatang. Termasuk juga brand Vivo yang kini sudah menjadi konsumen mereka. Penasaran seperti apa jadinya nanti? Simak terus informasi berikut yang sudah Teknodaim rangkum secara ringkas menurut sumber yang tertera.

Era Baru Chipset Exynos Milik Samsung

Samsung Exynos Xioami Vivo Oppo 3
Samsung Exynos | Samsung.com

Chipset Exynos yang dimaksud ini bukan merupakan varian yang termasuk Flagship. Melainkan Chipset Exynos versi murah untuk ponsel kelas entry-level sampai menengah. Tampaknya nanti akan banyak ponsel-ponsel yang menggunakan Chipset tersebut dengan harga terjangkau buatan dari brand Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Meskipun untuk saat ini belum jelas pastinya akan berapa banyak produk yang bakal memakai Chipset Exynos tersebut. Namun untuk peluncurannya sudah dapat kita pastikan pada jadwal yang ditulis langsung oleh Samsung dan akan terjadi pada pertengahan pertama tahun 2021 mendatang.

Sesuai yang kita ketahui, bahwa Samsung baru-baru ini mulai mengurangi jumlah Chipset Exynos yang pada ke divisi ponsel seri Galaxy mereka. Hal tersebut mereka lakukan karena punya potensi keuntungan yang terlalu kecil.

Peringkat Chip Exynos

Samsung Exynos Xioami Vivo Oppo
Chipset Samsung Exynos | GSM Arena

Untuk saat ini, Samsung sendiri tengah menduduki posisi ke-4 dalam hal produksi Chipset walaupun berada di bawah Qualcomm, MediaTek, dan HiSilicon. Namun tampaknya Samsung akan memanfaatkan kondisi tak menyenangkan yang terjadi pada brand Huawei untuk bisa merebut posisinya.

Huawei saat ini memang masih mempunyai pasar yang lumayan besar untuk kelas ponsel murah kelas menengah, baik pada negara China maupun negara lain. Tetapi, hilangnya akses ke Google Mobile Services dan HiSilicon yang sudah mulai tak bisa lagi memasok Chipset untuk Huawei pun kini mulai menggerus pasar raksasa asal China tersebut.


Mungkin itu saja informasi yang dapat Teknodaim sajikan kepada kalian mengenai Chipset Exynos Samsung yang nantinya akan dipakai untuk produk Oppo, Vivo dan Xiaomi pada tahun 2021 mendatang. Kalau kamu punya pertanyaan atau informasi lebih lanjut, bisa langsung aja tulis di kolom komentar yang tersedia.


What's your reaction?

Related Posts