Cara Melacak Smartphone (Android & iOS) yang Hilang

in , , , , , ,
Cara melacak hp yang hilang atau cara menemukan hp hilang by teknodaim

Kecerobohan bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun, termasuk juga pada para pengguna smartphone atau ponsel. Jika sudah terlanjur kehilangan atau melupakan dimana terakhir meletakannya, bagaimana cara melacak HP yang hilang atau cara menemukan HP yang hilang paling efektif? Yuk disimak pembahasan berikut.

Cara Melacak Android yang Hilang

Kehilangan gadget tentunya adalah momen yang sangat menyedihkan, namun jika hanya berpasrah ya itu lebih menyedihkan lagi. Mungkin saja perangkat tersebut hanya tertinggal atau terjatuh di suatu tempat. Mari coba untuk dilacak:

Find My Device

Untuk perangkat smartphone berbasis Android, coba lacak keberadaan gadget tersebut melalui fitur dari Google yaitu Find My Device. Sebenarnya, ini bisa menjadi metode perangkat apa saja, asalkan GPS-nya dalam keadaan hidup.

Langkah-langkah Melacak Smartphone yang Hilang:

  • GPS pada perangkat harus nyala, agar dapat dideteksi oleh alat Google.
  • Pergi ke Find My Device atau Klik Disini.
  • Kemudian login menggunakan Akun Google yang! Terkait dengan ponsel atau gadget yang hilang. Misalnya akun Google yang terhubung dengan Play Store atau akun Google yang terhubung dengan aplikasi browser disana.
  • Setelah login maka akan muncul tampilan atau halaman berikut:
Cara melacak hp yang hilang atau cara menemukan hp hilang by teknodaim

Pilih Accept dan jika GPS dan perangkat dalam keadaan hidup, maka Map akan menunjukan titik lokasi perangkat tersebut berada. Seperti pada gambar:

Cara melacak hp yang hilang atau cara menemukan hp hilang by teknodaim

Kita juga bisa memberikan peringatan atau menghidupkan sebuah suara selama 5 menit pada perangkat melalui Find My Devices.

Cara melacak hp yang hilang atau cara menemukan hp hilang by teknodaim 1

Ada juga pilihan untuk mengamankan Device dengan menguncinya, serta opsi Erase Device untuk menghilangkan semua data dan konten di perangkat tersebut. Tetapi setelahnya, kamu tidak akan dapat mendapatkan akses lokasinya lagi.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Cara melacak HP yang hilang khusus untuk pengguna iOS dalam dilakukan melalui metode melacak via iCloud, Find My iPhone dan cara menemukan HP hilang jitu ada di opsi terakhir. Cara berikut bisa dilakukan melalui Windows atau Android.

  • Fitur Find My iPhone wajib aktif terlebih dahulu di iPhone.
  • Kemudian buka iCloud atau Klik Disini.
  • Silahkan login menggunakan Apple ID yang sama dengan yang terhubung pada iPhone.
  • Setelah sukses masuk, maka akan muncul map dan ditunjukan lokasi tempat gadget tersebut berada. Dan kita sebagai pemilik dapat datang ke lokasi untuk mengambilnya.
  • Kemudian ada 3 opsi yang mirip seperti yang ada pada fitur Find My Device.

Melacak iPhone Lewat iPhone Teman:

Metode berikutnya, adalah dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone tanpa menggunakan iCloud atau lewat komputer. Kita bisa meminta bantuan teman dengan meminjam gadget iPhone miliknya sebentar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Find My iPhone di perangkat milik kerabat atau teman.
  • Login menggunakan Apple ID yang sama dengan Apple ID yang ada di iPhone yang hilang.
  • Kemudian lokasi dimana iPhone tersebut berada akan tampak.
  • Setelah itu, kamu juga dapat melakukan antisipasi terlebih dahulu dengan menggunakan fitur yang sama dengan yang ada di iCloud.

Melacak iPhone Lewat Navigator:

  • Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur navigator untuk melacak iPhone sewaktu-waktu hilang atau jatuh entah dimana.
  • Navigator (Petunjuk Arah) dapat diaktifkan dengan tap Action, kemudian pilih pilih Lost Mode dan tekan logo mobil.
  • Secara otomatis penunjuk arah dari lokasi kita dengan tempat iPhone berada akan ditunjukan.

Jika perangkat iPhone yang hilang dalam keadaan mati, kamu bisa melacaknya di waktu kemudian dengan login akun Apple ID, lalu buka fitur Find My Iphone dan terakhir pilih opsi Beri Tahu Saya Jika Ditemukan. Jadi jika iPhone sewaktu-waktu hidup kembali, maka pemberitahuannya akan muncul di iCloud pada komputer atau laptop.

Namun jika Find My iPhone sama sekali tidak aktif pada perangkat, maka iPhone tidak akan bisa dilacak. Disini tindakan yang bisa dilakukan adalah melapor ke pihak yang berwajib. Jangan lupa juga untuk mengganti password-password akun penting yang terhubung di iPhone yang hilang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Referensi: Berakal.com

Jangan lewatkan •
Font Browser Chrome Berubah Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya