Bos ChatGPT Sam Altman Tiba-tiba Dipecat, Ternyata Ini Penyebabnya!

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Sam Altman, adalah bos ChatGPT yang sedang populer, tiba-tiba dipecat dari OpenAI, perusahaan yang ia dirikan.

Bos Chatgpt Dipecat Dari Perusahaan Miliknya

Bos Chatgpt Dipecat Dari Perusahaan Miliknya

Sam Altman, adalah bos ChatGPT yang sedang populer, tiba-tiba dipecat dari OpenAI, perusahaan yang ia dirikan. Dewan direksi perusahaan kecerdasan buatan tersebut memberhentikannya pada Jumat (17/11/2023) waktu setempat.

Pengumuman ini diberitahukan melalui sebuah pengumuman resmi yang dipublikasikan di blog OpenAI. Dalam pengumuman tersebut, para pimpinan mengungkapkan bahwa Sam dipecat karena “kurangnya keterbukaannya dalam berkomunikasi dengan dewan direksi OpenAI”.

Alasan mengapa CEO dan Co-founder OpenAI dianggap demikian tidak dijelaskan. Akan tetapi, dewan direksi merasa bahwa sikap Sam menghalangi mereka dalam menilai kinerja Sam serta tanggung jawabnya dalam memimpin OpenAI.

Baca Juga:

Namun, dewan direksi tetap menghormati usaha dan kontribusi Sam selama menjabat sebagai kepala atau bos ChatGPT OpenAI. Setelah melakukan diskusi mengenai berbagai faktor dan alasan sebelum memutuskan untuk memberhentikannya.

BACA JUGA:  Zyrex Maveric Ultra X: Memperkenalkan Laptop AI Tercepat di Indonesia

Kami yakin bahwa pergantian kepemimpinan diperlukan agar OpenAI dapat maju ke arah yang lebih baik. Sehingga dapat menerapkan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi manusia. Hal ini dikatakan oleh dewan direksi.

Sam Altman Resmi Diberhentikan

Untuk sementara waktu, Mira Murati, Chief Technology Officer (CTO) dari OpenAI, telah ditunjuk oleh dewan direksi perusahaan sebagai pengganti Sam dalam menjalankan tugas CEO OpenAI.

Menurut anggota dewan direksi, Mira telah memainkan peran penting dan memiliki keterampilan yang sangat baik dalam pengembangan OpenAI selama lima tahun terakhir.

OpenAI juga mengakui bahwa Mira memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya kerja dan nilai-nilai perusahaan. Mira dianggap sebagai sosok yang unik untuk mengemban tugas sebagai pemimpin sementara dalam menjalankan bisnis OpenAI ke depan, sampai dewan direksi menemukan CEO yang tetap untuk perusahaan AI tersebut.

Dewan direksi menjelaskan bahwa Mira memiliki semua kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi CEO sementara OpenAI. Mereka yakin bahwa Mira memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin OpenAI selama periode transisi ini. Namun, mereka belum menyebutkan kapan mereka akan memilih CEO tetap untuk OpenAI.

BACA JUGA:  Yuk Intip 7 Revolusi Google AI Dalam Kehidupan Sehari-Hari!

Bos ChatGPT Sam Altman Mulai Mengembangkan OpenAI sejak 2015

Bos ChatGPT Sam Altman Tiba-tiba Dipecat, Ternyata Ini Penyebabnya!
Bos-chatgpt-openai

Sam, bersama dengan Elon Musk, Reid Hoffman (yang mendirikan LinkedIn), dan beberapa orang lain, adalah orang-orang yang terkenal karena mendirikan OpenAI pada tahun 2015.

Sebelum menjadikan dirinya sebagai CEO, individu ini memegang jabatan kepemimpinan di perusahaan inkubasi startup Y Combinator, dan juga memiliki reputasi sebagai orang yang sangat terlibat dalam industri investasi di Silicon Valley.

Sebelumnya, orang tersebut juga menciptakan sebuah perusahaan media sosial yang disebut Loopt pada tahun 2005, tetapi perusahaan itu kemudian ditutup pada tahun 2012 karena tidak berhasil bersaing dengan media sosial lainnya.

Pada awalnya, OpenAI didirikan sebagai sebuah perusahaan yang fokus pada penelitian dan implementasi kecerdasan buatan (AI) dengan tujuan untuk mendukung dan mengembangkan teknologi yang ramah dan bermanfaat bagi manusia.

Pada tahun 2016, Altman mengumumkan pertama kalinya bahwa OpenAI sedang mengembangkan Kecerdasan Buatan Umum (KBU).

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Gamma App, Enggak Pake Ribet Alias Praktis!

Tepat tanggal 5 Januari 2021, OpenAI memperkenalkan DALL-E, sebuah kecerdasan buatan (AI) yang dapat menciptakan gambar berdasarkan penjelasan dari pengguna.

Bulan November 2022, perusahaan tersebut mengenalkan ChatGPT, sejenis chatbot yang memiliki kemampuan untuk merespons berbagai permintaan dari pengguna.

Sekarang, ChatGPT adalah salah satu chatbot yang paling terkenal di dunia internet, dan hal ini mendorong perusahaan teknologi lain untuk mengembangkan teknologi AI yang serupa. Beberapa contohnya adalah Google dengan Bard, Microsoft dengan Copilot (sebelumnya dikenal sebagai Bing Chat), dan masih banyak lagi.


Itulah alasan bos ChatGPT mendadak dipecat dari perusahaan yang ia dirikan. Bagaimana tanggapanmu terkait masalah yang terjadi di atas. Ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

AIAI Art GeneratorChatGPT

Related Posts