Teknodaim

    Spesifikasi Chipset Snapdragon 8S Gen 3

    Qualcomm telah memposting cuplikan untuk memperkenalkan chipset terbaru mereka yang bernama Snapdragon 8S Gen 3.

    Spesifikasi Chipset Snapdragon 8S Gen 3

    Spesifikasi Chipset Snapdragon 8S Gen 3

    Qualcomm telah memposting cuplikan untuk memperkenalkan chipset terbaru mereka yaitu Snapdragon 8S Gen 3. Sebelum meluncur, skor AnTuTu Snapdragon 8s Gen 3 telah tersebar di masyarakat. Menurut informasi sebelumnya, ada Snapdragon 7+ Gen 3 dan Snapdragon 8s Gen 3 yang akan segera hadir.

    Namun, berdasarkan hasil uji benchmark yang bocor ke publik, terlihat bahwa Snapdragon ini memiliki performa yang lebih rendah daripada Snapdragon 8 Gen 3. Nantinya, kemungkinan bakal menyasar segmen midrange premium, satu tingkat di bawah flagship.

    Menurut pengujian Nanoreview, smartphone yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 rata-rata menghasilkan skor AnTuTu 2 juta poin hingga 2,3 juta poin. Tangkapan layar yang beredar di Weibo mengungkap bahwa skor AnTuTu Snapdragon 8s Gen 3 mencapai 1,5 juta poin.

    Spesifikasi Chipset Snapdragon 8S Gen 3
    Chipset Snapdragon

    Spesifikasi Snapdragon

    Snapdragon 8s Gen 3 adalah varian yang terkait erat dengan Snapdragon 8 Gen 3 sebelumnya. Namun, perbedaannya terletak pada posisinya yang sedikit lebih rendah. Hal ini berarti bahwa spesifikasi dan performanya sedikit dikurangi agar harganya dapat lebih terjangkau.

    BACA JUGA:  Inilah Spesifikasi dan Harga ROG Phone 5 di Indonesia

    Chipset memiliki kemampuan untuk menciptakan gambar baru dan memperluas latar belakang foto yang ada. Selain itu, chipset juga mendukung asisten virtual berbasis kecerdasan buatan (AI) yang membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Chipset terbaru Snapdragon juga mendukung model bahasa besar yang populer seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano dengan 10 miliar parameter.

    Dengan kata lain, kemampuan ini memungkinkan chipset untuk memiliki fitur kecerdasan buatan yang lebih pintar dan mampu mengolah data dengan cepat. Snapdragon 8s Gen 3 adalah sebuah chip yang memiliki spesifikasi tertentu. Chip ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm).

    Chip ini terdiri dari delapan inti yang terbagi menjadi tiga klaster dengan urutan 1-4-3. Klaster pertama terdiri dari chip inti Cortex-X4 yang memiliki frekuensi 3 GHz. Selain itu, terdapat juga empat inti yang berfungsi untuk meningkatkan performa dengan frekuensi 2,8 GHz. Serta tiga inti lainnya yang hemat daya dengan frekuensi 2,0 GHz.

    BACA JUGA:  Vivo V30 Pro, Smartphone Terbaru dengan Fitur Kamera Zeiss

    Fitur-fitur Unggulan

    Snapdragon 8s Gen 3 memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan Snapdragon 8 Gen 3. Salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk mendukung kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang dapat pengguna jalankan langsung di perangkat.

    Tersedia juga fitur-fitur unggulan seperti dukungan untuk RAM LPDDR5x dengan kecepatan 4200 hingga 24 GH, media penyimpanan UFS 4.0, dan port USB 3.1 gen 2. Selain itu, terdapat teknologi Image Signal Processor (ISP) yang mendukung perekaman video 4K HDR dengan kecepatan 60 fps dan rekaman video 1.080p dengan kecepatan 240 fps.

    Terdapat opsi untuk menggunakan tiga kamera dengan resolusi maksimal 36 MP pada pengaturan 30 fps tanpa jeda shutter, atau menggunakan satu kamera dengan resolusi 108 MP pada pengaturan 30 fps tanpa jeda shutter. Selain itu, resolusi maksimal yang dapat dicapai adalah 200 MP.

    BACA JUGA:  Cara Download Threads dan Bergabung Di Dalamnya

    Baca juga:

    AndroidgadgetSnapdragonSnapdragon 8 Gen 3Snapdragon 8S Gen 3

    Related Posts