10 Aplikasi Untuk Mengetahui Informasi dan Potensi Bencana Alam Seperti Gempa

in , , , ,
Cara mengetahui gempa lewat aplikasi untuk cek gempa by teknodaim

bencana alam seperti gempa bumi memang sangat berbahaya, bukan hanya untuk individu tapi bagi seluruh mahluk hidup yang ada di sekitarnya. Dan beberapa aplikasi untuk cek gempa yang akan dibahas berikut dapat memberitahu atau memperingatkan kita sebagai cara mengetahui gempa apakah akan ada atau tidaknya. Lebih berhati-hati.

Cara Cek Gempa Bumi dan Potensinya

Untuk menanggulangi bencana gempa bumi, alternatif yang bisa dilakukan oleh masyarakat salah satunya adalah dengan rutin untuk mengetahui update informasi terkini dari beberapa Platform atau layanan seperti aplikasi berikut:


1. Info BMKG

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menghadirkan sebuah aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi gempa dan potensi bencana-bencana serupa yang dinamai Info BMKG. Aplikasi Cek gempa.

Dengan Info BMKG, kita bisa mengetahui informasi-informasi seputar apakah ada potensi-potensi guncangan yang akan terjadi dalam waktu dekat atau tidak. Sekaligus dapat memperkirakan seberapa parah dampak dari akibat bencana.

Info BMKG bisa melakukan pengecekan kekuatan hingga lebih dari Magnitudo 5.0 dalam waktu 5 menit saja. Kita juga dapat mengetahui informasi tentang peta iklim, kualitas udara, cuaca bandara, dan informasi tentang kebakaran hutan.

Download Info BMKG Gratis Disini


2. InDRA BNPB

InDRA BNPB adalah aplikasi resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Lewat aplikasi tersebut, pihak mereka bisa memberikan laporan dan pantauan terkini mengenai bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Sebagai sebagai aplikasi untuk cek gempa. InDRA BNPB juga membuat kita bisa mengetahui bencana apa saja yang sedang terjadi saat ini di tanah air, berapa banyak fasilitas serta informasi spesifik lainnya. Salah satu aplikasi terbaik.

Download InDRA BNPB Gratis Disini


3. EQInfo

Cara cek gempa bumi lewat aplikasi smartphone berikutnya adalah melalui QEInfo, aplikasi yang bermanfaat. Fitur yang tersedia diantaranya adalah peta gempa bumi tertentu, informasi terkini dan juga mengenai besaran magnitude.

Download QEInfo Gratis Disini


4. MAGMA Indonesia

MAGMA adalah sebuah aplikasi tanah air yang dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Informasi spesifik mengenai bencana gunung berapi, gempa bumi, tsunami serta pergeseran tanah dapat kamu temukan di aplikasi ini.

Kemudian, masyarakat dan pengguna juga dapat melaporkan jika ada bencana geologi yang terjadi di wilayahnya melalui fitur Community Reporting System.

Download MAGMA Indonesia Gratis Disini


5. InaRISK

Selanjutnya ada inaRISK, juga adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi utama sama dengan aplikasi sebelumnya. InaRISK merupakan hasil dari kerjasama BNPB, BMKG hingga PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan ESDM.

Aplikasi untuk cek gempa InaRISK dapat memprediksi risiko bencana-bencana alam seperti gempa, banjir, gunung meletus dan tanah longsor.

Download InaRISK Gratis Disini


6. eQuake™

Cara mengetahui gempa berikutnya dapat dilakukan melalui aplikasi yang dibesut oleh Developer Zizmos yaitu eQuake. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu mendeteksi datangnya gempa bumi di suatu wilayah.

Download eQuake Gratis Disini


7. Info Gempa Bumi Terkini

Sesuai dengan namanya, aplikasi Info Gempa Bumi Terkini memang dibuat khusus untuk memberitahukan kita informasi-informasi mengenai gempa bumi.

Mulai dari kekuatan magnitude dan memberitahukan jarak kita dengan lokasi yang mengalami dampak gempa bumi. Aplikasi ini adalah besutan dari Developer Bercoding Studio. Ada juga fitur perkiraan cuaca di berbagai wilayah Indonesia.

Download Info Gempa Bumi Terkini Gratis Disini


8. LastQuake

LastQuake adalah aplikasi hasil besutan Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM asal Perancis. Aplikasi ini juga dirancang untuk dapat mendeteksi apakah sebuah daerah dan wilayah berpotensi akan mengalami bencana gempa atau tidak.

Download LastQuake Gratis Disini


9. BNPB E-Tangguh

BNPB E-Tangguh juga adalah aplikasi yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPD. Kelebihan aplikasi yang satu ini adalah sebagai aplikasi E-Learning atau aplikasi pembelajaran dalam bentuk elektronik.

Kita akan diberitahukan bagaimana langkah penanggulangan bencana awal juga berguna untuk masyarakat luas tanah air. Serta bagaimana cara mengetahui gempa.

Download BNPB E-Tangguh Gratis Disini


10. Volcanoes and Earthquakes

Volcanoes and Earthquakes adalah aplikasi internasional yang memiliki fungsi utama untuk memberitahukan kita semua tentang informasi dan data-data bencana gempa bumi serta erupsi gunung berapi yang terjadi dari seluruh dunia.

Download Volcanoes and Earthquakes Disini


Itulah tadi berbagai Aplikasi dari pemerintah maupun non-pemerintah, yang dapat digunakan untuk mengetahui potensi atau risiko mengenai bencana alam seperti gempa bumi dan erupsi. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.


Referensi: Carisinyal

Tinggalkan Balasan