Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna ‘Sharing Password’ di AS, Indonesia Kapan?

Dan

Dan

Karena rugi banyak, akhirnya Netflix telah mengambil tindakan untuk pengguna sharing password di AS, yaitu membebankan biaya lebih atau pajak.

Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna 'Sharing Password' di AS, Indonesia Kapan?

Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna ‘Sharing Password’ di AS, Indonesia Kapan? | USA Today

Netflix telah mengambil tindakan dengan menerapkan biaya tambahan atau pajak untuk akun yang digunakan oleh pengguna ekstra atau sharing password di Amerika Serikat dan Inggris. Hal ini memang cukup aneh, padahal mereka bisa melarang pengguna untuk berbagi kata sandi.

Netflix telah mengumumkan rencananya untuk menaikkan biaya langganan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan keuntungan perusahaan. Hal ini dilakukan mengingat minat masyarakat terhadap platform streaming yang cenderung menurun belakangan ini.

Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna ‘Sharing Password’ di AS, Indonesia Kapan?
Netflix Family Plan | About Netflix

Salah satu alasan pendapatan perusahaan tidak meningkat adalah karena pengguna yang sering membagikan kata sandi mereka dengan orang lain di luar rumah mereka. Hal ini dianggap tidak sesuai dengan tujuan paket keluarga yang ditawarkan oleh Netflix.

Baca juga: Cara Bayar Netflix Dengan Aplikasi DANA dan Gopay

Sebelumnya beredar kabar bahwa Netflix akan memblokir fitur berbagi password. Namun, Netflix memilih untuk membebankan biaya tambahan daripada melarang pengguna berbagi password.

BACA JUGA:  Ternyata Inilah Arti PMO di TikTok yang Lagi Viral

Menurut The Independent, Netflix mengatur bahwa setiap akun paket langganan keluarga ditujukan untuk digunakan oleh satu rumah tangga saja. Hal ini merupakan definisi keluarga yang diterapkan oleh Netflix.

Jika Anda tinggal dalam satu rumah tangga, Anda diperbolehkan membagikan akun Netflix dengan orang lain yang tinggal di rumah yang sama. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak diperbolehkan untuk memberikan akses ke akun Netflix Anda kepada orang yang tidak tinggal bersama Anda.

Pengertian tentang rumah tangga atau keluarga masih sedikit samar, menurut Netflix, rumah tangga atau keluarga didefinisikan sebagai “Anda beserta orang-orang yang tinggal bersama Anda”. Ini berarti, orang lain yang tinggal di alamat yang sama juga dianggap sebagai bagian dari rumah tangga karena aturan didasarkan pada lokasi.

Kamu bisa menggunakan Netflix ketika sedang berada di luar rumah. Tetapi, Netflix melindungi hak akses pengguna dengan beberapa perangkat yang memastikan pengguna adalah anggota keluarga yang sah.

BACA JUGA:  Begini Cara Daftar BPJS Online Lewat Aplikasi Dengan Mudah
Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna ‘Sharing Password’ di AS, Indonesia Kapan?
Netflix Family Plan Profiles | Ringgit oh Ringgit

Apabila pengguna tidak terbukti sebagai anggota keluarga yang sah, maka Netflix akan membatasi akses pengguna tersebut.

Netflix Menerapkan Pajak Sharing Password

Walaupun begitu, Netflix memberikan solusi bagi pengguna agar tetap dapat menggunakan profil mereka dengan cara berlangganan secara individual atau membayar biaya ekstra untuk akun tersebut.

Jika seseorang berlangganan sendiri, mereka bisa memindahkan profil dan membuat keanggotaan baru untuk diri mereka sendiri. Dengan begitu, semua riwayat tontonan dan data lainnya akan tersimpan dan tidak akan hilang ketika memulai akun baru.

Jika ingin tetap menggunakan akun yang sama, pengguna akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 119 ribu per bulan atau sebesar 7,99 dollar AS.

Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna ‘Sharing Password’ di AS, Indonesia Kapan?
Ilustrasi Netflix | Forbes Australia

Menurut informasi yang tertera di situs bantuan Netflix, pengguna yang memiliki paket Standar dapat menambahkan satu orang yang tidak tinggal di rumah yang sama. Sedangkan untuk pengguna yang berlangganan paket premium, dapat menambahkan dua orang anggota tambahan.

BACA JUGA:  Tips Untuk Membedakan HP Oppo Asli Dengan yang Palsu

Indonesia OTW Terkena Pajak Netflix Juga?

Saat ini, Netflix belum memberlakukan aturan yang sama di Indonesia. Namun, kemungkinan aturan tersebut akan diterapkan karena ada banyak orang yang menjual akun Netflix dengan harga murah melalui sistem semacam ini.

Amerika SerikatIndonesiaNetflix

Related Posts